Cara Menjaga Sistem Pencernaan Agar Terhindar Dari Maag


  • Cara Menjaga Sistem Pencernaan Agar Terhindar Dari Maag
    Pola makan yang teratur dapat menjadi salah satu cara menjaga sistem pencernaan agar terhindar dari maag. (Foto: Dok. Pexels)

    Maag merupakan produk dari bakteri yang menginfeksi lambung hingga meradang dan menyebabkan iritasi hingga timbul rasa sakit pada perut. Terdapat beberapa hal yang menyebabkan seseorang mengalami maag, seperti gaya hidup tidak sehat, gangguan saluran pencernaan, atau efek samping penggunaan obat-obatan. Oleh karena itu, ketahui cara menjaga sistem pencernaan agar terhindar dari maag berikut ini supaya kamu dapat lebih menjaga kesehatan tubuh.


    (Baca Juga: Ketahui Makanan Penyebab Maag)




    Atur pola makan

    Memiliki pola makan yang baik merupakan salah satu cara utama untuk memiliki lambung yang sehat. Kamu perlu makan tepat waktu dan mengunyah secara perlahan. Selain itu, hindari mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak sebelum tidur.


    Hindari makanan yang menyebabkan iritasi lambung

    Iritasi lambung dapat disebabkan oleh berbagai makanan, seperti makanan pedas, asam, dan yang mengandung lemak berlebih. Lambung akan mengeluarkan asam HCl lebih banyak jika kamu mengonsumsi makanan pedas dan asam sementara makanan dengan lemak berlebih dapat memudahkan peningkatan asam lambung.

    (Makanan pedas dapat menyebabkan iritasi lambung. Foto: Dok. Pexels)

    Kendalikan tingkat stres

    Stres adalah salah satu faktor penyebab berbagai penyakit, tak terkecuali maag. Hal ini disebabkan oleh perasaan tidak nyaman yang dapat dirasakan di perut akibat timbulnya perasaan cemas yang berhubungan dengan berbagai keluhan pencernaan.


    Jika kamu merasa berada di bawah tekanan atau memiliki banyak hal yang dipikirkan, usahakan untuk melakukan olahraga secara rutin yang tak hanya baik untuk tubuh, tetapi juga pikiran.


    (Baca Juga: 7 Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Asam Lambung)


    Kurangi konsumsi alkohol

    Mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak asam lambung hingga menyebabkan pendarahan internal, pembentukan lubang di dinding perut, dan jaringan parut yang menghalangi pencernaan.


    (Foto: Dok. Pexels)


    Dari beberapa cara menjaga sistem pencernaan agar terhindar dari maag di atas, mana yang paling sulit untuk dilakukan?


    (Penulis: Aurelia Gracia)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below