Hair & beauty

Waspada! Inilah Penyebab Rambut Rontok Parah

By : Her World Indonesia - 2021-03-05 20:00:02 Waspada! Inilah Penyebab Rambut Rontok Parah

Mengutip laman Healthline, American Academy of Dermatology (AAD) telah mencatat bahwa 80 juta pria dan wanita di Amerika mengalami kerontokan rambut herediter atau dapat disebut alopecia. Meskipun hal ini dialami oleh sebagian besar orang, namun mengabaikannya tidaklah patut untuk dilakukan. 

Bukan tanpa alasan, melainkan rambut tidak selalu tumbuh untuk menggantikan rambut baru. Butuh bertahun-tahun agar rambut bisa tumbuh dengan sehat dan lebat. Sehingga jika dibiarkan kamu bisa mengalami kebotakan dan perlu berkonsultasi ke dokter untuk perawatan pada rambut rontok. Namun, apa sebetulnya penyebab rambut rontok parah? Yuk, simak ulasannya.


Kehamilan

Kamu bisa mengalami kerontokan jika kamu sedang di masa hamil. Hal tersebut dikarenakan terdapat adanya perubahan hormon. Biasanya rambut rontok terjadi pada usia kehamilan sekitar 1-5 bulan.


(Baca Juga: Rambut Rontok Parah? Rawat dengan 5 Rekomendasi Serum Ini)


Menopause

Selain hamil, penyebab rambut rontok lainnya yaitu menopause. Biasanya hal ini merupakan salah satu konsekuensi dari berubahnya hormon sehingga penurunan hormon adalah pemicunya.


(Baca Juga: 6 Rekomendasi Sampo yang Ampuh untuk Rambut Rontok)


Depresi

Kamu perlu berhati-hati jika sedang mengalami stres. Hal tersebut dapat memengaruhi kondisi fisik yaitu rontoknya rambut. Depresi akan menyebabkan kebotakan pada rambutmu. Oleh karena itu, kamu harus istirahat yang cukup.


Penurunan Berat Badan Secara Ekstrem

Jika kamu sedang melakukan diet secara ekstrem. Maka, tak heran jika hal tersebut dapat memicu kerontokan rambut karena berubahnya pola makan dapat membuat tubuhmu kekurangan zat gizi atau nutrisi tertentu.


Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati jika mengalami kerontokan rambut yang parah dan jangan lupa untuk menghubungi dokter untuk melakukan perawatan yang lebih baik.


(Penulis: Sania Zelikha)


Hair & beauty