Cara Merawat Kulit Sensitif Yang Belum Kamu Ketahui


  • Cara Merawat Kulit Sensitif Yang Belum Kamu Ketahui
    Beberapa cara untuk merawat kulit yang sensitif dengan hasil akhir yang baik. (Foto: Dok. /unsplash)

    Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, kamu akan mengalami reaksi buruk terhadap produk kosmetik seperti makeup dan skincare. Gejala kulit sensitif bisa kamu kendalikan dengan beberapa perubahan sederhana pada rutinitas perawatan pada kulit wajahmu. Lalu, bagaimana cara merawat kulit yang sensitif?




    Dilansir dari Healthline, kamu perlu memahami jenis kulit pada wajahmu terlebih dahulu. Biasanya kulit sensitif disebabkan oleh polusi, paparan sinar matahari, sering mengganti kosmetik dan perubahan hormon. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui cara merawat kulit yang sensitif dengan baik. 


    (Baca Juga: Rekomendasi Toner Korea Untuk Kulit Wajah Glowing)


    Mandi dengan air hangat

    Memiliki kulit yang sensitif memang membutuhkan perawatan yang maksimal. Untuk merawat kulit sensitif, kamu perlu menggunakan air hangat saat kamu mandi dengan waktu selama 5 menit hingga 10 menit. Ingat, gunakanlah air hangat bukan air panas sehingga kulitmu tidak akan iritasi.


    Eksfoliasi dengan secukupnya

    Memang penting untuk melakukan eksfoliasi agar sel kulit mati pada wajahmu cepat terangkat. Namun, jika kamu melakukannya dengan cara yang berlebihan seperti terlalu kencang. Maka, kulit kamu akan berdampak buruk pada kulit sensitif. Lakukanlah eksfoliasi dengan cara yang lembut selama dua hari sekali untuk hasil yang baik.


    (Baca Juga: Kesalahan Pemakaian Serum Wajah yang Sering Dilakukan)


    Gunakan sabun wajah dengan fragrance-free

    Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, kamu harus menggunakan sabun tanpa kandungan fragrance karena akan membuat wajahmu semakin iritasi. Oleh karena itu, gunakanlah sabun cuci muka yang gentle tanpa foaming.


    Menjaga kelembapan kulit

    Cobalah untuk menjaga kelembapan kulit dengan menggunakan pelembap. Kamu bisa menggunakan pelembap dengan berbagai bahan yang alami seperti lidah buaya, minyak jojoba dan minyak kelapa. Kamu bisa menggunakannya setiap hari setelah membersihkan wajahmu.


    Maka dari itu, kamu perlu memahami jenis kulit pada wajahmu untuk mengetahui penyebab dari kulit sensitif agar kamu bisa merawat kulit dengan hasil yang lebih baik.


    (Penulis: Sania Zelikha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Maret 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below