Life & health

Cara Menata Ruang Rumah Agar Hoki Lancar di Tahun Kerbau

By : Shantica Warman - 2021-02-15 16:00:00 Cara Menata Ruang Rumah Agar Hoki Lancar di Tahun Kerbau


Dari e-talks series yang digelar Bank DBS Indonesia dan MRA Media Januari lalu, Jenie Kumala Dewi, pakar feng shui modern membagi ilmunya seputar penataan interior dan feng shui agar kehidupan lebih baik.

A house is much more than a mere shelter. I should lift us emotionally and spiritually. Kutipan arsitek terkenal, John Saladino tersebut sangat dirasakan kebenarannya, terutama saat kita sama-sama melalui masa pandemi. Rumah tidak hanya sebagai tempat mampir, tetapi tempat di mana sebuah keluarga melakukan aktivitas, yang berhubungan dengan produktivitas maupun hiburan. Rumah seharusnya menjadi tempat paling nyaman dan membawa kebahagiaan bagi seluruh keluarga.

Tahun ini kita memasuki tahun Kerbau Logam/Emas. Kerbau identik dengan kerja keras dan juga beban keluarga. Yang pasti di tahun ini semua tidak akan berjalan secepat Tahun Tikus. Gerakan kerbau lambat tapi pasti, jika ingin berbisnis atau berkarier harus melangkah satu per satu, penuh pertimbangan matang dan jangka panjang. Fokus pada keluarga & rumah. Seluruh anggota keluarga harus kompak dan saling mawas diri, sehingga ketika terdapat halangan atau konflik bisa teratasi dengan baik. Berikut pembahasan beberapa ruang yang memiliki aspek penting dalam kehidupan kita.


(Baca Juga: Tips Membersihkan Ruang Tamu Yang Paling Mudah Untuk Dicoba)


Ruang Tidur

Sepertiga waktu kita dalam sehari dihabiskan di kamar tidur, balancing our energy di sini. Pilih ranjang dengan headboard, letakkan bersandar di dinding stabil. Posisi pintu kamar mandi di dalam kamar jangan langsung menghadap ranjang. Hindari bentuk drop ceiling dan menumpuk barang-barang yang tidak dibutuhkan di sini.


Ruang Tamu

Pintu masuk utama rumah ibarat mulut, ruang tamu adalah perutnya. Seimbangkan ukuran pintu dengan ruang tamu. Ruang tamu harus terang, jangan ada barang-barang yang kurang baik untuk fengshui, seperti tanaman imitasi atau hewan yang diawetkan. 


Ruang Keluarga

Tahun ini adalah tahun yang berat untuk keluarga. Aktifkan ruang keluarga Anda, buatlah lebih nyaman agar anggota keluarga bisa betah & kompak. Di era digital seperti sekarang, ruang keluarga jarang dihuni. Dengan menata ulang ruang ini melalui perubahan sofa, penambahan lukisan, mengganti cat dinding, maka ruang keluarga bisa aktif kembali. 


(Baca Juga: 12 Rekomendasi Dried Flower Untuk Hadiah & Dekorasi Rumah)


Ruang Makan

Jantung rumah ada di ruang makan. Komponen paling penting untuk diperhatikan adalah meja makan. Meja makan harus kuat, kokoh dan stabil. Agar rejeki bisa lancar dan stabil. 


Dapur

Di sini tempat kita memasak makanan yang merupakan sumber rejeki, sumber kesehatan, sumber kelancaran kehidupan. Selain harus terang, jangan ada meja tengah (island). Dari segi fengshui kurang bagus karena menghalangi penghuni rumah. Sekolah atau karier bisa terhambat. 


Gudang & WC

Jangan segan merotasi (memakai, mendonasi, membuang) barang di gudang, sehingga isinya tidak terlalu penuh. Gudang yang penuh membuat rumah menjadi tidak seimbang, akhirnya ada yang stuck misalnya karier, rejeki atau hubungan suami istri. WC juga harus diperhatikan jangan sampai ada yang mampet.

Life & health