Ini Alasan Baju Baru Harus Dicuci Sebelum Dikenakan


  • Ini Alasan Baju Baru Harus Dicuci Sebelum Dikenakan
    Dengan mencuci baju baru sebelum dikenakan bisa menghindari resiko penyakit kulit. (Foto:Dok.Unsplash)

    Jika kamu tipe orang yang membeli baju baru tanpa mencucinya terlebih dahulu, hal ini justru berbahaya dan cukup berisiko bagi kulit. Ada beberapa alasan mengapa kamu harus membiasakan untuk mencuci baju baru. Apa saja?


    (Baca Juga: Ketahui 5 Cara Aman Belanja Baju Di Era New Normal)




    Menghilangkan Pewarna



    Salah satu alasan untuk mencuci pakaian yang baru dibeli adalah untuk menghilangkan pewarna ekstra yang dapat ditransfer ke kulit atau ke pakaian lain. Ketika kamu mencuci pakaian yang baru dibeli makan pewarna di lapisan pakaian tersebut akan hilang.

    Sebagian besar kain yang terbuat dari serat sintetis, seperti poliester dan akrilik diwarnai dengan pewarna azo-anilin. Pewarna ini dapat menyebabkan iritasi kulit yang parah, terutama bagi anak-anak kecil yang memiliki kulit sensitif. Iritasi tersebut dapat menyebabkan kulit kering dan gatal meradang. Kondirsi parah bisa berupa ruam yang mirip dengan poison ivy.


    Menghilangkan Bakteri, Jamur, dan Serangga

    Ketika baju baru yang berasal dari pabrik, mungkin saja ditumpuk dengan pakaian lama lainnya atau diletakkan di tempat yang ada bakterinya. Mungkin juga saat dipajang di toko, lalu dicoba oleh berbagai orang yang sedang mengalami penyakit kulit.

    Selain itu, di dalam ruang ganti juga bisa menjadi tempat berkembang biak segala macam bakteri. Hindari risiko itu dan cuci pakaian yang baru dibeli sebelum digunakan.


    Mencegah Terjadinya Iritasi Bahan Kimia

    Hal yang paling penting mengapa pakaian baru harus dicuci adalah untuk menghilangkan lapisan kimia seperti Urea-formaldehyde yang dikenakan para produsen pakaian untuk meningkatkan warna atau tekstur. Urea-formaldehyde merupakan bahan kimia yang sering digunakan untuk mencegah munculnya jamur pada pakaian yang harus dikirim jarak jauh dalam wadah panas dan lembap.

    Bahan kimia ini memiliki bau yang sangat tajam dan akan tetap berada di kain sampai pakaian dicuci. Dicuci selama satu kali mungkin tidak akan menghilangkan semua kandungan itu, namun cara ini bisa mengurangi risiko iritasi secara signifikan. Jika dilakukan secara rutin, bahan kimia ini akan hilang. 


    (Baca Juga: Cara Merawat Pakaian Berbahan Satin)


    Jadi, penting untuk mencuci lebih dulu baju sebelum mengenakannya. Mencuci baju akan mengurangi kandungan bahan kimia, terutama sisa bahan kimia yang mungkin tersisa dari proses pembuatan baju.


    (Penulis : Kandela Cikal)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below