Inilah Penyakit Yang Bisa Timbul Karena Keturunan


  • Inilah Penyakit Yang Bisa Timbul Karena Keturunan
    Berbagai macam penyakit bisa muncul melalui keturunan dari orang tua. Maka dari itu, kamu harus mengindentifikasikannya melalui dokter. (Foto: Dok. /unsplash)

    Penyakit keturunan biasanya berasal dari perubahan genetik yang diwariskan melalui orang tua kepada anaknya. Jika kamu terlihat sehat, bisa saja kamu memiliki riwayat penyakit keturunan yang belum terdeteksi. Kamu juga bisa menyalurkan kelainan genetik pada keturunanmu nanti. Lalu, bagaimana cara mengidentifikasi penyakit keturunan?




    Kamu bisa melakukan pemeriksaan genetik pada orang tua sebelum kamu merencanakan kehamilan. Oleh karena itu, kamu harus mengenal berbagai macam penyakit keturunan yang sering terjadi di lingkungan keluarga. Yuk, simak ulasannya.


    (Baca Juga: Inilah Makanan Yang Cocok Untuk Darah Rendah)


    Diabetes

    Biasanya diabetes merupakan penyakit keturunan yang sering terjadi sejak masa kecil. Diabetes ini merupakan penyakit diabetes tipe 1 yang memiliki risiko yang lebih tinggi jika orang tua kamu memiliki riwayat diabetes tipe 1. Oleh karena itu, kamu juga perlu menjaga pola makan untuk mengindari makanan manis jika belum mengetahui bahwa kamu memiliki penyakit keturunan diabetes.


    Hemofilia

    Selain diabetes, Hemofilia merupakan penyakit keturunan yang menyebabkan terjadinya pembekuan darah. Biasanya, jika kamu mengalami pendarahan. Maka, kamu akan sulit diobati karena akan memakan waktu lebih lama untuk menghentikan pendarahan pada lukamu.


    (Baca Juga: Inilah Makanan Yang Dapat Menurunkan Kolesterol Tinggi)


    Thalasemia

    Perlu diketahui bahwa penyakit Thalasemia dapat menyerang sel darah merah bagi penderitanya. Kamu perlu pergi ke dokter untuk mengidentifikasi penyakit ini karena cukup banyak anak yang lahir dengan penyakit Thalasemia tidak terselamatkan. Bagi yang selamat, anak yang memiliki penyakit ini akan hidup bersama penyakit anemia sehingga perlu transfusi darah secara terus menerus.


    Alzheimer

    Alzheimer merupakan penyakit yang cukup serius. Kamu akan sulit berpikir hingga dapat dibilang pikun yang parah. Namun, penyakit ini akan lebih mudah mengenai orang tua yang berusia di atas 60 tahun. Tetapi, bagi kamu yang masih muda, tetap alzheimer bisa menyerangmu kapan saja.


    Kanker

    Tidak hanya faktor pola hidup, Penyakit kanker bisa juga melalui keturunan. Namun, penyakit ini memiliki kemungkinan yang kecil sekitar 5 persen hingga 10 persen. Tetap saja kamu perlu mencari tahu jika kamu memiliki penyakit keturunan tersebut karena akan mewarisi kepada kerturunanmu setelah berkeluarga.


    Itulah beberapa penyakit yang bisa timbul karena keturunan.


    (Penulis: Sania Zelikha)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below