Begini Cara Mudah Melupakan Masa Lalu Yang Menyedihkan


  • Begini Cara Mudah Melupakan Masa Lalu Yang Menyedihkan
    Begini cara mudah melupakan masa lalu yang menyedihkan (Foto:Dok._MXSH_/Unsplash)


    Hal yang sudah terlewati, tak selalu menyimpan kenangan yang indah. Beberapanya justru menjadi masa lalu yang menyedihkan. Pernah mengalaminya?

    Memiliki masa lalu yang menyedihkan kerap jadi hal yang sulit diterima. Namun jika tidak dilupakan hal ini bisa berdampak pada kesehatan mental dan fisikmu. Bahkan bisa buatmu terhambat untuk berkembang. Untuk mencegah hal ini terjadi, berikut cara mudah melupakan masa lalu yang menyedihkan. 


    (Baca Juga: Trauma Masa Lalu Jadi Pemicu Dan Tanda Gangguan Mental)


    1. Ubah pola pikir

    Langkah pertama yang mungkin bisa dilakukan untuk melupakan masa lalu yang menyedihkan adalah dengan mengubah cara pandanganmu tentang apa yang pernah kamu alami sebelumnya. Kamu bisa mencoba untuk memfokuskan pada hal-hal yang positif dari kejadian yang kamu alami.

    Dengan mendaur ulang pikiran negatif menjadi positif bisa membantumu mengarahkan hidupmu ke situasi yang lebih menenangkan. Cobalah untuk berbicara pada dirimu sendiri untuk masa lalu adalah pembelajaran dan masa depan akan bisa lebih baik tanpa diikat oleh hal-hal yang menyedihkan.


    2. Cari lingkungan baru

    Bagaimanapun lingkungan berpengaruh untuk perkembangan diri. Sehingga jika kamu merasa sekitarmu saat ini tidak mendukungmu untuk move on, tak ada salahnya jika mencari lingkungan baru.

    Teman yang benar-benar mencintaimu akan membantumu untuk melupakan apa yang memperlambatmu untuk tumbuh. Dan jika kamu justru merasa sebaliknya, kamu tau jawabannya.


    (Baca Juga: 5 Cara Mudah Untuk Melupakan Trauma Dari Masa Lalu)


    3. Buat capaian tertentu

    Salah satu cara terpenting untuk melupakan hal-hal negatif yang pernah terjadi di masa lalu adalah dengan menetapkan tujuan untuk masa depan. Apa yang telah terjadi faktanya bukanlah akhir dari dunia ini.

    Mulailah mengisi waktumu dengan hal-hal yang membangunmu untuk lebih berkembang. Cobalah bisnis baru, bepergian, dan lainnya. Tetapkan tujuan panjang dan pendek, beri dirimu tenggat waktu untuk menggapainya.


    4. Pahami yang tak mengerti

    Secara bersamaan, mungkin kamu pernah merasa tidak ada satu orang pun yang mengerti tentang perasaan dan kondisimu saat ini. Masa lalu yang berat tak dipandang sama dengan orang disekililingmu. Sehingga, hal ini justru semakin menekan perasaanmu.

    Hal yang patut kamu lakukan adalah menyadari bahwa meminta persetujuan orang sekitar untuk perasaanmu akan sia-sia. Setiap orang memiliki pendapat yang berbeda. Kamu bisa mendengarkannya atau stop untuk membahasnya. 


    5. Belajar untuk memaafkan

    Meskipun sulit, memaafkan adalah salah satu cara agar hatimu terlepas dari rasa sedih karena masa lalu. Dengan menyimpan dendam, hal ini akan menyerangmu secara emosional dan mental. Jika kamu berpikir membencinya adalah suatu kebaikan untuk dirimu, hal ini justru akan menghancurkan secara emosional.

    Satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah dengan memaafkan siapa pun yang telah melakukan kesalahan. Tidak peduli seberapa buruk mereka telah menghancurkan hatimu. Jika kamu bisa melihatnya dan berkata "Aku memaafkanmu" dengan senyuman, maka kamu melepaskan diri dari kandang tempatmu mengunci diri.


    Cara melupakan masa lalu yang menyedihkan memang tidaklah mudah, namun patut untuk dicoba. Bukankah mencintai akan lebih indah daripada membenci?