5 Penyebab Jerawat Sering Muncul Di Wajah


  • 5  Penyebab Jerawat Sering Muncul Di Wajah
    Hindari memencet jerawat karena merupakan salah satu penyebab jerawat sering muncul di wajah. (Foto: Dok. Freepik)

    Munculnya jerawat di wajah sering kali dianggap mengganggu penampilan. Selain karena hormonal, jerawat juga dapat dipicu oleh hal-hal lain yang secara tak sadar justru merupakan kebiasaan yang sering dilakukan. Berikut 5 penyebab jerawat sering muncul di wajah yang perlu kamu perhatikan.


    (Baca Juga: Tips Merawat Wajah Berjerawat)




    Memecahkan jerawat

    Berusaha menghilangkan jerawat dengan memencetnya justru menimbulkan masalah lain karena sumbatan pori-pori pada kulit yang justru masuk lebih dalam hingga meninggalkan bekas jerawat. Selain itu, jerawat juga akan sembuh lebih lama. Hal ini disebabkan oleh minyak dan kotoran dari tangan yang menyumbat pori-pori dan membuat kondisi jerawat semakin parah.


    Terlalu sering mencuci muka

    Mencuci muka sering dianggap sebagai hal yang perlu dilakukan untuk menjaga wajah agar tetap bersih. Namun, aktivitas ini justru sebaiknya tidak dilakukan sebanyak dua kali sehari karena jika terlalu banyak dilakukan, minyak alami kulit akan hilang dan mendorong kulit memproduksi minyak lebih banyak lagi. Hal tersebut akan memicu munculnya jerawat.


    Sebaiknya kamu menghindari penggunaan washcloth untuk mencuci muka karena dapat menyebabkan iritasi kulit.


    Makanan yang dikonsumsi

    Mengonsumsi makanan manis, junk food, mengandung minyak, hingga olahan susu dapat menjadi penyebab munculnya jerawat. Hal tersebut dikarenakan beberapa maknana yang mengandung gula saat dikonsumsi akan meningkatkan kadar insulin yang tinggi sehingga memicu hormon androgen untuk lebih aktif dan meningkatkan produksi sebum.


    Penggunaan produk rambut

    Jerawat dapat timbul dari penggunaan produk rambut yang mengandung pewangi, minyak, pomade, dan gel. Kulit wajah dapat teriritasi dan pori-porinya pun dapat tersumbat. Oleh karena itu, usahakan untuk menjauhkan rambut dari dahi atau bagian wajah lainnya, terutama area pipi saat tertidur. Mencuci rambut secara teratur juga dapat menghindari munculnya jerawat.


    Layar ponsel yang kotor

    Ponsel yang selalu berada dalam genggaman memiliki banyak bakteri yang menempel, terutama jika sering diletakkan pada sembarang tempat yang jarang kamu perhatikan peletakannya. Selain itu, minyak dan keringat akan menempel pada layar ponsel setelah dipakai menelepon, ditambah jika memecahkan jerawat akibat tekanan di pipi.


    Sebaiknya, kamu membersihkan ponsel sebelum kembali digunakan supaya bakteri yang telah berkembang biak tidak kembali ke wajah atau lebih baik jika menggunakan earphone.


    (Baca Juga: 10 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat)


    Stres

    Stres dapat menyebabkan hormon kortisol meningkat dan memicu peradangan pada tubuh, termasuk struktur dan fungsi kulit, ditambah lagi jika kamu memiliki kebiasaan begadang. Kebiasaan tersebut dapat memperparah kondisi jerawat dan masalah kulit lainnya, seperti psoriasis dan eksim. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengurangi kebiasaan ini.


    Itulah 5 penyebab jerawat sering muncul di wajah, coba hindari hal-hal tersebut supaya jerawat tidak mudah muncul dan kulitmu jadi lebih sehat. Selamat mencoba!


    (Penulis: Aurelia Gracia)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below