10 Wanita Indonesia Terus Jalani Misi Untuk Bangun Negeri


  • 10 Wanita Indonesia Terus Jalani Misi Untuk Bangun Negeri
    Rangkaian webinar Road To Women of The Year 2021. (Foto: Dok. Her World Indonesia)

    Beberapa waktu lalu Her World Indonesia genap berusia ke-21 tahun dan seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan ke-21 ini kembali mengapresiasi para wanita Indonesia melalui Her World Women Of The Year 2021 kembali digelar secara virtual untuk kedua kalinya pada 30 Oktober 2021 kemarin.


    Ajang penghargaan Women Of The Year setiap tahunnya, sejak 2012, mengapresiasi 10 wanita Indonesia yang tanpa henti berkarya dan mengukir prestasi dalam bidangnya masing-masing, mulai dari lingkungan hidup hingga pemberdayaan masyarakat, khususnya sesama wanita. Namun, tahun ini terasa istimewa karena Her World Indonesia memberikan apresiasi kepada 12 wanita Indonesia yang tak henti berkarya, meski di tengah pandemi.




    (Baca Juga: Apresiasi Her World Women of The Year 2021)


    Sebelum ajang penghargaan ditayang secara virtual melalui kanal YouTube Her World Indonesia, rangkaian Women Of The Year tahun ini juga melaksanakan dua seminar daring yang berlangsung pada tanggal 23 Oktober 2021 dan 30 Oktober 2021. Seminar daring atau webinar ini menghadirkan wanita-wanita hebat Indonesia yang berbagi perjalanan kehidupan mereka masing-masing.


    Rangkaian acara Women Of The Year dibuka dengan webinar pada 23 Oktober 2021 yang dipandu oleh Iwet Ramadhan. Dengan mengangkat tema “Membangun Bisnis Berdampak Sosial dan Berkelanjutan”, webinar kali ini juga menjadi momen nostalgia dengan kehadiran tiga wanita dan entrepreneur muda yang lebih dulu terpilih sebagai Women Of The Year pada tahun-tahun sebelumnya.


    Webinar Road To Women Of The Year 2021

    (Webinar Series Road to WOTY 2021 dipandu oleh Iwet Ramadhan. Foto: Dok. Her World Indonesia)


    Helga Angelina (CEO & Co-Founder dari Burgreens dan Green Rebel, Women Of The Year 2017), Aprishi Allita atau Pishi (Founder Pishi Yoga & Meditasi, Women Of The Year 2020), dan Dwi Sasetyaningtyas (Founder dari Sustaination, Women Of The Year 2020) adalah tiga sosok yang menjadi panelis dalam webinar kali ini.


    Tiap-tiap panelis telah bertahun-tahun merintis usaha dengan misi sosial di baliknya, Helga dengan konsumsi makanan yang lebih sehat dan eco-friendly, Tyas untuk memotivasi masyarakat agar bisa memanfaatkan produk yang lebih ramah lingkungan, serta Pishi melalui yoga dan meditasi yang diajarkannya kepada banyak orang untuk menjaga kesehatan diri.


    Dengan pemahaman itu pula yang menjadikan pengalaman usaha mereka tidak hanya sebatas transaksi antara penjual dan pembeli, tetapi juga proses edukasi yang terus dilakukan tanpa henti. “Tiada hari tanpa edukasi,” ungkap Helga diikuti dengan gelak tawa kedua panelis lain yang juga menjalankan peran seorang edukator selagi merintis usaha masing-masing.

    Meski melalui berbagai lika-liku dan ragam pertanyaan untuk bisa menjadi bagian dari hidup masyarakat, baik Helga, Tyas, maupun Pishi merasakan kebahagiaan dalam mengerjakan apa yang tengah dijalani karena ketiganya memahami bahwa usaha mereka akan berdampak ke sesuatu yang baik, untuk sesama maupun lingkungan.




    Satu minggu berselang, tepatnya sebelum ajang penghargaan Women Of The Year 2021 dilangsungkan, seminar daring bertajuk “Temukan Potensi dan Harapan Dalam Setiap Langkah Awal” yang dipandu oleh Cisca Becker dilaksanakan. i ini mengundang tujuh dari 12 Women Of The Year 2021 untuk berbagi kisah hidupnya berkiprah dalam karier masing-masing.


    Ketujuh wanita yang bergabung dalam webinar ini antara lain Nanda Mei (Atlet Paralimpik Indonesia), Marissa Anita (Lead Editor dari Greatmind.id, Aktris, dan Presenter), Carys Mihardja (Founder dari Yayasan Carys Care), Tiza Mafira (Pendiri Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik), Suci Apriani (Ketua KPAD Kediri, Lombok), serta Amanda dan Janna Soekasah (Director Ghea Resort, Co-Founder Bracelet of Hope).


    Seminar daring yang berlangsung selama satu jam, para pembicara berbagi pengalaman mereka yang mengawali kiprah dalam karier saat ini. Mulai dari kecintaan Marissa Anita terhadap psikologi dan filosofi yang terealisasi melalui Greatmind.id, intuisi dan kegigihan Tiza Mafira untuk menolong kehidupan manusia dengan menjaga Bumi, hingga keprihatinan Suci Apriani untuk mengakhiri praktik pernikahan anak di desa.


    Webinar Road to Women Of The Year 2021

    (Cisca Becker bersama tujuh penerima Women Of The Year 2021. Foto: Dok. Her World Indonesia)


    Dalam proses membangun tiap-tiap karyanya, kehidupan tujuh wanita tersebut tidak jauh dari tantangan. “Challenge every day itu pasti ada, which is my own mind,” ungkap Marissa yang membuka perbincangan mengenai tantangan terbesar yang dihadapi selama berkiprah dalam karya yang ia buat.


    Tantangan tersebut juga dialami Tiza Mafira yang kerap mempertanyakan diri sendiri akan perjuangannya mendorong perubahan dapat berhasil atau berakhir sia-sia. Namun, kegigihannya untuk menghadapi penolakan dan apatisme masyarakat kini Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik berhasil mendorong lebih dari 50 kabupaten/kota untuk melarang pemakaian kantong plastik.


    Namun, pengalaman Carys Mihardja dalam membangun yayasan untuk membantu anak-anak down syndrome pun tidak lepas dari pertanyaan banyak orang yang meragukan legitimasi dari yayasan tersebut. “Can a 14-year-old, do it?” adalah frasa yang kerap dilontarkan kepada Carys dan kini ia berhasil membuktikan kemampuannya dalam mengembangkan Carys Care yang berdiri sejak 2018.


    (Baca Juga: Penghargaan Women of The Year 2021 Kembali Digelar Virtual)


    Para nominee Women Of The Year 2021 yang bergabung dalam seminar daring pada 30 Oktober tersebut memberi gambaran tentang determinasi, ketekunan, dan cinta yang tertanam dalam diri tiap-tiap pembicara akan karya dan kiprah yang telah mereka jalani masing-masing. Perjalanan yang mereka lalui pun patut menjadi inspirasi bagi banyak wanita di seluruh penjuru negeri untuk tak henti berkarya dan mewujudkan misi hidup mereka.


    Rangkaian Women Of The Year 2021 ini juga turut didukung oleh UOB Ladies’ Card dari UOB Indonesia, serta Sulwhasoo Indonesia sebagai official beauty sponsor. Kamu bisa menyaksikan kembali webinar Road to WOTY 2021 di Facebook Her World Indonesia dan kembali menonton ajang penghargaan Women Of The Year 2021 melalui kanal YouTube Her World Indonesia.





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below