Inilah Manfaat Madu Hitam Untuk Kesehatan


  • Inilah Manfaat Madu Hitam Untuk Kesehatan
    Berbagai manfaat dari madu hitam untuk kesehatan tubuhmu agar kamu dapat kembali berakitivtas. (Foto: Dok. /unsplash)

    Untuk menjaga kesehatan tubuh kamu secara alami, madu hitam terkenal dengan kaya akan manfaat kesehatannya. Memiliki citarasa yang pahit, madu ini diambil dari sari pohon mahogani yang mengandung substansi alkaloid yang tinggi. Lalu, madu ini juga mengandung asam fenolat yang merupakan salah satu dari kelompok senyawa terpenting pada tumbuhan. Senyawa ini berperan sebagai antioksidan alami yang menghambat aktivitas radikal bebas pada tubuhmu. Kebaikan dari senyawa ini juga dapat menghilangkan kanker, anti inflasi, memperkuat sistem kekebalan tubuh hingga dapat menghambat penyempitan pembuluh darah karena dapat menghambat penggumpalan pada trombosit. Oleh karena itu, efek tersebut dapat membantumu untuk pencegahan terhadap penyakit jantung koroner.




    Selain asam fenolat, madu hitam juga mengandung antioksidan flavonoid yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh, kanker, penyakit koroner, diabetes hingga stroke. Lalu, senyawa ini juga dapat membantu mengatasi berbagai penyakit lainnya seperti alergi, eksim atopik, asma hingga rhinitis.


    Warna dari madu ini juga lebih gelap dari warna jenis madu lainnya sehingga madu ini memiliki warna hitam yang sangat pekat. Madu hitam tersedia dalam bentuk raw honey dengan tidak melewati berbagai proses pembuatan madu pada umumnya. Warna hitam pekat pada madu ini dapat membuat banyak orang mempercayai bahwa madu hitam lebih baik dari madu pada biasanya. 


    Lalu, manfaat apa lagi yang didapat dari madu hitam? Kamu perlu mengetahui berbagai manfaat yang baik bagi tubuhmu dari madu ini. Oleh karena itu, yuk, simak ulasannya agar tubuh kamu semakin tetap terjaga dari beragam penyakit yang menyerangmu.


     (Baca Juga: Inilah Manfaat Konsumsi Telur Secara Rutin)


    Tidak Meningkatkan Diabetes

    (Kamu bisa mengonsumsi madu hitam untuk meredakan diabets yang melanda. Foto: Dok. /unsplash)

    Madu hitam sangat baik untuk dikonsumsi oleh orang yang mengidap penyakit diabetes atau dengan kadar gula darah yang tinggi. Hal ini dikarenakan madu ini memiliki kandungan glukosa yang lebih rendah. Namun, sebelum mengonsumsinya kamu perlu konsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui dosis yang tepat agar terhindar dari komplikasi.


    (Baca Juga: Inilah Cara Menghilangkan Bau Mulut yang Tepat)


    Melancarkan Aliran Darah ke Otak

    Madu hitam memiliki antioksidan flavonoid yang dapat dipercaya untuk mempercepat regenerasi sel darah di luar otak dan sumsum tulang belakang kamu. Selain itu, jika kamu ingin memiliki daya ingat yang cukup, kamu bisa mengonsumsi madu ini secara rutin.


    Mampu Mengatasi Sakit Lambung

    Salah satu cara yang alami untuk menyembuhkan sakit pada lambung, kamu bisa mengonsumsi madu ini untuk meredakannya. Hal ini dikarenakan bahwa jenis madu ini memiliki sifat dasar sebagai antibiotik yang dapat mengurangi gejala sakit lambung yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter Pylori.


    Dapat Mengatasi Nyeri Sendi

    Nyeri sendiri seperti asam urat dapat mereda jika kamu mengonsumsi madu hitam. Hal ini dikarenakan madu hitam memiliki kandungan penetralisir toksin yang dapat menetralisir substansi purin yang menimbulkan asam urat. Maka dari itu, kamu tidak perlu khawatir lagi.


    Dapat Meredakan Asma

    (Madu hitam sangat bermanfaat bagi penderita asma untuk meredakan sesak napas. Foto: Dok. /unsplash)

    Madu hitam dapat menjadi pilihan untuk para penderita asma.  Hal ini dikarenakan madu tersebut dapat meredakan sesak napas. Kamu bisa mengonsumsinya dengan langsung diminum. Namun, perlu diingat bahwa madu ini bukanlah pengganti obat dokter karena obat yang diberikan oleh dokter juga penting untuk dikonsumsi.


    Membantu Meredakan Batuk

    Jika kamu sedang mengalami batuk yang membuatmu kurang nyaman, salah satu cara yang alami yaitu dengan mengonsumsi madu hitam. Namun, kamu juga tetap perlu dianjurkan untuk menggunakan obat batuk dari dokter untuk hasil yang lebih baik.


    Oleh karena itu, manfaat dari madu hitam sangat berguna untuk meredakan berbagai penyakit yang menyerang tubuhmu. 


    (Penulis: Sania Zelikha)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Maret 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below