5 Tips Mudah Membersihkan Handphone Dari Kuman Dan Bakteri


  • 5 Tips Mudah Membersihkan Handphone Dari Kuman Dan Bakteri
    Berikut langkah dan tips membersihkan handphone dari kuman dan bakteri. (Foto: Dok. Pexels)


    Virus corona atau Covid-19 yang menyebar dengan cepat membuat berbagai negara menganjurkan untuk menjaga kebersihan diri. Bahkan, sehimpun organisasi dan media kerap memberikan tips dan cara mencuci tangan dengan benar, agar terlindungi dari bakteri secara maksimal.

    Namun, membersihkan diri terus menerus tanpa menjaga kebersihan barang yang dimiliki bisa jadi proteksi yang sia-sia untuk dilakukan. Seperti yang kerap kali dilakukan menggenggam handphone setelah mencuci tangan. Lalu bagaimana cara menyiasatinya?



    Sebagaimana dikutip dari laman CNBC, salah satu studi yang diterbitkan oleh Perpustakaan Kedokteran Nasional AS di tahun 2017 telah menemukan ponsel memiliki banyak kuman dan bakteri. Sehingga, untuk menjaga kebersihan secara menyeluruh, membersihkan handphone menjadi langkah baik untuk dilakukan. Dengan melakukan langkah-langkah di bawah ini, smartphone kamu bisa terlindungi dari bakteri dan aman saat digenggam:

    (Baca Juga: 5 Tips Memilih Hand Sanitizer Guna Melawan Virus Corona)


    1. Matikan handphone

    Mematikan smartphone sejenak sebelum memulai membersihkannya adalah langkah awal yang harus dilakukan. Hal ini meminimalisir agar tidak ada tombol yang tertekan saat layar sedang dibersihkan. Kemudian, bukalah pelindung handphone, seperti casing jika kamu menggunakannya.


    2. Gunakan cotton swab

    Bagian terkecil di dalam handphone seperti lubang charger, headphone, sela kamera dan lainnya bisa dibersihkan dengan menggunakan cotton swab yang lembut. Hal ini bisa jadi tahap awal untuk membersihkannya, sebelum kain yang lembut mengangkat kotoran lebih maksimal.


    3. Gunakan kain yang lembut

    Melansir laman CNBC, menggunakan kain lensa yang kerap digunakan untuk membersihkan kacamata adalah pilihan yang tepat. Permukaannya yang halus, bisa menghilangkan noda yang melekat di handphone tanpa meninggalkan goresan.

    Jika smartphone-mu merupakan teknologi yang tahan air, membersihkannya dengan air hangat dan sabun bisa mengangkat kuman dengan maksimal. Namun, jangan mencobanya apabila handphone-mu tidak tahan air.

    (Baca Juga: Waspada Virus Corona: Tips Aman Saat Bepergian)


    4. Gunakan pembersih khusus

    Meskipun banyak label produk yang menawarkan untuk pembersih barang, sebaiknya hindari jika tidak dikhususkan untuk smartphone-mu. Melansir laman New York Times, Clorox Disinfecting Wipes bisa jadi desinfektan rumah tangga yang efektif menghilangkan kuman dengan kandungan alkoholnya sebesar 70 persen. Bahkan, produk ini juga terdaftar oleh Badan Perlindungan Lingkungan, sehingga aman untuk membersihkan sidik hari di handphone-mu.

    Sebaiknya hindari produk dengan jenis spray. Buliran airnya bisa masuk ke dalam sela handphone-mu lewat lubar speaker, charger, head phone dan tidak mustahil bisa merusak jaringannya dari dalam. Namun jika tidak ada pilihan lain, kamu bisa menyemprotnya ke kain lalu baru membersihkannya.


    5. Ganti pelindung layar

    Jika kamu khawatir layarmu mengalami kerusakan, menggantinya dengan pelindung layar baru bisa jadi alternatif mudah untuk dilakukan. Kemudian, untuk bagian samping dan punggung handphone, bisa dibersihkan dengan usapan lembut kain atau tisu Clorox khusus smartphone.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below