Sex & relationship

Cara Menghindar Dari Cushioning Yang Perlu Kamu Tahu

By : Her World Indonesia - 2021-10-25 21:00:01 Cara Menghindar Dari Cushioning Yang Perlu Kamu Tahu

Pernah dengar istilah cushioning sebelumnya? Atau mungkin istilah ini sama sekali asing di telingamu? Cushioning memang cukup jarang didengar, tapi kata ini memiliki arti yang penting dalam sebuah hubungan. Kamu harus tahu arti kata tersebut dan cara menghindar dari cushioning supaya tidak terjebak dalam sakit hati.


(Baca juga: Ciri Hubungan Yang Harus Diakhiri)


Cushioning sendiri bisa dibilang suatu keadaan yang membuatmu hanya dimanfaatkan sebagai pelarian atau sandaran saja. Perselingkuhan dan pengkhianatan sering kamu terima ketika sedang terjebak dalam hubungan cushioning ini. Lalu bagaimana sikap seharusnya yang mesti dilakukan untuk menghindar dari hal tersebut?


(Harus bersikap tegas terhadap pasangan. Foto: Dok. Pavel Danilyuk/Pexels)

1. Harus Tegas dan Percaya Diri

Siapapun kamu, jika tidak bisa tegas dalam suatu hubungan dan selalu merasa rendah diri, maka akan rentan terjebak dalam cushioning. Karena banyak orang yang bisa memanfaatkan kelemahan tersebut sehingga membuatmu banyak dikhianati juga diselingkuhi.


2. Jangan Bergantung Terhadap Siapapun

Hanya sebagai pelarian dan dimanfaatkan saja membuat kamu harusnya sadar untuk tidak lagi bergantung pada siapapun. Kamu harus bisa mandiri, agar tidak sembarangan orang memanfaatkan kelemahanmu dan mereka jadikan sesuatu untuk melakukan intimidasi.


3. Jangan Gampang Percaya Orang Terdekat Sekalipun

Cara menghindar dari cushioning yang berikutnya adalah kamu harus selalu menaruh kewaspadaan terhadap orang-orang di dekatmu. Memang, berprasangka baik sangatlah dianjurkan, tapi bukan berarti kamu menganggap semua orang yang dekat denganmu benar-benar baik. Ada kalanya kamu juga harus berhati-hati agar tidak tertipu.


(Baca juga: Penyebab Pria Tidak Setia Pada Pasangan)


4. Harus Senantiasa Belajar Dari Pengalaman

Banyak orang yang terjebak dalam cushioning dan berakhir buruk karena mereka tidak pernah belajar dari pengalaman. Tentu saja ini tidak bisa dilakukan terus-menerus, karena kamu harus belajar dari pengalaman tersebut agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan tidak disakiti ataupun dimanfaatkan oleh orang lain.


Cara menghindar dari cushioning memang sangat gampang teorinya. Namun, untuk praktik sangatlah sulit sehingga kamu harus berusaha keras untuk itu. Pasalnya memang tidak mudah untuk menjadi orang yang bisa percaya terhadap diri sendiri jika dari kecil yang kita lakukan hanyalah bergantung pada orang lain.


(Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)

Sex & relationship