Review Film: ‘Teka-Teki Tika’


  • Review Film: ‘Teka-Teki Tika’
    Sheila Dara memerankan Tika. (Foto: Dok. Sheila Dara Aisha/Instagram)

    Jika ada satu hal yang dipelajari sebagian besar orang selama hampir dua tahun hidup berdampingan dengan virus COVID-19 yaitu keluar dari zona nyaman. Hal serupa juga dirasakan oleh sutradara dan komika, Ernest Prakasa. Setelah lima tahun berturut-turut duduk di bangku sutradara, ia pun memutuskan untuk rehat pada tahun 2020 dengan tidak memproduksi film yang menjadi salah satu penantian masyarakat di akhir tahun.


    Siapa sangka satu tahunnya memilih untuk tak memproduksi sebuah karya justru membuat Ernest terdorong menghasilkan film yang jauh dari zona nyamannya. Selama lima tahun, para penonton dibuat tertawa terbahak-bahak, berhasil juga berderai air mata, sekaligus membuat tiap-tiap pribadi keluar bioskop membawa pesan dari film karyanya.




    Jadi, ketika drama thriller komedi menjadi genre film keenam Ernest, berbagai pertanyaan mulai mengelilingi film yang diberi judul Teka Teki Tika. Sebuah film yang tak hanya membuat Ernest gelisah dan insecure akan reaksi penonton, tetapi juga menantang para pencinta film untuk keluar dari zona nyaman mereka setiap kali menonton film arahan Ernest Prakasa menjelang akhir tahun.


    (Baca Juga: Review Film: ‘YUNI’)


    Film ini mengisahkan keluarga Budiman Limanto (Ferry Salim), seorang kontraktor kaya raya yang sedang merayakan hari ulang tahun pernikahan Budiman dan sang istri, Sherly Winata (Jenny Zhang). Kedua putranya bersama pasangan masing-masing, Arnold (Dion Wiyoko) dan Laura (Eriska Rein), serta Andre (Morgan Oey) dan Jane (Tansri Kemala) pun turut merayakan hari spesial kedua orang tua mereka.


    Namun hari istimewa tersebut dibuat menegangkan dengan kehadiran seorang wanita muda bernama Tika (Sheila Dara Aisha). Tak hanya datang secara tak terduga, Tika pun mengaku sebagai putri kandung dari Budiman. Situasi keluarga Budiman pun berhasil dibuat kacau dengan berbagai fakta yang berhasil diungkapkan oleh Tika.


    teka teki tika

    (Keluarga Budiman dan Sherly dalam film Teka Teki Tika. Foto: Dok. Morgan Oey/Instagram)


    Sheila Dara Aisha sukses berikan misteri pada sosok Tika

    Dalam film drama thriller pertamanya, Ernest Prakasa menggandeng aktris dan penyanyi, Sheila Dara Aisha. Sebelumnya, Sheila terlibat dalam beberapa film seperti Marmut Merah Jambu, Ratu Ilmu Hitam, dan Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Dengan Tika menjadi pusat dalam cerita ini, Sheila Dara Aisha berhasil hidupkan karakter tersebut.


    Wanita muda yang datang tak terduga dengan lagak tengil dan tanpa merasa telah menghancurkan malam istimewa sebuah keluarga, Sheila, melalui Tika, berhasil tunjukkan karakter tersebut melalui gestur dan ekspresinya. Namun, penonton tetap bisa menangkap sosok Tika yang juga berhati baik dalam beberapa adegan.


    (Baca Juga: Spiderman: No Way Home Segera Tayang, Hal Apa Yang Menarik?)


    Hadirkan segelintir komedi di dalamnya

    Film Teka Teki Tika mungkin jadi film Ernest yang tak bergenre komedi, tetapi bukan berarti kamu akan kehilangan komedi Ernest yang khas dalam tiap-tiap filmnya. Sosok Jane yang diperankan oleh Tansri Kemala menjadi pencair suasana dalam beberapa adegan sehingga selama menonton, kamu tak akan keluar dengan tensi yang tinggi.


    Mulai dari obat merah hingga ramalan shio, komedi khas Ernest pun tetap dihadirkan dalam film ini. Jadi kamu tak perlu khawatir jika ingin menyaksikan film Ernest tetapi ragu tak akan dapat tawa di dalamnya.


    (Ferry Salim dan Jenny Zhang sebagai Budiman dan Sherly. Foto: Dok. Teka Teki Tika/Instagram)

    Ungkapkan keresahan seorang Ernest

    Di balik zona baru yang dieksplorasi Ernest berhasil membuat penasaran akan hasilnya, melalui Teka Teki Tika, sang sutradara juga mengungkapkan keresahannya akan isu korupsi yang banyak terjadi di Indonesia. Secara halus, memberikan gambaran akan domino effect yang bisa terjadi melalui tindakan korupsi. Cara halus seorang Ernest dalam menyampaikan realita yang terjadi selama ini.


    (Baca Juga: Ini 6 Film Terbaru Yang Tayang di Bulan Desember 2021)


    Sudah tayang di bioskop sejak 23 Desember 2021, Teka Teki Tika karya Ernest Prakasa ini bisa jadi caramu untuk nikmati liburan bersama keluarga sekaligus keluar dari zona nyaman juga, apalagi jika kamu jadi penonton setia film Ernest dari tahun ke tahun. Selamat menonton!






  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Review Film: 'John Wick 3: Parabellum'

Review Film: 'John Wick 3: Parabellum'

oleh Hafizah Rana Dalilah

Review Film: 'Instant Family'

Review Film: 'Instant Family'

oleh Rahman Indra

Review Film : 'Dolittle'

Review Film : 'Dolittle'

oleh Hafizah Rana Dalilah

Advertisement - Continue Reading Below