Menurut Para Ahli, Inilah 5 Manfaat Jalani Puasa


  • Menurut Para Ahli, Inilah 5 Manfaat Jalani Puasa
    Menjelang puasa, kamu wajib tahu 5 manfaat saat kamu menjalani ibadah puasa, menurut para ahli. (Foto:Dok,Pexels)

    Terhitung 5 hari lagi, puasa Ramadhan bagi umat Islam akan tiba. Meski puasa di bulan Ramadhan di tahun ke-2 di Indonesia tak seperti biasanya dikarenakan pandemi Covid-19, namun hal tersebut tidak menghilangkan beragam manfaat, termasuk menjaga imunitas tubuh dan kesehatan jiwa.

    Salah satunya adalah penelitian yang dimuat dalam The National Institutes of Health menjelaskan bahwa puasa bisa menurunkan gula darah yang baik untuk penderita diabetes. Sementara itu, sejumlah penelitian lain juga menemukan bahwa puasa membuat awet muda.

    Selain itu, masih banyak manfaat lain yang tak hanya fisik tapi juga bersifat rohani. Untuk mengetahuinya lebih lengkap, berikut Her World Indonesia rangkum 5 manfaat saat kamu menjalani ibadah puasa, menurut para ahli. Apa saja?




    (Baca Juga: 10 Perawatan Kulit Kering Saat Puasa Agar Tetap Glowing!)


    1. Peningkatan komunikasi psikososial baik dengan Sang Pencipta dan sesama manusia

    Dengan kita bermeditasi dan menjaga komunikasi dengan Sang Pencipta atau dengan lingkungan sosial, akan baik pula untuk kesehatan mental. (Foto:Dok.Pexels)

    Ketika berpuasa, kita diharuskan untuk mampu mengendalikan diri dari hal buruk. Salah satunya kita akan menjadi lebih sabar, tenang dan tentu hal ini bisa meningkatkan komunikasi psikososial, baik secara sosial maupun rohani.


    2. Penurunan berat badan yang baik

    Dengan membatasi asupan kalori, puasa dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Beberapa penelitian juga menemukan puasa jangka pendek dapat meningkatkan kadar neurotransmitter norepinefrin, yang dapat meningkatkan penurunan berat badan.


    3. Membebaskan tubuh dari racun yang mampu merusak kesehatan

    Didukung dengan mengonsumsi kurma dan memperbanyak air mineral dalam tubuh juga dapat menghilangkan racun/toxin dalam tubuh. (Foto:Dok.Freepik)

    Selain alat pencernaan memiliki jangka waktu untuk beristirahat, hal ini membawa keuntungan bagi tubuh yaitu dapat menghilangkan racun atau toxin pada tubuh disaat perut dalam keadaan kosong. Tidak jarang, banyak sekali himbauan untuk meminum air putih ketika hendak berbuka puasa untuk menurunkan racun kotor dalam tubuh. Dengan begitu, puasa juga dapat mencegah datangnya penyakit dan bersifat membersihkan tubuh bagian dalam.


    (Baca Juga: Aneka Olahan Kurma Untuk Menu Berbuka Puasa yang Menyehatkan)


    4. Menyeimbangkan kadar asam dan basa dalam tubuh

    Dengan berpuasa ternyata dapat menyeimbangkan kadar untuk keseimbangan tubuh. Ketika kadar asam dan basa seimbang, sudah dipastikan kamu akan merasa lebih bugar dan sehat. Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa dengan berpuasa secara rutin dalam jangka waktu yang konsisten bisa bermanfaat bagi keseimbanga tubuh.


    5. Meningkatkan kesehatan jantung

    Jantung akan lebih sehat bila kamu menjalankan puasa secara konsisten. (Foto:Dok.Unsplash)

    Penyakit jantung dianggap sebagai penyebab utama kematian di seluruh dunia. Mengubah pola makan dan gaya hidup menjadi cara paling efektif untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Salah satu penelitian mengungkapkan, puasa delapan minggu secara bergantian dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dan trigliserida jahat masing-masing sebesar 25 persen dan 32 persen.


    (Penulis : Kandela Cikal)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Maret 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below