Cara Memiliki Hubungan Yang Sehat Dengan Pasangan


  • Cara Memiliki Hubungan Yang Sehat Dengan Pasangan
    Cara untuk memiliki hubungan yang sehat agar tetap awet dengan pasangan. (Foto: Dok. Unsplash)

    Memiliki hubungan dengan pasangan tentunya tidak selamanya berjalan dengan baik. Terutama jika telah dijalin dalam waktu yang lama, belum tentu dapat dikategorikan sebagai hubungan yang sehat. Dibutuhkan upaya dari kedua pasangan agar dapat saling terbuka, berkembang, dan terasa menyenangkan. Oleh karena itu, lakukan cara ini untuk memiliki hubungan yang sehat dengan pasangan.


    (Baca Juga: Tanda-Tanda Hubungan Tak Sehat yang Wajib Diketahui)


    Ekspresikan perasaan dan kebutuhan


    Biasakan untuk mengungkapkan hal yang sedang kamu rasakan dan butuhkan kepada pasangan, jangan membiarkan dirinya menebak sesuatu yang tidak diketahui karena bisa mengarah pada kesalahpahaman. Kamu juga perlu belajar memahami perasaannya dan bersikap suportif saat ia sedang merasa tertekan atau menghadapi masalah. Sikap ini dapat meningkatkan rasa empatimu terhadap hal-hal yang ia rasakan dan selalu mengetahui kebutuhannya.



    Sediakan waktu untuk quality time


    Meskipun dapat berkomunikasi secara digital, melakukan aktivitas bersama secara tatap muka tetap dibutuhkan. Dilansir dari Help Guide, berkomunikasi secara digital tidak memiliki dampak yang sama bagi otak dan nervous system di dalam tubuh.


    Dalam situasi pandemi ini khususnya, kamu dapat merasa jauh dan tidak terhubung antara satu sama lain, ditambah dengan workload yang kadang meningkat selama work from home. Oleh karena itu, usahakan untuk bertemu pasanganmu dengan berkunjung ke rumahnya, menonton di drive-in cinema, atau makan siang/malam bersama di mobil untuk meningkatkan rasa emosional sebagai pasangan.



    Berikan ruang untuk pasangan


    Menjadi pasangan seseorang bukan berarti dirinya kamu miliki seratus persen. Kamu tidak bisa menuntut pasangan untuk memenuhi berbagai hal yang diinginkan karena pasanganmu tentunya memiliki kehidupannya sendiri. Oleh karena itu, berikan dirinya ruang untuk berkumpul bersama teman-teman dan keluarga. Jangan biarkan pasanganmu kehilangan dukungan emosional yang selama ini dimiliki, begitu juga sebaliknya.



    Jadi pendengar yang baik


    Menjadi pendengar yang baik dapat membangun hubungan dan koneksi yang lebih dalam dan kuat di antara kedua pasangan. Kamu perlu mengetahui waktu untuk berbicara dan harus mendengarkan saja.


    Ketika kamu benar-benar mendengarkan, kamu akan memahami perasaan yang ia coba sampaikan melalui intonasi suaranya. Seorang pendengar yang baik bukan berarti harus setuju pada sudut pandangnya, tetapi ini dapat membantumu melihat dari perspektifnya saat menyelesaikan sebuah masalah.


    (Baca Juga: 5 Dampak Dari Memaksakan Hubungan Toxic Yang Patut Diketahui)


    Belajar menyelesaikan konflik dengan menghargai pasangan


    Dalam menyelesaikan konflik, kamu harus terfokus dengan penyebab permasalahan tanpa menitikberatkannya pada pasanganmu. Ambil waktu sejenak agar dirimu dan pasangan menjadi lebih tenang sebelum menyelesaikannya. Jangan memulai argumen pada sesuatu yang tidak dapat diubah dan perhatikan kalimat yang kamu utarakan, usahakan untuk tidak menyerangnya.


    Hal lain yang tak kalah penting ialah belajar untuk memaafkan karena permasalahanmu tidak mungkin selesai jika kedua pihak tidak berusaha untuk memaafkan.



    Itulah beberapa cara untuk memiliki hubungan yang sehat dengan pasangan. Dari kelimanya, mana yang paling sulit untuk dilakukan?



    (Penulis: Aurelia Gracia)