Sex & relationship

Wanita Tidak Bisa Menahan Cemburu, Ini Alasannya

By : Kiki Riama Priskila - 2021-03-23 09:00:01 Wanita Tidak Bisa Menahan Cemburu, Ini Alasannya

Pernahkah kamu mengalami saat pasangan menyebutmu cemburuan? Mungkin selama ini kamu enggak menyadari hal itu sehingga tak pernah merasa kamu mudah cemburu. Sebenarnya, wanita adalah sosok sensitif yang lebih mengutamakan emosi dan perasaannya sehingga wajar banget kalau lebih mudah cemburuan.


Tapi, jika pasangan mulai menganggap cemburumu berlebihan, kamu harus mencari tahu dulu dari mana rasa cemburu tersebut sebenarnya datang, sebelum ada kesalah-pahaman di antara kalian. Inilah alasan wanita tidak bisa menahan cemburu.


1. Wanita tak ingin berbagi

Tak ada orang yang ingin berbagi pasangan karena itu sama saja seperti berbagi perasaan. Inilah kenapa sebisa mungkin saat kita berpacaran, seluruh perasaanmu hanya dicurahkan baginya seorang, begitu juga yang kamu harapkan dari pasangan. Sayangnya, tak sedikit pria yang bisa mengerti perasaan ini dari seorang wanita sehingga kamu mudah merasa cemburu saat ia melakukan sesuatu yang bisa mengganggu ikatan hubungan kalian.


(Baca Juga: Kenapa Pria Tidak Bisa Setia, Ini Alasannya)


2. Pasangan pernah selingkuh



Saat kita pernah dikhianati oleh pasangan, tak mudah untuk mengembalikan rasa percaya itu. Layaknya kertas yang sudah diremuk, pasti masih ada goresan yang tersisa, meski sudah dirapikan bahkan disetrika. Kurangnya rasa percaya itulah yang kerap membuat wanita tidak bisa menahan rasa cemburunya terhadap pasangan. Ada 2 hal sebenarnya yang ingin kita jaga dalam hal ini, yaitu hubungan dengan pasangan dan hati kita sendiri agar tak merasakan sakit yang sama untuk kedua kali.


3. Si dia sering berbohong

Hampir sama seperti kasus selingkuh, berbohong pada pasangan adalah hal yang fatal. Apalagi kalau kebohongannya terjadi lebih dari satu kali. Wajar banget kalau kita kesulitan memaafkan pasangan. Mungkin kamu bisa masih mengucapkan, "Iya, enggak apa-apa" tapi sebenarnya perasaanmu sakit, bahkan kamu tak lagi memercayai si dia seperti sedia kala.


4. Terlalu sayang

Perasaan sayang yang terlalu besar biasanya juga diikuti dengan rasa cemburu yang besar pula. Inilah kenapa saat kita sangat menyayangi seseorang, kita tak ingin kehilangannya sama sekali. Hal ini pulalah yang kerap membuat kita mudah cemburu tanpa alasan. Jika ini yang terjadi, sebaiknya kontrol pikiranmu agar hubungan kalian tetap harmonis. Percayalah, jika kamu terlalu erat menggenggamnya, lambat-laun ia pasti akan terlepas.


(Baca Juga: Penyebab Kalian Adalah Pasangan Yang Sering Bertengkar)


5. Pasangan suka membandingkan



Tak ada orang yang suka dibandingkan, apalagi saat pasangan membandingkan kita dengan wanita lain. Jika hal ini mengganggumu sehingga membuatmu merasa mudah cemburu, apalagi jadi merasa tidak percaya diri, segera komunikasikan dengan pasangan agar hal ini tidak berlanjut. Jelaskan padanya bahwa kamu ingin dicintai apa adanya.


6. Jarang bertemu

Mungkin saat ini kalian sedang menjalani hubungan jarak jauh sehingga tak bisa sering-sering bertemu. Hal ini juga bisa jadi alasan wanita tidak bisa menahan rasa cemburunya. Apalagi kalau pasangan mulai membalas pesannya dengan lambat, pasti kamu langsung berpikir yang tidak-tidak.


7. Si dia masih berhubungan dengan mantan

Mantan kekasih bukan berarti harus jadi musuh, tapi bukan berarti pasangan bisa bebas berhubungan dengan mantannya. Ingatkan padanya bahwa kamu juga punya perasaan yang harus dijaga. Ada alasan kenapa masa lalu sebaiknya tetap diletakkan di belakang, bukan di depan.


(Baca Juga: Tips Mencari Pasangan Hidup)


Itulah beberapa alasan wanita tidak bisa menahan cemburu. Setelah kamu mengetahui alasan di balik rasa cemburumu itu, segera bicarakan dengan pasangan. Pada akhirnya, cemburu bukanlah masalah, melainkan efek yang ditimbulkan akibat masalah dalam hubungan kalian. Jika kalian masih ingin membangun dan menjaga hubungan yang harmonis, ada baiknya untuk bekerja bersama demi kenyamanan berdua. Semoga berhasil!

Sex & relationship