Penyakit Yang Ditimbulkan Akibat Selingkuh


  • Penyakit Yang Ditimbulkan Akibat Selingkuh
    Sakit karena selingkuh? Bisa! (Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)

    Berdasarkan survei yang dilakukan American Association for Marriage and Family Therapy, sekitar 15 persen wanita dan 25 persen pria yang telah menikah dilaporkan pernah selingkuh. Pada dasarnya, selingkuh memang bisa memberikan dampak negatif pada hubungan. Namun, tahukah kamu bahwa selingkuh juga bisa menimbulkan penyakit fisik pada pelaku atau korbannya. Berikut ini penyakit yang ditimbulkan akibat selingkuh.


    Tekanan emosional

    Selingkuh bisa memengaruhi kesehatan mental seseorang, misalnya seperti korban yang terus menyalahkan diri sendiri atau kehilangan percaya dirinya. Kondisi ini akhirnya akan memicu gangguan kecemasan, depresi, hingga PTSD atau Post Traumatic Disorder Syndrome. 


    (Baca Juga: 14 Cara Mengetahui Pasanganmu Sedang Selingkuh)


    Masalah jantung

    Saat mengetahui pasangan selingkuh, pernahkah kamu merasa degup jantung berdetak lebih kencang? Nah, kondisi ini sebenarnya bisa memicu serangan jantung, lho. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa pria yang berselingkuh lebih berisiko mengalami serangan jantung. Sedangkan wanita berusia lebih tua dengan trauma emosional mendalam bisa mengalami broken heart syndrome yang dipicu stres berlebih hingga menyebabkan lemah jantung atau kardiomiopati.


    Sakit kepala parah

    penyakit yang ditimbulkan akibat selingkuh

    (Selingkuh bikin sakit kepala parah. Foto: Dok. Liza Summer/Pexels)

    Dilansir dari jurnal Annual Review of Psychology, sekitar 50 persen responden yang stres dan sakit hati karena perselingkuhan umumnya mengalami sakit kepala yang parah. Stres kronis ini bisa berlangsung lama hingga memicu depresi serta meningkatkan risiko penyakit jantung.


    Insomnia

    Data dari American Psychological Association tahun 2012 menunjukkan bahwa 40 persen orang yang sakit hati cenderung mengalami gangguan tidur berupa susah tidur atau sulit merasa rileks pada malam hari. Kondisi ini menyebabkan tingkat konsentrasi seseorang kian menurun, badan lelah, dan tidak fokus.


    (Baca Juga: Mimpi Pacar Selingkuh, Ini Artinya)


    Infeksi menular seksual

    Jika kamu atau pasangan pernah melakukan one-night stand, apalagi dalam keadaan mabuk dan tidak menggunakan alat pengaman, bisa saja terkena infeksi menular seksual. Dampak perselingkuhan ini bukan hanya terjadi pada dirimu, tapi juga pasanganmu. Gejala infeksi ini jarang disadari oleh banyak pasangan hingga kondisinya cukup berbahaya jika tidak segera diperiksa dan ditangani dengan tepat.


    Nah, setelah mengetahui daftar penyakit yang ditimbulkan akibat selingkuh di atas, semoga bisa membantumu atau pasangan untuk mengurungkan niat dari perselingkuhan.

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles