Tips Komunikasi Efektif Supaya Hubunganmu Lebih Awet


  • Tips Komunikasi Efektif Supaya Hubunganmu Lebih Awet
    Fokus pada apa yang kalian berdua inginkan dan mulailah jalani komunikasi yang efektif. (Foto:Dok.Toa Heftiba/Unsplash)

    Komunikasi merupakan hal mendasar dalam setiap hubungan sehingga perlu diperhatikan. Kunci keberhasilan suatu hubungan adalah ketika kamu dan si dia mampu berkomunikasi dengan baik, dan juga efektif. Meskipun mungkin kalian terkadang mengalami kesulitan bagaimana melakukannya, serta bingung kapan harus berbicara ataupun diam, atau mungkin ada saat-saat tertentu kalian bertengkar atau merasa jenuh satu sama lain. Berikut ini adalah beberapa tips komunikasi efektif supaya hubunganmu lebih awet dengan pasangan, yang bisa kamu mulai setelah kamu membaca ini.


    Manajemen emosi yang baik

    (Kenyamanan dalam komunikasi yang efektif adalah ketika kamu dan si dia bisa memanagemen emosi dengan baik. Foto: Dok.Toa Heftiba/Unsplash)


    Penting untuk dipahami bahwa setiap orang memiliki kadar emosional yang berbeda. Sehingga setiap pasangan diharapkan bisa saling memahami satu sama lain, seperti mulai peka dan mengerti situasi dalam berkomunikasi. Manajemen emosi ini berguna untuk menyingkirkan hal-hal negatif dalam diri sebelum berkomunikasi dengan pasangan. Ada baiknya kamu menghindari komunikasi saat emosi, karena dapat menimbulkan interaksi negatif dan pertengkaran di antara kalian.


    (Baca Juga: Cara Memiliki Hubungan Yang Sehat Dengan Pasangan)


    Sifat saling terbuka dan jujur

    Melatih komunikasi yang terbuka dan jujur akan membuat hubunganmu dengan pasangan mejadi lebih awet dan sehat. Perlu dicatat, jangan selalu minta untuk dimengerti, sedangkan kamu tidak mengomunikasikan apa yang sedang kamu rasakan. Ada kalanya pasanganmu tidak bisa menangkap "kode-kode" yang kamu berikan.

    Luangkan sedikit waktu dengan bercerita hal yang kalian lalui. Dan hal terpenting juga berikan ruang untuk pasanganmu dan juga cintamu untuk dapat tumbuh serta mengencangkan kepercayaan satu sama lain.


    Cari tahu apa yang ia butuhkan

    (Peka dan pengertian, kamu harus juga tahu apa yang ia butuhkan. Foto: Dok. Mark Decile/Unsplash)

    Kamu perlu memahami bahwa ketika kamu dan si dia menghadapi masalah, terkadang yang kita perlukan dari pasangan adalah dukungan emosional agar kita merasa lebih baik dan cukup kuat untuk menghadapinya. Itu tak jadi masalah bila yang diperlukan pasanganmu adalah kritik dan saran. Namun, ia mereka merasa kesal karena ada kalanya yang ia perlukan pasangan hanyalah didengarkan dan dipahami.


    (Baca Juga: Kunci Hubungan Langgeng: Jaga Komunikasi)


    Itulah beberapa tips komunikasi efektif supaya hubunganmu lebih awet dengan pasangan. Mulai sekarang, cobalah untuk fokus pada apa yang kalian berdua inginkan, bukan pada hal yang tidak kamu inginkan. Semoga berhasil wujudkan komunikasi efektif bersama pasangan!


    (Penulis : Kandela Cikal)

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Maret 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles