Ini 4 Alasan Suara Bantu Untuk Hidup Sehat, Plus Caranya!


  • Ini 4 Alasan Suara Bantu Untuk Hidup Sehat, Plus Caranya!
    Alasan suara bantu untuk hidup sehat. (Foto: Dok. Burst/Pexels)

    Mungkin kamu gemar mendengarkan musik atau podcast ketika berangkat kerja, baik berada di dalam transportasi umum maupun mengendarai kendaraan pribadi. Ketika kamu berolahraga, mulai dari bergerak aktif di kelas zumba hingga mengikuti gerakan yoga, alunan musik pun menemani kegiatanmu.


    Semakin mudah untuk mengakses konten suara saat ini, banyak orang yang mengandalkan lagu maupun podcast untuk menemani hari-hari mereka. Selain membuat diri lebih semangat menjalani hari, konten suara pun banyak dimanfaatkan untuk melepaskan penat sekaligus menenangkan diri.




    (Baca Juga: 5 Manfaat Mendengarkan Musik Untuk Kesehatan)


    Sebelum kamu mulai mengulik berbagai cara untuk membangun gaya hidup sehat dengan konten suara atau audio, mungkin penting untuk mengetahui alasan di baliknya.


    1. Meningkatkan konsentrasi

    Jika kamu kerap sulit untuk fokus dalam mengerjakan sesuatu – belajar, bekerja maupun mengurus berbagai urusan rumah tangga – tenang kamu tidak sendiri. Nah, musik atau konten suara bisa membantumu tingkatkan konsentrasi dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Kamu bisa mendengarkan musik instrumental, klasik, ataupun ambient.


    2. Baik untuk kesehatan jantung

    Sebuah riset mengungkapkan bahwa sistem peredaran darah bekerja lebih mudah ketika kamu mendengarkan musik. Selain itu juga dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi hormon kortisol yang sebabkan stres, sekaligus meningkatkan level hormon serotonin pada darah.


    3. Mengurangi konsumsi makanan berlebihan

    Alasan suara bisa membantumu untuk hidup lebih sehat, khususnya suara yang cenderung lembut, karena suara bisa membuat kamu makan lebih perlahan dan mindful sehingga mendorong kamu untuk konsumsi makanan lebih sedikit. Bisa membantumu yang sedang menjaga pola makan.


    4. Meningkatkan ketahanan diri saat berolahraga


    Ada alasan kamu sering mendengarkan musik saat berolahraga karena tanpa sadar, performa fisik dan ketahanan dirimu akan meningkat ketika kamu berolahraga ditemani iringan musik.


    Platform streaming, Spotify pun menyadari betapa pentingnya konten audio dalam kehidupan masyarakat, khususnya untuk menjalani gaya hidup lebih sehat baik secara fisik maupun mental. Pada September lalu, Spotify bersama dengan lembaga YouGov melakukan survei terhadap 2.099 responden di Indonesia dan menemukan bahwa generasi Z dan milenial merasakan manfaat konten audio yang membantu mereka untuk bersantai.

    Ini 4 Alasan Suara Bantu Untuk Hidup Sehat, Plus Caranya!

    (Konten audio bantu jaga kesehatan fisik dan mental. Foto: Dok. Burst/Pexels)


    Untuk menjawab kebutuhan para penikmat konten audionya, Spotify menghadirkan hub Wellness yang bisa kamu akses untuk mencari berbagai koleksi konten berkaitan dengan wellness. Konten-konten yang baru saja di-update ini bisa membantumu untuk berkomunikasi lebih baik dengan diri sendiri sekaligus menjaga kesehatan secara menyeluruh, fisik dan mental.


    Nah, buat kamu yang ingin memulai kebiasaan-kebiasaan untuk membuatmu gaya hidupmu lebih sehat, ditemani konten suara, pakar wellness, Vanessa Budihardja-Barus punya tips yang bisa kamu coba di rumah.

    Luangkan waktu lima menit

    Meditasi bisa kamu coba lakukan untuk mengawali hari. Siapkan tempat yang nyaman, alunan musik instrumental atau suara-suara alam menemani, luangkan lima menit setiap pagi untuk menjernihkan dan menyelaraskan pikiranmu. Vanessa mengungkapkan bahwa kamu akan merasa lebih tenteram dengan lingkungan sekitar saat kamu bermeditasi.


    Gerakan tubuhmu

    Olahraga tidak harus selalu memompa jantung, membuatmu berkeringat maupun berakhir dengan rasa lelah. Namun, membiarkan tubuhmu bergerak, tanpa intensitas tinggi, itu penting. Mulai dari berjalan di pagi atau sore hari hingga melakukan gerakan-gerakan yoga sederhana, ditemani lagu-lagu favoritmu, bisa jadi salah satu kebiasaan yang kamu lakukan untuk hidup lebih sehat.


    Ini 4 Alasan Suara Bantu Untuk Hidup Sehat, Plus Caranya!

    (Menulis jurnal ditemani iringan musik. Foto: Dok. Vlada Karpovich/Pexels)


    Tuliskan pikiran dan perasaanmu


    Setelah kamu menjalani berbagai aktivitas, dengan beragam hal yang harus dihadapi, tentu banyak pikiran dan perasaan yang ingin kamu luapkan. Jika tidak bisa diutarakan, bukalah sebuah buku kosong dan tuangkan perasaanmu dalam tulisan. Catat emosi, pikiran, dan tujuan hidup yang membuatmu pahami emosi dan pikiranmu sendiri. Refleksi diri juga membantu untuk lebih nyaman menjalani hari dan lebih mudah berkomunikasi dengan diri sendiri.


    Semua aktivitas ini bisa kamu lakukan ditemani dengan konten suara atau audio yang bisa tingkatkan semangatmu sekaligus menggambarkan suasana hati. “Audio menghasilkan emosi kuat yang dapat mendorong produktivitas dan meningkatkan kesehatan batin seseorang. Ada berbagai jenis pilihan musik dan suara untuk menemani rutinitas harian yang lebih sehat,” ungkap Vanessa.


    (Baca Juga: 10 Lagu Ghibli Pilihan Untuk Membuatmu Betah Kerja di Rumah)


    Jika kamu ingin memulai kebiasaan hidup sehat, tetapi masih bingung akan konten musik seperti apa yang mau kamu dengarkan, playlist bertajuk “Everything I Need, I Already Have” yang berisikan berbagai konten audio untuk hangatkan hati. Kompilasi musik yang sudah dikurasi oleh Vanessa ini bisa kamu dengarkan eksklusif di Spotify. Selamat mencoba!




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below