Waspada! Inilah Tanda Kolesterol Menyerang


  • Waspada! Inilah Tanda Kolesterol Menyerang
    Kamu perlu mengenali tanda-tanda kolesterol tinggi karena jika tidak. Maka, kamu akan rentan terkena penyakit yang berbahaya. (Foto: Dok. /unsplash)

    Kolesterol tinggi perlu kamu kenali dengan berbagai tanda agar terhindar dari penyakit yang berbahaya. Dilansir dari Healthline, kolesterol merupakan zat seperti lilin dan lemak yang diproduksi oleh hati. Kolesterol juga tidak bisa larut dalam air sehingga tidak dapat berpindah ke seluruh tubuh dengan sendirinya. Namun, kamu perlu mengetahui dua macam kolesterol yaitu kolesterol jahat dan baik. Kolesterol jahat atau dapat disebut Low-Density Lipoproteins (LDL) karena bisa menyebabkan serangan jantung atau stroke. Lalu, kolesterol baik atau dapat disebut High-Density Lipoprotein (HDL) bisa membantu tubuhmu untuk mengembalikan kolesterol LDL ke hati untuk dibuang.

    Faktor timbulnya kolesterol yakni obesitas, meminum alkohol, kurangnya olahraga, mengonsumsi obat-obatan tertentu dan bahkan keturunan. Oleh karena itu, penting untuk kamu mengenal beberapa tanda kolesterol yang bisa menyerang tubuh. Yuk, simak ulasannya.

    (Baca Juga: Menu Makanan Diet yang Cocok untuk Pemula)




    Kelelahan

    Kolesterol tinggi bisa menyebabkan kamu lebih mudah lelah karena rasa lelah muncul dari dampak timbulnya plak di pembuluh darah akibat kadar kolesterol tinggi. Segera hubungi ke dokter jika kamu mudah kelelahan setiap saat.


    Mudah Mengantuk

    Selain kelelahan, kamu juga bisa sering mengantuk jika kolesterol kamu tinggi. Hal ini dikarenakan adanya sumbatan dari pembuluh darah dan juga dikaitkan dengan asupan aliran darah yang membawa oksigen ke otak secara berkurang. Oleh karena itu, kamu akan sering mengalami kantuk dan juga mudah lelah.

    (Baca Juga: 4 Hobi yang Patut Dicoba Untuk Mengasah Kepintaran)


    Nyeri pada Kaki

    Hati-hati karena nyeri kaki juga bisa menjadi tanda kolesterol tinggi. Kamu akan merasakan rasa sakit atau nyeri dibagian kaki. Hal ini dikarenakan adanya penumpukan plak yang terjadi pada pembuluh darah di area kaki. Maka dari itu kamu perlu menjaga pola hidup dengan benar.


    Nyeri Bagian Dada

    Kamu bisa mengalami nyeri bagian dada jika kolesterol tinggi. Bahkan, dapat menimbulkan penyakit yang lebih berbahaya bagi tubuh kamu seperti serangan jantung. Nyeri pada dada dikarenakan adanya penumpukan plak akibat kadar kolesterol tinggi pada pembuluh darah jantung. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mengurangi asupan yang bisa menimbulkan kolesterol seperti minum alkohol dan lain sebagainya.

    Oleh karena itu, kamu perlu berhati-hati dan tetap menjalankan pola hidup sehat agar terhindar dari serangan kolesterol pada tubuhmu. Yuk, mulai terapkan pola hidup sehat.

    (Penulis: Sania Zelikha)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below