Inilah Makanan Yang Cocok Untuk Darah Rendah


  • Inilah Makanan Yang Cocok Untuk Darah Rendah
    Makanan yang cocok untuk pemilik tekanan darah rendah di setiap hari. (Foto: Dok. /unsplash)

    Hipotensi atau tekanan darah rendah merupakan gejala yang tidak boleh dibiarkan. Kamu akan mengalami pingsan secara mendadak. Dilansir dari Healthline, memiliki tekanan darah rendah itu biasanya di bawah dari 90/860 mmHg. Angka 90 merupakan tingkat tekanan ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh yang dapat disebut sistolik.


    Lalu, angka 60 merupakan tingkat tekanan saat jantung beristirahat sebelum jantung kembali memompa lagi yang biasanya disebut diastolik. Tekanan darah rendah bisa membuat kamu merasa lelah atau pusing. Oleh karena itu, cara agar membuat tekanan darah kamu menjadi normal yaitu dengan mengonsumsi makanan yang cocok untuk tekanan darah rendah.




    (Baca Juga: Jenis Olahraga yang Cocok untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi)


    Cairan

    Kamu perlu mengetahui bahwa dehidrasi bisa menurunkan volume pada darah sehingga menyebabkan tekanan darah turun. Maka dari itu, kamu harus sering minum air putih agar tetap terhidrasi dan untuk hasil yang baik, kamu juga harus berolahraga dengan rutin.


    Makanan Tinggi Vitamin B-12

    Jangan heran jika kamu perlu mengonsumsi makanan tinggi vitamin B-12 karena terlalu sedikit vitamin B-12 bisa menyebabkan anemia jenis tertentu yang membuat tekanan darah kamu semakin rendah dan juga mengalami kelelahan. Kamu bisa mengonsumsi telur, sereal, daging, dan ragi yang bergizi untuk meningkatkan darah rendah kamu.


    Makanan Tinggi Folat

    Selain vitamin B-12, terlalu sedikit folat juga bisa menyebabkan anemia. Kamu bisa mengonsumsi makanan kaya folat seperti asparagus, kacang-kacangan, lentil, buah jeruk, sayuran hijau, telur dan hati sehingga kamu bisa terhindar dari serangan tekanan darah rendah.


    (Baca Juga: Inilah Makanan Yang Dapat Menurunkan Kolesterol Tinggi)


    Garam

    Tak heran jika orang yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi perlu menghindar dari garam karena garam bisa meningkatkan tekanan darah. Maka dari itu, orang yang memiliki tekanan darah rendah harus mengonsumsi garam. Kamu bisa mengonsumi makanan dengan kandungan garam seperti sup kaleng, ikan asap, keju cottage, acar dan zaitun.


    Kafein

    Selain kopi, teh juga bisa membuat meningkatkan tekanan darah dengan menstimulasi sistem kardiovaskular dan juga meningkatkan detak jantung kamu. Namun, kamu perlu meminumnya di siang hari atau sore hari karena kafein bisa membuat tidurmu semakin sulit.


    Oleh karena itu, kamu perlu mengonsumsi makanan yang cocok untuk pemilik tekanan darah rendah di setiap hari untuk hasil yang lebih baik. Selamat mencoba!


    (Penulis: Sania Zelikha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Maret 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below