3 Tanda Hubungan Toxic yang Harus Segera Kamu Akhiri


  • 3 Tanda Hubungan Toxic yang Harus Segera Kamu Akhiri
    Tanda hubungan toxic. (Foto: Dok. Alex Green/Pexels)

    Terjebak dalam hubungan yang toxic sangat tidak menyenangkan. Ada berbagai macam tanda hubungan toxic yang seharusnya kamu hindari. Toxic relationship sendiri dapat diartikan sebagai sebuah hubungan yang menghancurkan bagi diri sendiri dan juga pasangan.


    (Baca juga: Kenali 10 Tanda 'Toxic Friendship' Yang Harus Diakhiri)


    Kalian akan sama-sama merasa lelah, dan kalau begitu tentu saja perpisahan kadang jadi jalan terbaik. Tapi sebenarnya apa saja sih tanda bahwa kamu masuk dalam hubungan yang toxic ini? Simak yuk!

    tanda hubungan toxic

    (Tanda hubunganmu sudah mulai toxic. Foto: Dok. Alex Green/Pexels)


    1. Menghancurkan Kepercayaan Diri Pasangan

    Hal pertama yang menjadi tanda hubungan toxic ialah ketika kamu merasa bahwa kepercayaan dirimu hancur karena pasangan. Komentar-komentar buruk yang ia lontarkan membuatmu bertanya-tanya tentang diri sendiri.

    Kamu akan mulai ragu tentang dirimu, sering menyalahkan diri sendiri dan akhirnya berpikir apa yang seharusnya kamu lakukan demi membuat penilaiannya berubah. Tak jarang banyak yang menyakiti diri sendiri hanya karena ingin terlihat baik di depan pasangan.


    2. Seringkali Dianggap Salah di Matanya


    Kalau kamu mulai merasa pasangan terlalu sering menyalahkanmu tanpa alasan jelas, maka sebaiknya kamu mulai berpikir ulang tentang hubungan tersebut. Kadang kamu melakukan kesalahan lalu pasanganmu marah.


    Bukannya memberikan saran untuk perbaikan diri, ia semakin emosi dan melontarkan kalimat-kalimat buruk. Itu hanya akan membuat kamu semakin tidak percaya diri dan tentu saja membuatmu merasa jadi seseorang paling buruk setelahnya.


    3. Selalu Membenarkan Perlakuan Buruknya


    Dia menyakitimu, tapi kamu merasa bahwa tindakan tersebut memang pantas untuk kamu dapatkan. Hal ini tidak baik demi kesehatan diri sendiri, sehingga segeralah keluar dari hubungan yang toxic tersebut.


    Sesalah apapun dirimu, jangan pernah membenarkan perlakuan buruknya. Apalagi jika sampai terjadi hal yang kasar dan berlebihan.


    (Baca juga: Hati-hati, Inilah Ciri Pacar Toxic Yang Harus Kamu Tahu)


    Itulah tanda hubungan toxic yang sebaiknya diakhiri sebelum semuanya semakin membuatmu kehilangan diri sendiri. Kamu berhak bahagia dan menjalani hubungan yang nyaman dengan orang tersayang.


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles