Tak Harus Ucapan, Ini 7 Cara Tunjukkan Rasa Cinta Pada Ibu


  • Tak Harus Ucapan, Ini 7 Cara Tunjukkan Rasa Cinta Pada Ibu
    Ungkapan rasa cinta pada ibu, selain dengan ucapan. (Foto: Dok. Alessandro Biascoli/iStock)

    Happy National Mother’s Day! Kongres Perempuan I yang diadakan pada 22 Desember 1928 menjadikan tanggal tersebut, momen istimewa untuk merayakan jasa dan peran seorang ibu di Tanah Air. Pekerjaan yang tak mudah memang, membesarkan seorang anak yang kemudian menjadi bagian dari sebuah generasi. Pada dasarnya, seorang ibu memiliki tugas untuk membentuk sebuah generasi. Berat, bukan?


    Untuk itu, di hari istimewa seperti Hari Ibu (dan juga setiap harinya), rasanya tepat untuk menunjukkan rasa cinta dan ungkapan terima kasihmu pada ibu tersayang. Mungkin kamu tak biasa ungkapkan rasa cinta secara verbal, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk tunjukkan rasa cinta pada ibumu. Kira-kira apa saja? Simak di bawah ini ya!




    (Baca Juga: 21 Ucapan Selamat Hari Ibu, Manis & Menyentuh Hati!)


    1. Meminta saran darinya dan ucapkan terima kasih

    Dengan pengalaman hidup yang telah dijalaninya, saran dari ibumu mungkin menjadi hal yang perlu kamu dengar untuk menyakinkan diri dalam mengambil keputusan. Jika, selama hidupmu, apalagi ketika memasuki masa remaja hingga dewasa, dengan berbagai pilihan yang harus kamu tentukan.

    Ketika mendapatkan saran darinya, pastikan kamu mengucapkan terima kasih pada ibu dan ungkapkan bahwa semua saran yang ia berikan selama ini. Itu akan sangat berarti baginya.


    2. Nyanyikanlah perasaan cintamu

    If you find it hard to say it, sing it. Jika, kamu sulit mengucapkannya, ungkapkan rasa cintamu dengan lantunan nada. Apalagi kamu yang suka bernyanyi dan memiliki talenta dalam bermusik, rasanya ini bisa jadi ungkapan cinta yang manis serta long-lasting. Mungkin kamu bisa bawakan lagu ciptaanmu untuk ibu tercinta, tetapi tak ada salahnya untuk merekamnya juga sehingga ia pun bisa kembali mendengarkannya di lain waktu.


    tunjukkan rasa cinta pada ibu selain ucapan

    (Membuatkan lagu untuk ibu tercinta. Foto: Dok. Elina Sazonova/Pexels)

    3. Request lagu untuk diputarkan di radio favorit Ibumu

    Jika ibumu kerap menyetir kendaraannya sendiri, baik untuk bekerja maupun berpergian, lalu radio menjadi teman perjalanannya, ini bisa jadi cara yang unik dan nostalgic untukmu. Diam-diam kamu request lagu yang ungkapkan rasa cintamu pada ibu untuk diputarkan di stasiun radio yang ibumu sering dengarkan.

    Hal sederhana yang tak menuntutmu harus bernyanyi atau bermain alat musik jika kamu belum merasa nyaman, ibumu akan senang mendapatkan kejutan kecil ini.


    (Baca Juga: 6 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Bersama Mama Di Hari Ibu)


    4. Buatkan sarapan pagi untuknya

    Selama hidupmu, mungkin sampai sekarang, ibu selalu jadi orang pertama yang bangun pagi untuk siapkan bekal seluruh anggota dan membuatkan sarapan. Kali ini, kamu coba bangun lebih pagi dan siapkan sarapan untuk ibumu. Mungkin menyiapkan di ruang makan atau membawakannya ke kamar tidur.

    Tak hanya mengejutkannya, tetapi kamu juga sekaligus meringankan bebannya sedikit dengan mengambil alih dapur dan mempersiapkan hal-hal yang biasa ia siapkan hampir setiap pagi.


    tunjukkan rasa cinta pada ibu selain ucapan

    (Menyiapkan menu santap siang bersama ibu. Foto: Dok. Maksim Goncharenok/Pexels)


    5. Berikan kejutan dengan berkunjung ke rumah ibu

    Jika kamu merantau di luar kota atau bahkan luar negeri, mungkin diam-diam pulang bertemu sang ibu bisa jadi ungkapan cintamu yang tiada tara. Sebab, dimanapun kamu berada, berapapun usiamu, dan apakah kamu sendiri sudah berkeluarga atau belum, hal yang alami bagi seorang ibu untuk merasa khawatir akan anak-anaknya, tanpa terkecuali ibumu.

    Ini bisa jadi caramu untuk tunjukkan rasa cinta pada ibu, dengan sejenak meredakan rasa khawatir dalam dirinya. Melihatmu dalam keadaan sehat dan berada di dekatnya adalah hadiah yang amat berarti bagi seorang ibu.


    6. Kerjakan pekerjaan rumah tangga

    Banyak hal yang kerap lebih sering dikerjakan oleh ibumu. Mulai dari memasak hingga membersihkan rumah, mungkin ungkapan rasa cintamu padanya bisa ditunjukkan dengan meringankan pekerjaannya sehari-hari. Ambil sapu atau mulai pel lantai kamar-kamar di rumahmu, mungkin juga mencuci pakaian-pakaian kotor yang sudah menumpuk.

    Jika kamu diizinkan untuk masuk dapur, yang biasa jadi teritori ibumu, buatkan menu-menu makan siang hingga makan malam untuk seluruh anggota keluarga.


    7. Tuliskan perasaanmu

    Jika rasa cintamu pada sang ibu tak bisa terucapkan, mungkin secarik kertas bisa menjadi ruang untuk tuangkan perasaanmu. Mungkin kertas tersebut bisa kamu isi dengan urutan hal yang membuatmu sayang pada ibu, bisa berisi surat akan ungkapan sayang serta terima kasih yang belum bisa kamu sampaikan pada ibu, maupun puisi untuk ekspresikan cintamu pada sang ibu.


    (Baca Juga: 6 Film Bertema Ibu Dan Anak Yang Cocok Ditonton Di Hari Ibu)


    Belum bisa ungkapkan rasa cinta pada ibumu secara verbal? Mungkin cara-cara di atas bisa bantumu ungkapkan cinta terdalam pada sang ibu dan meninggalkan kesan untuk hubungan kalian berdua.




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below