Hubungan Tidak Sehat, Ketahui Tanda-tandanya!


  • Hubungan Tidak Sehat, Ketahui Tanda-tandanya!
    ika hubungan kamu mulai melelahkan dan tidak bahagia, sepertinya kamu terjebak dalam Toxic Relationship (Foto:Dok.RODNAE Production/Pexels)

    Nyatanya setiap hubungan tidak selamanya berjalan dengan mulus. Berbagai rintangan pun bisa datang silih berganti. Namun apa jadinya bila hubungan dikatakan mulai tidak sehat, dan bisa disebut sebagai toxic relationship?

    Toxic relationship adalah suatu hubungan yang sudah tidak sehat dan berdampak buruk bagi keadaan fisik maupun mental seseorang. Jenis hubungan yang satu ini juga bisa terjadi di dalam lingkungan teman dan keluarga. Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka sedang terjebak dalam toxic relationship. Agar kamu tidak terjerat berikut tanda-tandanya.


    1. Sifat yang mendominasi

    Ia yang mulai mencampuri dan mengontrol semua urusanmu, hingga memaksa kehendaknya agar kamu menurutinya adalah salah satu fenomena yang sering terjadi. Tanda yang paling terlihat jelas dari toxic relationship adalah salah satu pihak selalu mengontrol pihak lainnya dan bersifat mendominasi. Sebaiknya kamu mulai menjaga jarak ketika kamu mulai merasakan tekanan ini.


    (Baca Juga: 5 Dampak Dari Memaksakan Hubungan Toxic Yang Patut Diketahui)


    2. Tidak adanya dukungan


    Setiap orang, termasuk dirimu pasti membutuhkan dukungan atau apresiasi dalam segala hal yang kamu telah atau akan kamu capai. (Foto:Dok.RODNAE Production/Pexels)


    Bukannya mendapat dukungan dan apresiasi, kamu justru mendapatkan perkataan kasar dan kritik yang tidak membangun yang justru mempengaruhi mentalmu. Tidak jarang hal ini membuat mental semakin down dan tidak percaya diri. Jalani hubungan yang selalu memberi dukungan satu sama lain, bukan malah saling berkompetisi dan iri hati.


    3. Posesif

    Hubungan bisa dikatakan toxic ketika seseorang sudah terlalu posesif. Wajar bila rasa cemburu dalam hubungan antar pasangan sebenarnya merupakan reaksi yang normal sebagai salah satu bentuk kepedulian. Namun, akan sangat menganggu bila menanggapinya dengan berlebihan, seperti mulai menyita dan membuka handphone-mu dan memintamu memberikan privasimu. 


    (Baca Juga: 5 Cara Mudah Untuk Keluar Dari 'Toxic Relationship')


    4. Tidak ada kata "maaf"


    Hati-hati bila kamu terjebak dalam Toxic Relationship, salah satunya dengan tidak adanya kata "maaf." (Foto:Dok.RODNAE Production/Pexels)


    Tidak ada masalah yang terselesaikan dengan baik, seperti ia hanya mendiamkan kamu sampai kamu menyerah dan pura-pura melupakan masalah tersebut atau justru menunggumu untuk minta maaf duluan. Bukan hanya kekerasan verbal, jika sudah ada kekerasan fisik di dalamnya maka hubunganmu sudah sangat toxic dan paturu dihindari. Pasangan yang tidak sehat secara emosional sering kali akan “main tangan” jika terjadi perselisihan dalam hubungan. 

    Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengenali tanda-tanda toxic relationship dan segera mengambil keputusan yang tepat jika itu terjadi pada hubunganmu. Sebesar apa pun rasa sayangmu terhadap dirinya, percayalah bahwa kamu pantas untuk bersama dengan orang yang bisa menghargai, menghormati, dan menyayangimu dengan tulus.


    (Penulis : Kandela Cikal)

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Marsha Timothy April 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles