Hal yang Patut Diketahui Tentang Sustainable Fashion


  • Hal yang Patut Diketahui Tentang Sustainable Fashion
    Kini waktu yang tepat bagi kita untuk lebih memperhatikan konsep “Sustainable Fashion” untuk keberlangsungan lingkungan dan kemanusiaan (Foto:Dok.socialcut/unsplash)


    Tak berhenti sejak tahun lalu, sustainable fashion kini masih menjadi konsep sejumlah desainer saat merancang ragam busana untuk orang banyak. Bahkan kini, ide ini juga jadi salah satu yang semakin populer diperbincangkan sebagai aksi penyelamatan bumi. Namun, apa sebenarnya arti dari Sustainable fashion?

    Sustainable fashion merupakan sistem pola pikir yang mempertimbangkan dampak lingkungan, sosial, dan ekonomi pada keseluruhan daur hidup produk. Mulai dari tahap pra produksi, proses produksi, distribusi, dan pascaproduksinya. Bukan hanya untuk desainer atau produsen baju saja, namun konsumen pun juga turut serta melakukan prinsip-prinsip ini demi keberlanjutan lingkungan kita.




    Infografis Sustainable Fashion (Foto:Dok.Freepik)


    Faktanya, pakaian merupakan salah satu penyumbang polusi terbesar pada lingkungan, yaitu 10 persen emisi karbondioksida global dihasilkan oleh industri fesyen, industri aviasi (penerbangan) menghasilkan 2 persen, pencemaran air, perubahan iklim, dan sederet isu lingkungan lainnya. Selain itu, isu-isu kemanusiaan seperti upah buruh pekerja di bawah standar atau eksploitasi anak yang juga erat hubungannya dengan fast fashion.


    (Baca Juga: Indonesia Fashion Week 2020 Promosikan Sustainable Fashion)


    Maraknya desainer lokal maupun internasional menyuarakan Sustainable Fashion dalam karyanya di ajang peragaan busana. (Foto:Dok.Utopia By Cho/Unsplash)


    Beberapa dari brand internasional pun sudah mulai mencoba konsep sustainable, diantaranya adalah H&M Conscious, Levi’s, Columbia. Sedangkan dari Indonesia adalah Seratus Kapas, Kana Goods, Hlaii, Cinta Bumi dan Biasa. Meski harganya cenderung lebih tinggi, namun seimbang dengan lebih sedikitnya peluang untuk mencemarkan bumi dan lingkungan.


    (Baca Juga: 8 Brand Fashion Yang Luncurkan Koleksi Ramah Lingkungan)


    Ribbed Turtleneck Sweater adalah salah satu pakaian H&M Conscious. (Foto:Dok.SUSTAINABLE WOMEN'S CLOTHING/H&M)


    Mengetahui nilai mana yang diri kita dukung, selalu ada dampak positif maupun negatif bagi keberlangsungan lingkungan dan kemanusiaan dalam setiap pilihan kita dalam berpakaian. Karena itu, sekarang ini mungkin adalah waktu yang tepat bagi kita semua untuk lebih memperhatikan konsep Sustainable Fashion. Apa kamu siap melangkah menuju perubahan?


    (Penulis : Kandela Cikal)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below