Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Cappucino Dan Latte


  • Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Cappucino Dan Latte
    Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Cappucino Dan Latte. (Foto: Dok. Valeriia Miller/Pexels)

    Sekarang ini berbagai macam kafe dan kedai kopi ada yang menyajikan cappucino dan latte dalam menu mereka. Banyak yang tak tahu perbedaan cappuccino dan latte ini sehingga sering menganggap bahwa keduanya sama saja.

    Namun, nyatanya antara cappuccino dan latte keduanya memiliki beberapa perbedaan yang cukup spesifik. Kamu harus tahu akan hal ini sehingga ketika berada di suatu kafe atau kedai kopi tidak jadi salah pesan.




    (Baca juga: 6 Biji Kopi Terbaik di Indonesia Yang Mendunia)


    Lalu, sebenarnya ada apa saja perbedaan antara cappuccino dan latte yang harus kamu ketahui ini? Simak jawabannya sebagai berikut.

    1. Dari Takaran Susunya

    Kedua minuman ini memang sama-sama mengandung susu, tapi ternyata latte mempunyai perbandingan susu yang lebih banyak daripada cappuccino sendiri. Meskipun di antara keduanya mempunyai double shot espresso di dasarnya, tapi latte mempunyai rasio milk-to-espresso yang lebih banyak.

    Itulah mengapa latte selalu penyajiannya dilakukan di cangkir yang notabene jauh lebih besar daripada cappuccino. Untuk cita rasanya pun latte lebih milkier dan lembut, jadi tak heran kalau minuman ini lebih disukai oleh seluruh lapisan masyarakat.


    2. Dari Sejarahnya

    Dari segi sejarahnya, latte dan cappucino juga sudah berbeda. Latte merupakan bahasa Italia yang artinya susu, jadi bisa dibilang caffe latte ini merupakan minuman kopi dan susu. Tapi cappucino tidaklah demikian, di mana namanya bukanlah bahan dari minuman tersebut.

    Sejarah cappuccino ini cukup panjang dan memang asalnya sama-sama dari Italia. Biasanya orang-orang akan menyebut cappucino untuk sebuah kopi yang bisa dinikmati pada pagi hari. Kata cappuccino ini bahkan merujuk pada biarawan Capuchin.

    Dulunya mereka dikenal dengan pakaian jubah coklat panjang yang terkesan mencolok, ditambah dengan topi runcing nan panjang yang memiliki ujung menjuntai. Dalam bahasa Italia sendiri nama cappuccino ini berarti tudung dan menjadi asal mula minuman ini dinamai.


    (Baca juga: Menurut Penelitian, Ini 10 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan)


    3. Dari Rasanya

    Keduanya memang sama-sama terbuat dari susu, tapi karena perbandingan yang lebih tinggi latte daripada cappuccino, tentu saja cita rasanya pun berbeda. Bagi penyuka kopi yang lebih ringan dan manis, maka latte sangat disarankan. Karena memang kandungan susu untuk minuman ini cukup banyak.

    Namun, jika menyukai kopi yang sedikit lebih asam dan kandungan susunya sedikit, maka cappuccino bisa dijadikan sebagai pilihan. Karena rasanya inilah tak heran jika cappucino penyajiannya diletakkan di cangkir yang lebih kecil. Namun, meski cita rasanya sedikit pahit, banyak orang yang lebih memilih cappuccino untuk mereka nikmati di pagi hari.


    Perbedaan cappucino dan latte

    (Cappuccino dan Latte tentu mempunya segi rasa dan penyajian yang berbeda. Foto: Dok. Shameel Mukkath/Pexels)

    4. Dari Segi Penyajian

    Selain dari beberapa hal di atas, perbedaan lainnya juga terletak pada penyajian dari kedua minuman ini. Memang bahannya tak jauh beda, hanya saja takarannya yang sangat penting untuk diperhatikan.

    Untuk membuat kopi latte, kamu membutuhkan double shot espresso atau sekitar 60 ml saja, kemudian secangkir steamed milk, dan foam yang akan dipakai untuk menghias latte tersebut. Biasanya memang kopi latte ini disajikan dengan ukiran-ukiran yang menarik, sehingga membuatnya tampak lebih manis dan sayang untuk diminum.

    Lalu untuk menyajikan cappuccino, ada beberapa bahan yang mesti kamu persiapkan. Di antaranya ialah espresso, milk froth alias susu yang dikocok sampai berbusa dan juga steamed milk.

    Takarannya pun harus seimbang yakni milk frothsteamed milk dan espresso. Hal ini demi mendapatkan cita rasa yang enak. Biasanya minuman ini juga akan disajikan dengan taburan bubuk coklat di atas busa susunya.

    Cappuccino dan juga latte memiliki perbedaan yang tak begitu banyak. Untuk pemberian susunya pun bisa jadi sangat berpengaruh terhadap pembuatan dua kopi ini. Sebab beberapa susu memiliki cita rasa yang tawar apalagi saat disajikan panas-panas.


    (Baca juga: Inilah 4 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Rambutmu)


    Hal ini akan membuat keasaman kopinya jadi bentrok dengan cita rasa asli susu tersebut. Beberapa orang malah lebih memilih untuk menambahkan pemanis semacam sirup atau gula ke dalam minuman cappucino dan latte yang mereka sukai.

    Apapun itu sebenarnya tak masalah, asalkan kamu menyukainya. Dari perbedaan cappuccino dan latte di atas, tentunya kamu sudah paham, bukan, bahwa keduanya sama sekali tidak sama. Nah, ketika berada di kafe atau kedai kopi jangan sampai keliru memesan yang berakhir tidak diminum. Karena itu hanya akan melukai hati pembuatnya.


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below