5 Manfaat Mendengarkan Musik Untuk Kesehatan


  • 5 Manfaat Mendengarkan Musik Untuk Kesehatan
    Ternyata musik bukanlah sekadar hiburan, tetapi dapat memberikan manfaat yang positif. (Foto:Dok.Konstantin Dyadyun/Unsplash)

    Setidaknya dalam sehari, manusia mendengarkan musik sekitar 3 jam. Musik dinilai dapat membantu meredakan stres, membuat kita merasa menjadi lebih semangat, dan bahkan dapat membantu meredakan nyeri. Tak hanya untuk hiburan atau mengisi waktu, ternyata ada banyak sekali manfaat musik bagi kesehatan. Inilah 5 di antaranya.


    (Baca Juga: Alunan Musik Klasik dalam Orkestra)




    1. Meningkatkan konsentrasi dan kemampuan kognitif

    Mendengarkan musik dan memainkan alat musik berkaitan erat dengan meningkatnya fungsi kognitif dan intelektual di diri seseorang. Sehingga, faktanya ketika kita sedang mengerjakan sesuatu yang bersifat kognitif, seperti menulis atau membaca, tidak ada salahnya untuk melakukannya sambil mendengarkan musik. Bagi sebagian orang, belajar sambil mendengarkan musik bisa mempermudah mengingat topik pelajaran. Tentu saja, hal ini tergantung dari jenis musik dan selera dari masing-masing orang.

    2. Meningkatkan suasana hati 

    Dopamin adalah suatu komponen kimia yang menimbulkan rasa senang dan bahagia. Dengan kita mendengarkan musik nyatanya dapat memicu kerja dopamin bagi tubuh. Tidak jarang, ketika kita mengawali hari atau menjalankan aktivitas dengan mendengarkan musik membuat kita semakin semangat dan optimis.



    (Bukan hanya dapat meningkatkan mood seseorang, manfaat mendengarkan musik juga dapat mengatasi stress dan depresi. Foto: Dok. Matthew Hamilton/Unsplash)

    3. Mengatasi stres dan depresi

    Peneliti menyatakan bahwa kemampuan musik untuk mengurangi stres berkaitan dengan kemampuannya untuk menurunkan tingkat kortisol tubuh. Disebutkan bahwa musik yang berperan dapat mengurangi stres adalah musik dengan irama tenang. Bagi para pengidap depresi, mendengarkan musik klasik dan musik yang biasa digunakan untuk meditasi dapat memberikan efek yang baik pada suasana hati. 


    4. Meringankan stroke

    Manfaat musik yang tak disangka adalah dapat meringankan stroke. Dibuktikan dari beberapa penelitian bahwa dengan mendengarkan musik dapat membawa dampak positif bagi proses pemulihan stroke. Pasien terlihat mengalami pemulihan yang lebih baik dalam kemampuan dan kekuatan gerakan otot lengan dan tungkai. Penelitian menunjukkan bahwa musik dapat meningkatkan penyesuaian otak untuk membuat koneksi baru di antara sel-sel saraf.



    5. Meningkatkan kualitas tidur yang baik

    Dengan mendengarkan musik nyatanya dinilai efektif untuk meredakan gangguan tidur seperti insomnia. Terlebih bila kamu memilih untuk mendengarkan musik klasik yang rileks, yang dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak.


    (Penulis : Kandela Cikal)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Maret 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below