Melatih Kreativitas Anak, Ini Fakta Menarik Paper Mashi


  • Melatih Kreativitas Anak, Ini Fakta Menarik Paper Mashi
    Fakta menarik paper mache dan cara sederhana membuatnya di rumah. (Foto: Dok. Como Fazer em Casa Official Website)

    Memanfaatkan limbah kertas untuk disulap menjadi sebuah barang merupakan langkah terbaik guna mengurangi penumpukan sampah. Selain menjadi bagian dari alat tulis menulis, kertas juga memiliki nilai seni cukup tinggi. Paper mashi atau dalam Bahasa Prancis bernama papier mâché, merupakan teknik kerajinan populer yang menggunakan potongan kertas untuk membuat berbagai objek.


    (Baca juga : 5 Ide Kado Valentine Buatan Sendiri)




    Menurut istilahnya, paper mashi berarti kertas kunyah. Hal ini merujuk pada langkah-langkah proses pembuatan kerajinan tangan yang menggunakan bahan dasar kertas yang sudah dihaluskan telebih dahulu oleh mesin khusus. Untuk membuat kerajinan tangan menggunakan teknik paper mashi, yang kamu butuhkan hanya setumpuk kertas tidak terpakai.


    Dengan metode paper mashi kamu bisa mendapatkan hiasan rumah aesthetic seperti vas bunga dan kotak tissue, simak dulu yuk, penjelasan tentang paper mashi yang belum banyak orang tahu. Bisa bikin kita lebih kreatif, lho!


    1. Sejarah awal terciptanya paper mashi

    paper mashi

    (Sejarah awal terciptanya paper mashi. Foto: Dok. Tanya Pisarchuk/Pexels)


    Saat ini, paper mashi cukup populer untuk seni membuat kerajinan tangan. Bahkan paper mashi kerap hadir di acara ulang tahun hingga parade, dalam bentuk piñata dan kendaraan hias karnaval. Tapi tahukah kamu? Meski paper mashi lebih dikenal menggunakan istilah dalam bahasa Prancis, tetapi metode kerajinan tangan menggunakan kertas bekas ini bukanlah berasal dari sana sampai pertengahan abad ke-17.


    Paper mashi tentu berasal dari Tiongkok, negara penemu kertas itu sendiri. Paper mashi pertama kali digunakan untuk membuat helm untuk para prajurit dari Dinasti Hans (BC 202 – 220 M). Kemudian metode paper mashi menyebar ke negara Jepang hingga Persia untuk membantu pembuatan topeng serta ornamen dan kegiatan festival lainnya.


    Lantas mengapa bisa dikenal dalam bahasa Prancis? Hal ini disebabkan karena Prancis merupakan negara pertama di benua Eropa yang mengadopsi metode paper mashi untuk memproduksi mainan anak sampai pajangan rumah. Selain di Prancis, paper mashi juga berkembang pesat di Inggris Raya pada abad 18.


    2. Paper mashi karya seniman yang pernah viral

    Jangan dianggap sepele, beberapa paper mashi karya seniman ternama yang pernah viral karena bentuknya unik dan mencolok. Salah satunya adalah Sergio Bustamante. Paling terkenal dengan karya paper mashi-nya yang fantastis, seniman asal Meksiko ini kerap menampilkan kerajinan tangan yang berhubungan dengan alam.


    Dari Seattle, Amerika Serikat, ada seniman Kim Graham yang berhasil membuat dunia terpukau dengan hasil paper mashi-nya berbentuk troll raksasa. Terbuat dari kardus dan kayu reklamasi, paper mashi dari Kim Graham sukses jadi sorotan media internasional.


    paper mashi

    (Paper mashi karya Kim Graham “Giant Troll” yang pernah viral. Foto: Dok.Handmadness)


    Kemudian adapula seniman wanita Mélanie Bourlon yang juga terkenal dengan karya paper mashi-nya berbentuk hewan. Menghadirkan twist dengan menjadikan paper mashi hewannya bergaya seperti manusia, karya-karya dari Mélanie Bourlon cukup menarik untuk dilihat.


    (Baca juga : Tips Mengelola Sampah Sendiri)


    3. Paper mashi buatan negara India tidak kalah populer

    Produk paper mashi dari negara India begitu populer di seluruh dunia. Mulai dari bintang dekoratif untuk perayaan Natal hingga lampu listrik, berbagai macam produk dapat terbuat dari paper mashi dengan kualitas tinggi.


    Paper mashi di India mulai berkembang pada abad ke-14 oleh mistikus Persia Mir Syed Ali Hamdani. Seiring berjalanannya waktu, pengrajin seni rupa di India menambahkan ciri khas unik ke dalam paper mashi produksi mereka sendiri.


    4. Manfaat baik paper mashi untuk anak-anak

    Sama seperti mainan lainnya, paper mashi dianggap efektif untuk melatih perkembangan motorik, bahasa dan komunikasi, sosial, emosional, dan kognitif. Merupakan aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan di rumah, paper mashi membuat pandangan anak-anak terhadap seni sederhana jadi lebih berkembang.


    Meski ruangan akan berantakan setelah membuat paper mashi, tetapi rasa ingin tahu anak-anak semakin tajam dengan menggunakan indra mereka untuk mengeksplorasi tekstur baru. Maka jangan takut untuk mengajak anak mengeksplor imajinasi mereka dengan aktivitas paper mashi.


    5. Cara sederhana membuat kerajinan paper mashi

    paper mashi

    (Cara sederhana membuat paper mashi untuk anak-anak. Foto: Dok. Vlada Karpovich/Pexels)


    Supaya tidak bingung dalam mempraktekan metode paper mashi untuk bersenang-senang bersama anak di rumah, ikuti saja cara sederhana berikut ini.

    1. Sediakan potongan kertas koran atau kertas biasa yang tidak terpakai

    2. Buat lem perekat dengan mencampurkan 6 sendok makan tepung terigu dan air putih biasa. Aduk hingga mendapat kekentalan seperti lem kertas

    3. Tiup satu balon sampai berukuran besar

    4. Oleskan lem perekat tadi di atas permukaan balon menggunakan kuas

    5. Lalu tempelkan potongan kertas tadi pada balon dan oleskan kembali lem perekat

    6. Ulangi menempelkan potongan kertas hingga menutupi permukaan balon


    (Baca juga : Wajib Follow Akun Instagram Ini Untuk Panduan Kelola Sampah)


    Melatih kreativitas anak-anak, inilah dia fakta menarik dan cara sederhana membuat paper mashi yang wajib kamu tahu. Cocok untuk mengisi waktu luang!



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below