Simak 7 Cara Menghilangkan Jamur Di HP


  • Simak 7 Cara Menghilangkan Jamur Di HP
    Simak 7 Cara Menghilangkan Jamur Di HP Yang Tepat! (Foto: Dok. Anna Nekrashevich/Pexels)

    Bukan hanya perabot rumah tangga saja yang rentan terkena jamur, bahkan ponsel yang kamu pakai pun bisa terkena jamur. Kamu tentunya harus tahu apa saja cara menghilangkan jamur di HP supaya ponselmu tidak cepat rusak. Merawat benda elektronik harus dilakukan dengan cermat agar tetap tahan lama.




    (Baca juga: Sering Menatap Layar HP, Begini Cara Jaga Kesehatan Mata)


    Untuk menghilangkan jamur di HP bisa dilakukan dengan beberapa bahan sederhana yang tersedia di rumah. Caranya juga sama sekali tidak sulit dan bisa dilakukan secara mandiri. Kalau kamu ingin tahu apa saja caranya, berikut ini yang bisa kamu lakukan!

    1. Pakai Hand Sanitizer

    cara menghilangkan jamur di hp

    (Menggunakan hand sanitizer. Foto: Dok. 8photo/Freepik)

    Selama ini hand sanitizer memang sering dipakai untuk keperluan membersihkan kuman atau virus dari tangan sehabis menyentuh benda-benda tertentu. Tapi ternyata ia juga bisa dijadikan sebagai pembersih jamur di ponsel juga.

    Kamu cukup harus menyiapkan tisu dan basahi tisu tersebut dengan hand sanitizer. Gosok pada casing HP yang sudah terkena jamur dan lap lagi dengan tisu kering agar semua kotorannya terangkat dengan baik.


    2. Pakai Alkohol

    Bukan hanya sebagai pembersih luka saja, tapi alkohol juga dapat kamu pakai untuk membersihkan jamur yang ada di HP. Tapi sebelum mencoba membersihkan dengan alkohol, sebaiknya matikan dulu ponsel tersebut.

    Kamu perlu menyiapkan kain lembut yang sudah dibasahi dengan alkohol. Usapkan ke seluruh bagian casing HP yang ada infeksi jamurnya, lalu diamkan sampai kering. Nah, selesai sudah dan kini HP-mu tak lagi memiliki jamur.


    3. Pakai Minyak Kayu Putih

    Minyak kayu putih punya segudang manfaat yang bisa kamu dapatkan, salah satunya tentu saja boleh digunakan untuk membersihkan jamur pada casing HP. Untuk alatnya sendiri cukup pakai tisu atau kain microfiber dengan sedikit minyak kayu putih.

    Nantinya tisu atau kain microfiber tersebut harus ditetesi sedikit saja minyak kayu putih. Lalu tinggal usapkan ke casing yang terkena jamur secara pelan. Lakukan berulang sampai benar-benar bersih dan keringkan dengan tisu lainnya.


    (Baca juga: 5 Tips Mudah Membersihkan Handphone Dari Kuman Dan Bakteri)


    4. Pakai Tisu Basah

    cara menghilangkan jamur di hp

    (Menggunakan tisu basah untuk membersihkan ponselmu. Foto: Dok. CiydemImages/iStock)

    Cara menghilangkan jamur di HP selanjutnya adalah dengan memakai tisu basah. Biasanya tisu basah ini sudah mengandung alkohol sehingga bisa langsung digunakan untuk membersihkan casing ponsel yang terkena jamur.

    Cukup lap saja casing HP tersebut dengan tisu basah. Gosok perlahan sampai benar-benar bersih bahkan di sudut yang tidak bisa terjangkau. Lantas tunggu sampai kering dan selesai. Kini ponselmu tak lagi berjamur seperti sebelumnya.


    5. Pakai Baking Soda

    Selama ini baking soda hanya dikenal sebagai bahan pembuat kue, tapi nyatanya siapa sangka kalau bahan ini juga bisa jadi alat untuk membersihkan ponsel dari jamur. Apalagi harga baking soda di pasaran sangatlah terjangkau dan bisa kamu gunakan berulang kali.

    Hanya perlu mencampurkan baking soda dengan air dan aduk kemudian. Gosokkan dengan lembut pada bagian casing yang ada jamurnya dengan teliti. Barulah bersihkan lagi dengan kain atau tisu kering dan selamat, kini ponselmu tak ada jamurnya lagi.


    6. Pakai Beras Kering

    Selain dengan menggunakan cara-cara di atas, kamu juga bisa pakai beras kering juga lho untuk menghilangkan jamur ini. Caranya sangatlah gampang, tinggal siapkan saja beras yang masih kering dan letakkan ponselmu dalam beras tersebut.

    Nantinya beberapa saat kemudian angkat ponsel dan bersihkan dengan kain lembut. Jamur yang tadinya ada di ponsel akan menghilang dengan sendirinya setelah dilakukan metode ini.


    7. Pakai Hand Wash

    Seperti namanya, hand wash sendiri merupakan sabun pencuci tangan yang di dalamnya mengandung bahan untuk membersihkan dari kuman serta bakteri. Kamu bisa pakai hand wash ini sebagai alat untuk membersihkan casing HP yang terdapat jamur.

    Tinggal tuang saja hand wash ke kain bersih dan usapkan ke bagian casing HP dengan teliti. Lalu gunakan lap kering lainnya sebagai langkah terakhir.


    (Baca juga: 5 Tips Memilih Hand Sanitizer Guna Melawan Virus Corona)


    Demikianlah beberapa cara menghilangkan jamur di HP yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below