4 Cara Atasi Jerawat Gatal Agar Mereda


  • 4 Cara Atasi Jerawat Gatal Agar Mereda
    Atasi jerawat yang gatal dengan cara ini. (Foto:Dok.wayhomestudio/Freepik)

    Jerawat disebabkan oleh folikel rambut dan penumpukan sel-sel kulit mati dalam pori-pori kulit yang tersumbat oleh produksi minyak berlebih, sebum, hingga kotoran. Jika hal tersebut terjadi, bakteri akan lebih mudah berkembang dan memicu peradangan sehingga menjadi jerawat. Umumnya, jerawat menimbulkan gejala rasa menyakitkan atau mengalami rasa gatal pada jerawat. Ada baiknya kamu menyimak 4 cara atasi jerawat gatal agar mereda.


    Menjaga Pola Makan




    (Konsumsi sayur dan buah untuk atasi jerawat gatal pada kulit wajahmu. Foto: Dok. ROMAN ODINTSOV/Pexels)

    Mulai atasi jerawat gatal dengan menjaga pola makan yang baik dan bersih seperti dengan mengonsumsi sayuran dan buah yang kaya akan vitamin juga mineral. Sementara waktu, kamu harus menghindari makanan pemicu minyak berlebih seperti makanan pedas, manis dan mengandung gorengan.Selain itu, kamu juga rutin minum air mineral minimal 8 gelas air/hari atau setara dengan 2 liter air putih untuk menjaga kelembapan kulit. Karena, cara ini akan lebih efektif untuk mengurangi peradangan pada jerawatmu.


    (Baca Juga: 5 Cara Mudah Atasi Jerawat Dengan Cepat Tanpa Skincare!)


    Meminimalisir Penggunaan Make-up


    (Nyatanya kamu harus mulai meminimalisir penggunaan make-up ketika kamu berjerawat. Foto: Dok. cottonbro/Pexels)


    Saat terjadi masalah pada kulit, cara efektif mengatasi jerawat gatal yang dapat kamu lakukan yaitu dengan mengurangi pemakaian make-up pada kulit wajah. Hal ini bertujuan agar pori-pori kulit dapat bernapas lebih baik untuk sementara waktu. Bila kamu tetap memaksakan, resiko yang akan kamu hadapi ketika pori-pori yang tertutup make-up dan debu, jerawat akan menjadi terasa sangat gatal dan tidak kunjung hilang.


    Jangan Sentuh Jerawatmu


    (Jerawat gatal memang memicu kita untuk menyentuh kulit wajah. Namun apakah itu hal yang baik? Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)

    Meski merasa gemas ketika melihat jerawat yang gatal, kamu harus menghindari sentuhan pada wajah. Tangan kita yang tidak bersih dapat membuat kondisi jerawat di wajah semakin buruk dan menyebar ke area lainnya dengan cepat. Oleh karena itu, kamu wajib mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh wajah saat ingin merias atau membersihkannya.


    (Baca Juga: 9 Bahan Kosmetik Penyebab Jerawat)


    Tetap Teratur Membersihkan Wajah


    (Sayangi kulitmu dengan rajin membersihkan wajah. Hal ini juga dapat mengurangi rasa gatal pada jerawatmu. Foto: Dok. Shiny Diamond/Pexels)

    Kondisi kulit wajah yang kotor dapat memicu timbulnya jerawat dan peradangan, sehingga akan mengakibatkan rasa gatal. Oleh karena itu, cara mengatasi jerawat gatal bisa dilakukan dengan membersihkan wajah secara teratur dengan pembersih wajah. Sebaiknya kamu mulai memilih produk pembersih yang bebas alkohol serta memiliki kandungan air lebih di dalamnya. Produk seperti itu memang lebih aman digunakan pada wajah berjerawat.


    Itulah 4 cara atasi jerawat gatal agar mereda. Jika kondisi gatal pada jerawat semakin parah, sebaiknya kamu konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan pengobatan yang tepat sesuai kondisi jerawat pada kulit wajahmu. Semoga membantu!


    (Penulis : Kandela Cikal) 




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below