4 Hobi yang Patut Dicoba Untuk Mengasah Kepintaran


  • 4 Hobi yang Patut Dicoba Untuk Mengasah Kepintaran
    Bukan hanya dilakukan untuk mengisi waktu luang, namun juga ada beberapa hobi yang dapat mengasah dan meningkatkan kepintaran. (Foto:Dok.Anna Shvets/Pexels)

    Hobi bukan hanya tentang kegiatan menyenangkan yang menjadi cara menghilangkan kepenatan, tapi juga bisa meningkatkan kecerdasan intelektual. Hanya saja, tak sembarang hobi dapat mengasah kepintaran. Sebuah studi menemukan beberapa hobi yang dapat meningkatkan IQ. Jika kamu ingin meningkatkan kecerdasan, mulai pertimbangkan untuk menekuni beberapa hobi dibawah ini.


    (Baca Juga: 5 Hobi Yang Bermanfaat Selama Pandemi)




    1. Belajar alat musik


    (Belajar memainkan alat musik bisa mengasah kepintaran.Foto:Dok.cottonbro/Pexels)


    Memainkan alat musik secara teratur dapat memperkuat hubungan belahan otak kanan dan kiri, serta mengoptimalkan fungsi otak. Jika anak-anak dibiasakan untuk bermain instrumen sejak kecil, maka mereka akan mencapai skor yang lebih tinggi dalam pemahaman membaca dan matematika. Hal ini disebabkan karna bermain musik dapat meningkatkan kapasitas memori, mengajarkan bagaimana bekerja dalam sebuah tim.


    2. Membaca buku


    (Membaca buku bisa mengasah kepintaran.Foto:Dok.Daria Shevtsova/Pexels)


    Ada baiknya untuk tak membatasi sumber bacaan, supaya pengetahuan kita juga menjadi tak terbatas. Karena dengan membaca buku bisa menjadi hobi yang dapat mengasah kepintaran diri kita. Pada dasarnya, kegiatan membaca dapat meningkatkan perbendaharaan kata, keterampilan komunikasi, kemampuan analisis, memori, dan fokus.Terlebih, dengan membaca buku nyatanya juga dapat mengurangi stres, pun turut meningkatkan kecerdasan emosi kita.


    (Baca Juga: Cara Menemukan Pria Dengan Hobi yang Sama)


    3. Berolahraga


    (Manfaat hobi berolahraga.Foto:Dok.Andrea Piacquadio/Pexels)


    Dengan rutin berolahraga, kita dapat mengingat, memahami, konsentrasi, dan fokus pada suatu hal dengan lebih baik. Olahraga yang dilakukan secara konsisten dapat menjaga stamina tubuh dalam melakukan berbagai aktivitas. Olahraga bisa dilakukan dengan berbagai bentuk misalnya berlari, berenang. Jika kamu memilih dan suka untuk melakukan olahraga yang tenang, mungkin kamu bisa mencoba olahraga yoga.


    4. Merajut


    (Hobi merajut bisa membuat pintar.Foto:Dok.Castorly Stock/Pexels)


    Ada manfaat lain yang dirasakan saat seseorang mulai belajar merajut. Ketika kamu mulai belajar merajut, kamu diharuskan untuk benar-benar telaten dan tekun saat memasukkan benang-benang ke dalam jarum yang sudah memiliki pola tersendiri. Hal itu harus dilakukan dengan sabar dan telaten agar hasil rajutan tidak berantakan. Merajut juga bisa membuat dirimu lebih konsentrasi dan konsisten.


    Itulah 4 hobi yang bisa meningkatkan IQ dan mengasah kepintaran. Dari keempat hobi diatas, manakah yang sering kamu lakukan?


    (Penulis : Kandela Cikal)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below