Inilah Makanan Yang Dapat Menurunkan Kolesterol Tinggi


  • Inilah Makanan Yang Dapat Menurunkan Kolesterol Tinggi
    Daftar makanan yang bisa menurunkan kolesterol tinggi untuk dikeseharianmu. (Foto: Dok. /unsplash)

    Memilih makanan dan menjalani pola makan yang sehat adalah salah satu cara agar kadar kolesterol tinggi dapat teratasi. Dilansir dari Healthline, kolesterol tinggi merupakan penyebab timbulnya risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke. Kolesterol juga bisa disebabkan oleh obesitas, alkohol, kurangnya olahraga hingga keturunan.

    Maka dari itu, mengonsumsi makanan yang sehat bisa membantu kamu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Berikut makanan yang dapat menurunkan kolesterol tinggi dan memperbaiki faktor risiko penyakit jantung lainnya. Yuk, simak ulasannya.




    (Baca Juga: Waspada! Inilah Tanda Kolesterol Menyerang)


    Alpukat

    Alpukat merupakan buah yang sangat bernutrisi. Buah ini kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan serat yang bisa membantu kamu menurunkan kolesterol jahat. Dengan mengonsumsinya secara rutiin, tubuh akan mengalami Low-Density Lipoproteins (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik yaitu High-Density Lipoprotein (HDL). Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara dibuat menjadi jus atau dikonsumsi secara langsung sesuai selera.


    Kacang

    Selain alpukat, kacang juga kaya akan varietas tanaman asam lemak omega 3 yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Untuk kacang almond atau kacang-kacangan lainnya sangat kaya akan L-arginine, asam amino yang bisa membantu tubuh kami membuat oksida nitrat untuk mengatur tekanan darah.


    (Baca Juga: Menu Makanan Diet yang Cocok untuk Pemula)


    Ikan Berlemak

    Salmon dan mackerel merupakan sumber asam lemak omega 3 yang dapat meningkatkan kesehatan jantung, kolesterol baik dan juga dapat menurunkan risiko peradangan dan stroke. Namun, kamu perlu mengonsumsinya dengan mengukus atau merebusnya terlebih dahulu. Bahkan, jika kamu menggoreng ikan yang berlemak. Maka, kamu bisa rentan terkena penyakit jantung dan stroke.


    Dark Chocolate

    Kamu mungkin akan kurang percaya bahwa cokelat bisa menurunkan kadar kolesterol. Namun ternyata, mengonsumsi dark chocolate, tekanan darah kamu bisa menurun dan kolesterol baik akan terus meningkat. Sehingga, dark chocolate dapat melindungi kamu dari kolesterol jahat dalam darah melalui oksidasi yaitu penyebab utama penyakit jantung. Namun, kamu perlu memilih dark chocolate dengan kandungan kakao 75 hingga 85 persen atau lebih tinggi.


    Teh

    Penting bagi kamu untuk mengonsumsi teh di setiap hari. Teh mengandung senyawa tanaman yang bisa meningkatkan kesehatan jantung kamu. Sementara, white tea dan black tea juga memiliki khasiat dan efek kesehatan yang serupa. Teh memiliki dua senyawa yang sangat bermanfaat untuk tubuh kamu yakni catechins dan quercetin. Catechins bisa membantu mengaktifkan oksida nitrat yang penting untuk tekanan darah yang sehat. Untuk quercetin, dapat meningkatkan fungsi pembuluh daran dan menurunkan peradangan. Oleh karena itu, kamu perlu rajin minum teh di keseharianmu.


    Daftar makanan yang dapat menurunkan kolesterol tinggi di atas bisa kamu konsumsi di keseharianmu untuk pencegahan penyakit berbahaya. Selamat mencoba!


    (Penulis: Sania Zelikha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below