Tips Agar Dapat Tidur Nyenyak Di Malam Hari


  • Tips Agar Dapat Tidur Nyenyak Di Malam Hari
    Tips untuk kamu dapat tidur nyenyak di malam hari (Foto: Dok.Kinga Cichewicz/unsplash)

    Untuk kamu yang sering mengalami fisik yang lelah, kamu perlu mengetahui pola tidurmu setiap malam. Penelitian menunjukkan bahwa kurangnya tidur dapat menyebabkan efek negatif langsung pada hormon, kinerja olahraga dan fungsi otak. Selain itu, kurangnya tidur dapat menjadikan kamu bertambahnya berat badan sehingga dapat meningkatkan risiko penyakit.


    Oleh karena itu, kamu perlu melakukan tidur yang nyenyak secara teratur sehingga dapat menjadikan kamu terhindar dari penyakit karena tidur yang cukup itu adalah hal penting yang perlu kamu lakukan. Berikut adalah cara agar dapat tidur nyenyak di malam hari.




    1. Tingkatkan Eksposur Cahaya Terang di Siang hari

    (Kamu perlu terkena paparan cahaya sinar matahari agar dapat tidur nyenyak. Foto: Dok. Dániel Göndör/unsplash)

    Sinar matahari yang alami di siang hari dapat menjaga ritme sirkadian kamu untuk tetap sehat. Selain itu, cahaya matahari juga dapat meningkatkan energi serta kualitas dan durasi tidur malam. Sebuah studi serupa pada orang dewasa yang lebih tua menemukan bahwa 2 jam paparan cahaya terang di siang hari dapat meningkatkan jumlah tidur sebanyak 2 jam dan efisiensi tidur hingga 80%. Sehingga kamu perlu keluar rumah untuk mendapatkan cahaya matahari di siang hari.


    2. Tidak Mengonsumsi Kafein di Sore Hari

    (Kamu perlu mengurangi kafein di sore hari agar dapat tidur nyenyak. Foto: Dok. Ben Kolde/unsplash)

    Dalam sebuah penelitian, bahwa mengonsumsi kafein pada 6 jam sebelum tidur. Maka, akan memperburuk kualitas tidur kamu di malam hari. Oleh karena itu, kamu tidak disarankan untuk meminum kopi dalam jumlah yang banyak setelah pukul 3 sore. Kamu juga dapat mengonsumsi kopi tanpa kafein di malam hari.


    (Baca Juga: Menimbang Baik dan Buruk Kafein bagi Tubuh)


    3. Mengurangi Tidur Siang dengan Tidak Teratur

    (Kurangi tidur siang secara tidak teratur agar dapat tidur nyenyak. Foto: Dok.Gregory Pappas/unsplash)

    Jika kamu sering tidur di siang hari secara tidak teratur, kamu akan kesulitan untuk tidur di malam hari. Karena tidur di siang hari dapat menyebabkan kekacauan pada jam internal kamu sehingga jam tidur malam akan terganggu.


    4. Tidur dan Bangun Pada Waktu Konsisten

    (Kamu perlu bangun dan tidur dengan menggunakan waktu yang konsisten. Foto: Dok.Kinga Cichewicz/unsplash)

    Konsisten dengan waktu tidur dan bangun, dapat membuat kamu dapat tidur dengan waktu yang cukup lama. Lalu, satu studi mencatat bahwa peserta yang memiliki pola tidur tidak teratur dan tidur larut malam pada akhir pekan melaporkan kurang tidur. Maka, kamu perlu tidur dengan pola yang teratur.


    (Baca Juga: Ketahui Baik Dan Buruk Olahraga Malam Sebelum Tidur)


    5. Tidak Minum Alkohol

    (Kamu perlu meninggalkan kebiasaan minum alkohol agar kamu dapat tidur dengan nyenyak di malam hari. Foto: Dok.Helena Lopes/unsplash)

    Jika kamu sering minum alkohol di malam hari, dapat menjadikan kamu sulit tidur seperti meningkatnya gejala apnea tidur, mendengkur dan pola tidur yang terganggu sehingga dapat berdampak negatif pada tidur dan hormon kamu.

    Dari 5 tips untuk tidur nyenyak di atas, mana yang belum kau ketahui?


    (Penulis: Sania Zelikha)