5 Dampak Dari Memaksakan Hubungan Toxic Yang Patut Diketahui


  • 5 Dampak Dari Memaksakan Hubungan Toxic Yang Patut Diketahui
    Dampak dari memaksakan hubungan yang tak sehat (Foto:Dok/Pexels/Pixabay)


    Mungkin kamu pernah mendengar istilah cinta itu buta ketika menonton film romantis atau saat membaca buku tentang jatuh cinta. Atau bahkan kamu salah satu yang merasakannya saat ini?

    Mempertahankan hubungan asmara dengan pasanganmu bukanlah hal salah untuk dilakukan, namun jika kamu lebih sering merasa stres, ketakutan bahkan mengganggu fokusmu saat menjalin hubungan, mungkin itu tanda bahwa ikatanmu tak lagi sehat. Justru saat dipaksakan, akan berdampak buruk bagimu. Apa saja? 

    (Baca Juga: 5 Cara Mudah Untuk Keluar Dari 'Toxic Relationship')


    1. Membangun ruang negatif

    Saat kamu memaksakan hubunganmu bersama pasangan, kamu hanya membangun ruang negatif di dalam hidupmu. Dampaknya selain untuk berpikiran positif, perasaan sedih, marah dan khawatir berlebih kerap mengganggumu. Oleh sebabnya, jika memang hubunganmu tak lagi sehat, ada baiknya untuk dilepaskan.

    "Secara keseluruhan, hubungan tidak seharusnya membuatmu merasa tidak aman, sedih, marah, buntu atau kebingungan," jelas Elle Huerta kepada Elite Daily.


    2. Masalah kesehatan

    Hubungan yang tidak sehat kerap buat diri sulit untuk mengontrol emosi bahkan bisa sampai membuat stres berkepanjangan. Jika dibiarkan, tak hanya kesehatan mentalmu yang terkena dampak, tapi juga kesehatan tubuhmu. Seperti sakit kepala, migren, obesitas bahkan serangan jantung.



    3. Fokus terganggu

    Memiliki keinginan untuk menyelamatkan hubunganmu demi bisa hidup bersama kekasihmu memang bukanlah pilihan yang salah, namun jika cara ini hanya dilakukan oleh sepihak, hal ini akan berdampak buruk bagimu. 

    Salah satunya yang mungkin bisa terjadi adalah fokusmu yang akan terikat pada hubungan asmara. Alhasil pekerjaan dan lainnya menjadi terlantar. 

    (Baca Juga: 7 Tanda Toxic Relationship Yang Harus Diketahui)


    4. Kehilangan kepercayaan diri

    Hal lain yang mungkin terjadi saat kamu memaksakan jalinan cintamu, rasa percaya dirimu bisa jadi terkikis secara perlahan. Kamu pun akan lebih mudah tersinggung dan banyak menyalahkan diri sendiri.

    Melansir laman Lifehack tanda hubungan sehat ketika kamu dan pasangan bisa saling mendukung satu sama lain dan bekerja sebagai team. Bahkan keduanya bisa berbagi pengalaman dan merencanakan sesuatu bersama-sama.


    5. Kehilangan seseorang yang tulus

    Mempertahankan hubungan yang toxic hanya akan membuang-buang waktumu lebih banyak. Lebih buruknya lagi kamu akan semakin lama untuk bertemu dengan orang yang tepat dan tulus mencintaimu.

    Oleh sebabnya, lepaskanlah hubungan asmara yang tak lagi berjalan dengan baik. Semakin cepat, kamu akan lebih fokus untuk move on dan membuka hati kembali.

    Itu dia sejumlah dampak buruk dari mempertahankan hubungan asmara yang tak lagi sehat.