5 Penyebab Keputihan Yang Tidak Sehat Pada Wanita


  • 5 Penyebab Keputihan Yang Tidak Sehat Pada Wanita
    Kenali penyebab keputihan yang tidak sehat pada wanita. (Foto: Dok. Pixabay)

    Keputihan adalah kondisi di mana vagina mengeluarkan lendir atau cairan berwarna putih bening. Sebenarnya, keputihan adalah hal yang normal bagi wanita. Karena, hal ini merupakan mekanisme sistem reproduksi pada wanita dalam upaya melindungi vagina dari infeksi.


    (Baca Juga: Ciri-Ciri Khas Gejala Diabetes Pada Wanita)




    Penyebab keputihan yang normal sebanarnya bermacam-macam. Mulai dari perubahan hormon, stres, rangsangan seksual, dan saat ibu menyusui. Lalu, untuk keputihan yang tidak normal, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor sebagai berikut.


    1. Siklus menstruasi yang tidak teratur

    Wanita yang siklus menstruasinya tidak teratur bisa disebabkan karena berbagai macam penyakit seperti PCOS atau Polycystic Ovary Syndrome dimana tubuh memproduksi hormon androgen yang berlebih.

    Hal ini menghambat rahim memproduksi sel telur yang matang, sehingga sang penderita hanya mendapatkan dirinya mengalami menstruasi kira-kira setahun hanya 2-3 kali. Wanita yang mengalami keputihan karena hal ini biasanya mengeluarkan cairan berwarna coklat disertai bercak darah dari vagina.


    2. Penyakit trikominiasis

    Penyakit trikominiasis adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh parasit bernama Trichomonas vaginalis (TV). Penyakit ini adalah salah satu jenis penyakit kelamin yang sering terjadi. Parasit tersebut akan menginfeksi dinding vagina dan membuat cairan keputihan berwarna hijau atau kuning dan berbuih.


    3. Penyakit Gonore

    Penyakit gonore adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Jenis bakteri ini biasanya menginfeksi area yang hangat dan lembap seperti vagina, anus, uretra, tenggorokan, saluran reproduksi wanita, dan mata. Penyakit ini menyebabkan cairan keputihan berwarna kelabu atau kuning.


    4. Infeksi jamur pada vagina

    Wanita yang mengalami infeksi jamur biasanya akan mengalami rasa gatal dan perih pada vagina. Kedua efek tersebut akan dirasakan cukup berat sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari meskipun tidak berbahaya. Penyakit ini membuat cairan keputihan berwarna putih dan kental.


    5. Penyakit Vaginosis Bakterialis

    Vaginosis bakterialis adalah penyakit vagina yang disebabkan karena terganggunya keseimbangan jumlah bakteri alami dalam vagina. Penyakit ini tidak berbahaya, namun gejalanya cukup mengganggu. Gejala penyakit ini yaitu cairan keputihan berwarna putih, abu-abu, atau kuning, disertai dengan bau amis.


    (Baca Juga: Hari AIDS Sedunia 2020: Ketahui Mitos Seputar HIV/AIDS)


    Itu dia 5 penyebab keputihan yang tidak sehat pada wanita. Pastikan kamu tidak mengalaminya, ya!


    (Penulis: Regina Yohana) 





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below