Alasan Pria Menghindari Kontak Mata


  • Alasan Pria Menghindari Kontak Mata
    Inilah alasan pria menghindari kontak mata. (Foto: Dok. Craig Adderley/Pexels)

    Mungkin kamu pernah berada dalam situasi di mana lawan bicaramu seolah menghindari kontak mata saat berkomunikasi. Kamu pun jadi bingung dan mulai berpikir, "Apakah ia benar-benar mendengarkan omonganmu?". Sebenarnya wajar banget kalau kamu merasa seperti ini karena menurut pelatih dan pembicara dr. Audrey Nelson, kontak mata adalah bentuk komunikasi nonverbal paling kuat.


    Meski begitu, nyatanya ada perbedaan antara pria dan wanita dalam kebiasaan menatap mata lawan bicara saat berkomunikasi. Umumnya, pria memang terlihat tidak fokus pada tatapan mata saat berbicara. Inilah alasan pria menghindari kontak mata.


    Berdasarkan studi yang dikembangkan oleh Stephen Janik dan Rodney Wellens dari University of Miami, sekitar 43,4 persen perhatian kita saat berbincang fokus pada mata dan sekitar 12,6 persen justru tertuju pada mulut lawan bicara. 


    (Baca Juga: Ciri Pria Merasa Nyaman)


    Biasanya saat perbincangan terjadi, kontak mata terjadi sekitar 60 persen selama waktu perbincangan. Singkatnya, dalam obrolan yang berlangsung selama 30 detik, seseorang bisa menatap kurang lebih 15 titik di sekitar wajah lawan bicaranya, misalnya seperti bingkai kacamata, pergerakan bibir, atau rambut di sekitar telinga. 


    Namun jika kamu perhatikan, pria cukup jarang melakukan kontak mata saat berbicara. Mungkin bagi kita, mata adalah sumber emosi, jadi kita bisa menebak perasaan pasangan dari matanya. Namun nyatanya ada perbedaan antara wanita dan pria saat berbincang.


    Saat kita menganggap mata sebagai alat untuk mengumpulkan informasi dan membangun ikatan serta rasa intim, pria justru melihat tatapan mata sebagai tantangan dan kompetisi. Wanita ingin mencari reaksi dari pesan yang disampaikan dengan melihat mata, namun pria justru melihat hal itu sebagai tanda bahwa kita ingin menantang mereka. Perbedaan inilah yang kerap membuat masalah saat berkomunikasi.


    (Baca Juga: 4 Tips Agar Hubunganmu Direstui Orang Tua)


    Selain itu, kita juga kerap berpikir bahwa si dia tak mendengarkan omongan kita hanya karena tak melakukan kontak mata. dr. Audrey Nelson pun membantah hal ini. Baginya, hal ini belum tentu benar. Kadang pria bisa mendengarkan tanpa harus menatap lawan bicaranya. 


    Nah, ternyata wanita dan pria memang punya banyak perbedaan saat berkomunikasi. Yang pasti, jangan jadikan perbedaan ini sebagai halangan untuk tetap berkomunikasi. Agar pembicaraan kalian tetap nyaman, lakukan kompromi. Kamu tak harus memaksa pasangan untuk melihat matamu saat berbicara asal si dia berjanji benar-benar bisa memerhatikan topik pembicaraanmu.

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles