Penyebab Perceraian Yang Paling Umum Terjadi


  • Penyebab Perceraian Yang Paling Umum Terjadi
    (Penyebab Perceraian yang terjadi di keluarga . Foto:Dok.JustinFollis/unsplash)

    Selama hidup dalam pernikahan, pasti akan ada timbulnya masalah yang menyebabkan emosi seperti kemarahan dan kesedihan. Namun, kamu perlu tetap menjalankan kehidupan. Perceraian menjadi permasalahan utama pada pernikahan yang sering terjadi di keluarga. Sebaiknya kamu perlu mengetahui apa yang mengakibatkan terjadinya perceraian dari mulai awal pernikahan. Berikut penyebab perceraian paling umum di pernikahan.

    1. Keuangan

    Penyebab yang paling sering terjadi di pernikahan yaitu finansial (Foto: Raychan/unsplash)

    Sering kali pasangan suami dan istri mengalami perceraian yang diakibatkan adanya permasalahan finansial di dalam keluarga. Kebutuhan bagi wanita maupun pria memang perlu di kehidupan sehari-hari. Namun, memang tidak seperti apa yang dirasakan bahwa finansial terhadap keluarga belum terpenuhi sehingga menyebabkan perceraian bagi pasangan.

    2. Kekerasan dalam Rumah Tangga

    Kekerasan dalam rumah tangga menyebabkan perceraian (Foto: Icons8 Team/unsplash)

    Emosi memang sulit untuk dikendalikan bagi pria maupun wanita, kekerasan dalam rumah tangga sering terjadi di lingkungan keluarga sehingga terjadi perceraian. Akibat dari kekerasan dalam rumah tangga seperti ini akan membuat buah hati menjadikan hal tersebut sebagai contoh di masa depan.

    (Baca Juga: 5 Cara Merayakan Hari Valentine yang Unik Bersama Pasangan)

    3. Perselingkuhan

    Selingkuh dapat menimbulkan perpecahan di antara hubungan pasangan (Foto: MilanPopovic/unsplash)

    Mempunyai perasaan berbeda dengan pasangan sering sekali terjadi di lingkungan pernikahan. Selingkuh dengan orang lain adalah perbuatan yang menimbulkan kekacauan bagi pasangan dan dapat menghancurkan hubungan pasangan dengan mengakibatkan perceraian yang luar biasa. 

    4. Berkurangnya Keintiman 

    Perlu melakukan kedekatan dengan pasangan untuk mempertahankan hubungan pernikahan (Foto: KateKozyrka/unsplash)

    Perceraian juga dapat diakibatkan oleh kurangnya berhubungan seks terhadap pasangan. Selain itu, kamu juga dapat melakukan hal lainnya untuk menghindar terjadinya perceraian seperti menanyakan kabar, kecupan di pipi, pelukan dan sebagainya sehingga pasangan tetap merasakan keberadaan kamu di sisinya.

    (Baca Juga: Buat Pria Jatuh Cinta Kepadamu Menurut Sains)

    5. Perubahan Sifat

    Berubahnya sifat juga menjadi salah satu penyebab perceraian (Foto:JDMason/unsplash)

    Terlalu lama berpisah dapat membuat pasangan memiliki perasaan yang berubah dan juga sifat yang berbeda terhadap pasangan sehingga terjadinya perceraian dalam hubungan. Untuk menghindar terjadinya perceraian, kamu perlu selalu berada di sisi pasangan agar perubahan dalam hubungan tidak terjadi.

    Dari penyebab perceraian di atas, penyebab mana yang kamu belum ketahui?

    (Penulis: Sania Zelikha)