Kenali Ciri Pasangan Manipulatif Yang Harus Kamu Waspadai!


  • Kenali Ciri Pasangan Manipulatif Yang Harus Kamu Waspadai!
    Kenali Ciri Pasangan Manipulatif Yang Harus Kamu Waspadai! (Foto: Dok. Katerina Holmes/Pexels)

    Jadi orang yang tidak enakan kadang menyulitkan diri sendiri. Ini akan membuatmu gampang dimanipulasi oleh orang lain, khususnya pasangan. Kamu harus waspada dan mengenali ciri pasangan manipulatif agar terhindar dari hubungan yang tidak sehat.


    (Baca juga: Hati-hati, Inilah Ciri Pacar Toxic yang Harus Kamu Tahu!)


    Banyak yang bilang bahwa cinta itu buta, tapi bukan berarti kamu harus menyerahkan segalanya. Bahkan tak sedikit orang yang kehilangan diri mereka sendiri karena pasangan yang kerap kali bersikap manipulatif. Lalu, apa saja ciri-cirinya?

    1. Seringkali Membuatmu Merasa Bersalah

    Hal ini kerap kali terjadi dalam sebuah hubungan, ketika pasangan seringkali membuatmu merasa bersalah bahkan atas sesuatu yang bukan salahmu. Mereka akan selalu memiliki celah untuk membuat kamu berpikir bahwa segala hal yang terjadi, terutama hal buruk, adalah kesalahan dari dirimu sendiri. Pada akhirnya kamulah yang harus mengalah dan minta maaf pada pasangan.


    2. Menjadikanmu Pihak yang Bertanggung Jawab Untuk Emosinya

    Setelah sering menyalahkanmu, dia akan membuatmu menjadi pihak yang paling bertanggung jawab atas emosinya. Kamu harus melakukan segala cara agar bisa membuat emosinya mereda dan ini bisa jadi membuat pasangan sering memanfaatkanmu. Untuk itu, kamu harus berhenti menyalahkan diri sendiri dan berhenti merasa bertanggung jawab atas segalanya.


    Ciri pasangan manipulatif

    (Pasangamu akan membuat kamu merasa ragu atas diri sendiri dan merasa bersalah. Foto: Dok. Ketut Subiyanto/Pexels)

    3. Menjadikanmu Ragu Atas Diri Sendiri

    Mengikuti setiap kata yang keluar dari pasangan manipulatif dapat membuatmu ragu dan akhirnya kehilangan diri sendiri. Dia akan menggunakan kelemahan yang kamu punya, kemudian berulang kali mengatakan padamu bahwa tanpa bantuannya kamu takkan bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Lantas kamu akan ragu dan terus bergantung padanya dan mengiyakan seluruh yang dia katakan.


    4. Tak Ada Permintaan Maaf

    Ciri pasangan manipulatif lainnya ialah dia tak pernah meminta maaf padamu. Dia akan mengedepankan emosinya, membuatmu bertanggung jawab dan kamu yang malah minta maaf duluan. Mereka juga tidak akan peduli dengan kebutuhan dan keinginan yang kamu rasakan.


    (Baca juga: Begini Ciri Wanita Yang Selingkuh)


    Sebaiknya hindari seseorang yang menunjukkan ciri pasangan manipulatif. Kamu boleh jatuh cinta, tapi untuk menyerahkan segalanya tentu jangan sampai itu terjadi.


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles