Apakah Orang Selingkuh Akan Menyesal, Ini Jawabannya


  • Apakah Orang Selingkuh Akan Menyesal, Ini Jawabannya
    Mungkinkah pasangan yang selingkuh bisa menyesal. (Foto: Dok. MART PRODUCTION/Pexels)

    Selingkuh adalah perbuatan yang tidak bisa dibenarkan, apa pun alasannya. Meski begitu, masih banyak orang yang melakukannya dan banyak pula yang menjadi korban dari perselingkuhan ini. Setelah ketahuan, biasanya si pelaku akan meminta maaf dan berjanji untuk tidak mengulanginya. Tapi, apakah orang selingkuh akan benar-benar menyesal?


    Faktanya, mereka tahu akibat dari perselingkuhan, tapi kenapa masih ada saja orang yang mau melakukannya? Sayangnya, orang yang selingkuh sebenarnya tidak benar-benar merasa menyesali perbuatannya, karena bagi mereka, selingkuh bukanlah perbuatan yang salah.


    (Baca Juga: 14 Cara Mengetahui Pasanganmu Selingkuh)


    Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology mengungkapkan bahwa pelaku perselingkuhan tidak sepenuhnya menyesali keputusannya. Para peneliti ini melakukan eksperimen tentang perselingkuhan dan hasilnya cukup mencengangkan. Nyatanya, peserta eksperimen justru tidak merasa bersalah usai melakukan hal tersebut.


    apakah orang selingkuh akan menyesal

    (Mungkinkah ada penyesalan usai selingkuh. Foto: Dok. Ivan Samkov/Pexels)

    Di penelitian berjudul The Cheater’s High: The Unexpected Affective Benefits of Unethical Behavior ini, peserta eksperimen mengaku bahwa dengan berselingkuh, mereka merasakan efek "positif" dalam diri. Peneliti menyebutnya dengan "cheater's high" alias tipuan yang membuat pelaku selingkuh merasa senang saat berselingkuh, sama seperti seseorang yang sedang menikmati obat-obatan terlarang.


    Dijelaskan pula bahwa dengan berselingkuh, para pelaku mendapatkan apa yang mereka inginkan, yaitu kebahagiaan sementara. Jadi, walau mereka tahu selingkuh ada perbuatan yang tidak baik, ada sebuah kepuasan semu yang seolah terpenuhi.


    (Baca Juga: Mimpi Pacar Selingkuh, Ini Artinya)


    Pada akhirnya bisa dibilang bahwa selingkuh merupakan sebuah pelampiasan dari masalah yang dihadapi pelaku. Mungkin akhirnya mereka menyesali perbuatannya dan akhirnya bisa berhenti. Namun sebenarnya, mereka tak benar-benar menyesal. Seperti lagu Rihanna, you're only sorry you got caught. 

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles