Inilah 5 Cara Menggosok Gigi Yang Benar Untuk Anak-Anak


  • Inilah 5 Cara Menggosok Gigi Yang Benar Untuk Anak-Anak
    Cara menggosok gigi yang benar untuk anak-anak. (Foto: Dok. Cottonbro/Pexels)

    Menjaga kesehatan gigi dan mulut merupakan salah satu hal kecil yang sering dianggap sepele namun akan berdampak besar di masa depan. Maka dari itu, orang tua memiliki peran penting dalam mengajarkan anak-anak mereka cara menggosok gigi yang benar sedari dini. Jadikan kebiasaan sehat, anak-anak pun akan paham dengan sendirinya seberapa penting merawat kesehatan gigi dan mulut.


    Umumnya, orang tua mulai memperhatikan kesehatan gigi dan mulut anak sesaat setelah gigi susu pertama mereka tumbuh ketika masih bayi. Setelah sang anak tumbuh besar, barulah mereka diperlihatkan cara menggosok gigi yang benar supaya terhindar dari resiko gigi berlubang atau gigi berkarang.




    (Baca Juga: Gigi Kuning Karena Kopi, Begini Cara Menghilangkannya)


    Cegah kerusakan gigi sejak dini, simak cara menggosok gigi yang benar untuk anak-anak beserta tips untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut bagi si kecil. Para orang tua wajib tahu!


    1. Oleskan pasta gigi secukupnya

    Tentu saja langkah pertama yang harus dilakukan sebelum menggosok gigi adalah mengoleskan pasta gigi di atas bulu sikat. Untuk takaran anak-anak berusia 3 sampai 6 tahun, pasta gigi ketika dioleskan tidak dianjurkan lebih dari sebesar kacang polong.

    Sedangkan untuk anak-anak yang masih balita, alangkah baiknya mengoleskan pasta gigi di atas bulu sikat sebesar biji beras. Bukan tanpa harus mengoleskan pasta gigi secukupnya saja, sebab jika anak-anak terlalu menggunakan pasta gigi berlebihan hal tersebut akan mengganggu tumbuh kembang gigi susu si anak.


    2. Perhatikan cara si anak memegang sikat gigi

    Cara menggosok gigi yang benar

    (Cara menggosok gigi yang benar untuk anak-anak, harus memegang sikat gigi dengan kemiringan 45 derajat. Foto: Dok. RODNAE Productions/Pexels)


    Meski tampak sepele, namun cara memegang sikat gigi berpengaruh pada kebersihan mulut. Perlu diingat jika cara menggosok gigi yang benar untuk anak-anak adalah dengan memegang bulu sikat hingga kemiringan 45 derajat. Bila kebersihan gigi dan mulut terjaga, maka perlihatkan pada anak untuk menghadapkan bulu sikat gigi ke arah gusi bagian atas dan bawah.


    (Baca Juga: Inilah Cara Memutihkan Gigi Secara Alami!)


    3. Mulailah sikat gigi secara lembut dan perlahan

    Pastikan posisi sikat gigi dengan kemiringan 45 derajat, mulailah menggosok gigi anak pelan-pelan. Tidak perlu terburu-buru, lakukan dengan gerakan melingkar selama 20 detik dari gigi depan hingga bulu sikat menyentuh seluruh gigi bagian dalam.


    4. Jangan lupa untuk menyikat bagian lidah

    Cara menggosok gigi yang benar

    (Cara menggosok gigi yang benar untuk anak-anak, jangan sampai lupa menyikat bagian lidah. Foto: Dok. RODNAE Productions/Pexels)


    Selain gigi, bagian dalam mulut seperti lidah juga jangan sampai ketinggalan untuk disikat. Agar bakteri dan kotoran sisa-sisa makanan yang masih menempel tersingkirkan, menyikat bagian lidah tidak jauh berbeda seperti sedang membersihkan gigi.

    Digosok secara perlahan dengan gerakan lembut, menyikat lidah bisa dilakukan sebanyak 2 sampai 3 kali hingga lidah terasa sudah benar-benar bersih.


    5. Akhiri dengan berkumur

    Setelah proses menyikat gigi dan seluruh permukaan dalam mulut sudah selesai, arahkan si anak untuk berkumur guna membuang semua busa pasta gigi serta kotoran rongga mulut. Ketika anak sedang berkumur, orang tua wajib memperhatikan si anak supaya mereka tidak menelan air kumuran ke dalam perut.

    Akan berbahaya bagi kesehatan jika si anak menelan air kumuran setiap kali selesai gosok gigi karena rasanya yang manis dan segar. Pastikan untuk tidak melepas pandanganmu dari mereka, ya.


    Tips sederhana menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak-anak

    Cara menggosok gigi yang benar

    (Selain menggosok gigi dengan benar, inilah tips sederhana menjaga kesehatan mulut. Foto: Dok. Cottonbro/Pexels)


    Cara menggosok gigi yang benar patut diajari meskipun mereka masih berusia belia. Supaya lebih maksimal, ini dia tips menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak selain rajin sikat gigi.


    1. Meski terlihat menggoda, namun alangkah baiknya untuk membatasi anak-anak jajan camilan manis seperti cokelat batang dan permen demi menghindari kerusakan gigi yang parah di masa depan


    2. Tidak ada salahnya mengonsumsi makanan yang mengandung gula sesekali. Bila ingin gigi susu anak tetap sehat, maka biasakan mereka dengan memberinya camilan yang kaya akan vitamin dan nutrisi


    3. Mengurangi peradangan pada gigi, ajarkan anak-anak cara menggunakan benang gigi (dental floss) guna menyingkirkan sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi


    4. Selain menghindrasi dehidrasi, biasakan anak-anak untuk rajin minum air putih supaya membersihkan sisa makanan yang asam dan lengket dari rongga mulut


    (Baca Juga: 5 Faktor Penyebab Gigi Sensitif)


    Edukasi mereka dengan ilmu dasar sederhana, inilah dia deretan cara menggosok gigi yang benar untuk anak-anak berserta tips sederhana menjaga kesehatan gigi dan mulut.



    (Penulis: Nabila Marshanda Aliescha)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below