Tanda Kamu Mengalami Trauma Percintaan yang Patut Diketahui


  • Tanda Kamu Mengalami Trauma Percintaan yang Patut Diketahui
    Tanda bahwa kamu mengalain trauma percintaan (Foto:Dok.Julia/Pexels)


    Berada di dalam hubungan yang tidak sehat atau toxic relationship kerap membuat diri sulit mengambil keputusan. Sehingga setelah memilih untuk mengakhirinya, tak jarang diri merasa sulit untuk membangun hubungan kembali.

    Hal itu menjadi salah tanda bahwa kamu mengalami trauma dalam percintaan. Selain itu, ada beberapa tanda lain yang menandakan bahwa kamu mengalami trauma, apa saja? berikut deretannya.


    (Baca Juga: Begini Cara Mudah Melupakan Masa Lalu Yang Menyedihkan)


    1. Takut membuat komitmen

    Salah satu tanda yang bisa menandakan bahwa seseorang pria ataupun wanita mengalami trauma pada percintaan adalah kamu merasa takut untuk berkomitmen lagi. Meskipun dia telah mencoba berkencan dengan orang lain, namun ada sesuatu yang tidak bisa dipaksa untuk melanjutkkannya ke hubungan yang lebih serius.


    2. Tidak percaya diri

    Selain itu, mereka yang mengalami hubungan yang tidak menyenangkan seperti toxic relationship biasanya akan kehilangan kepercayaan diri mereka untuk memulai ikatan yang baru,

    Hal ini pun diungkap Poppy dan Geoff Spencer seorang training kepala bustle, bahwa setiap orang yang pernah menjalani hubungan yang tidak membahagiakan mengatakan bahwa "Waktu telah habis. Saya tidak percaya diri untuk mempercayai siapa pun lagi. Bagaimana saya bisa dibodohi? Apakah saya tidak pandai membaca orang?" 

    "Orang-orang ini telah menjadi merugikan diri sendiri dan harga diri mereka berada pada titik terendah," tambahnya.


    3. Lebih senang sendiri

    Beberapa orang tentu membutuhkan waktu sendiri untuk melupakan kepahitan dari masa lalunya. Pilihan ini suatu hal yang wajar, namun akan menjadi tanda trauma saat seseorang benar-benar ingin sendirian.

    "Ada perasaan umum tentang waktu yang terbuang, hari-hari yang hilang, bulan-bulan, tahun-tahun kehidupan, dan keinginan umum untuk melanjutkannya. Semua ini membuat seseorang berada dalam kondisi yang sangat rentan," kata psikolog klinis Dr. Josh Klapow, pembawa acara The Web Radio Show kepada bustle.


    (Baca Juga: 5 Cara Mudah Untuk Melupakan Trauma Dari Masa Lalu)


    4. Mengingat kata-kata yang menyakitkan

    "Setelah putus, [kamu] mungkin fokus pada apa yang dikatakan mantan dan mencoba memutar ulang skenario tentang bagaimana segala sesuatunya bisa berbeda," ujar Rori Sassoon, pakar hubungan dan CEO layanan perjodohan elit NYC, Platinum Poire. "[Kamu] mungkin berpikir dan bertanya-tanya tentang siapa mantan pacarmu." 

    Jika kamu masih mengingat kata-kata yang menyakitimu, itu bisa jadi tanda bahwa kamu mengalami trauma dalam percintaan. Cobalah alihkan dengan kegiatan yang menyenangkan dan yang bisa membuatmu lupa akan perkataan yang menyakitimu.


    5. Merasa cemas

    Ada bagitu banyak penyebab kecemasan yang bisa terjadi pada siapapun. Namun, jika seseorang baru saja mengalami kegagalan hubungan atau masuk ke dalam hubungan yang tidak sehat, ini bisa jadi alasan mengapa seseorang merasa cemas. 

    Jika kamu mengalaminya, kamu bisa membicarakannya kepada orang terdekat atau kepada ahlinya seperti psikolog dan psikiater. Cara ini bisa membuatmu lebih tenang dan mendapatkan bantuan yang tepat.


    Itulah sejumlah tanda trauma dalam percintaan. Kamu pernah mengalaminya?

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles