Hati-hati! Inilah Makanan Penyebab Keputihan


  • Hati-hati! Inilah Makanan Penyebab Keputihan
    Berikut jenis makanan yang dapat menyebabkan keputihan secara berlebihan. (Foto: Dok. /Freepik)

    Keputihan merupakan suatu hal yang wajar dialami oleh para wanita. Perlu kamu ketahui, bahwa keputihan dapat disebabkan oleh kurangnya kebersihan hingga makanan yang memicu timbulnya keputihan. Dampak dari keputihan juga dapat mengganggu aktivitas keseharianmu seperti bau yang tak sedap hingga gatal akibat dari infeksi jamur.

    Oleh karena itu, kamu perlu menghindari dari berbagai jenis makanan yang dapat memicu keputihan yang parah. Berikut makanan yang menyebabkan keputihan untuk dijauhi agar kamu bisa melanjutkan kegiatanmu ke depan. Yuk, simak ulasannya.




    (Baca Juga: 5 Penyebab Keputihan Yang Tidak Sehat Pada Wanita)


    Alkohol

    Perlu kamu ketahui, alkohol sangat berpengaruh dalam kesehatan organ intim. Alkohol dapat membuat vaginamu menjadi semakin kering sehingga wanita rentan mengalami keputihan berlebihan. Hal tersebut dikarenakan organ kewanitaan tidak dapat menghasilkan pelumas alami yang cukup. Maka dari itu, kamu perlu mengurangi dalam mengonsumsi alkohol di keseharianmu.


    Bawang

    Selain membuat bau badan pada tubuhmu, bawang juga bisa menyebabkan bau pada vagina. Hal ini dikarenakan kandungan dalam bawang dapat memberikan efek bau yang menyengat. Oleh karena itu, kamu perlu mengonsumsinya sewajarnya saja.


    Makanan Manis

    Makanan manis dapat menyebabkan keputihan secara berlebihan (Foto: Dok. /unsplash)

    Jika kamu sangat menyukai makanan manis perlu berhati-hati karena makanan manis dapat menyebabkan keputihan yang parah seperti gatal yang berlebih. Hal ini dikarenakan bahwa gula dapat melembapkan area vagina sehingga kamu menjadi kurang nyaman untuk melakukan kegiatan sehari-harimu. Maka dari itu, kamu perlu menghindari makanan manis seperti permen dan lain sebagainya.


    (Baca Juga: Inilah Penyebab Keputihan yang Jarang Diketahui)


    Nasi

    Nasi memang merupakan makanan pokok yang selalu dikonsumsi oleh masyarakat lokal. Namun, siapa sangka ternyata nasi juga dapat meningkatkan risiko bakteri vaginosis atau infeksi jamur. Selain itu, nasi juga dapat meningkatkan kadar gula dalam darah yang membuat bakteri semakin berkembang biak.


    Kopi

    Bagi pecinta kopi tentu perlu berhati-hati karena kopi dapat menyebabkan keputihan (Foto: Dok. /unsplash)

    Kopi juga dapat menyebabkan keputihan karena kafein pada kopi dapat memicu dampak stres sehingga wanita akan rentan terkena infeksi. Bagi kamu yang menyukai kopi, berhati-hatilah karena kopi juga dapat memberikan bau yang tak sedap pada vaginamu.


    Nah, berikut adalah berbagai jenis makanan yang perlu kamu hindari untuk mencegah keputihan yang berlebihan.


    (Penulis: Sania Zelikha)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below