Cara Menghindar Dari Cushioning Yang Perlu Kamu Tahu


  • Cara Menghindar Dari Cushioning Yang Perlu Kamu Tahu
    Cara Menghindar Dari Cushioning Yang Perlu Kamu Tahu. (Foto: Dok. RODNAE Productions/Pexels)

    Pernah dengar istilah cushioning sebelumnya? Atau mungkin istilah ini sama sekali asing di telingamu? Cushioning memang cukup jarang didengar, tapi kata ini memiliki arti yang penting dalam sebuah hubungan. Kamu harus tahu arti kata tersebut dan cara menghindar dari cushioning supaya tidak terjebak dalam sakit hati.


    (Baca juga: Ciri Hubungan Yang Harus Diakhiri)


    Cushioning sendiri bisa dibilang suatu keadaan yang membuatmu hanya dimanfaatkan sebagai pelarian atau sandaran saja. Perselingkuhan dan pengkhianatan sering kamu terima ketika sedang terjebak dalam hubungan cushioning ini. Lalu bagaimana sikap seharusnya yang mesti dilakukan untuk menghindar dari hal tersebut?


    Cushioning: hal yang perlu kamu tahu

    (Harus bersikap tegas terhadap pasangan. Foto: Dok. Pavel Danilyuk/Pexels)

    1. Harus Tegas dan Percaya Diri

    Siapapun kamu, jika tidak bisa tegas dalam suatu hubungan dan selalu merasa rendah diri, maka akan rentan terjebak dalam cushioning. Karena banyak orang yang bisa memanfaatkan kelemahan tersebut sehingga membuatmu banyak dikhianati juga diselingkuhi.


    2. Jangan Bergantung Terhadap Siapapun

    Hanya sebagai pelarian dan dimanfaatkan saja membuat kamu harusnya sadar untuk tidak lagi bergantung pada siapapun. Kamu harus bisa mandiri, agar tidak sembarangan orang memanfaatkan kelemahanmu dan mereka jadikan sesuatu untuk melakukan intimidasi.


    3. Jangan Gampang Percaya Orang Terdekat Sekalipun

    Cara menghindar dari cushioning yang berikutnya adalah kamu harus selalu menaruh kewaspadaan terhadap orang-orang di dekatmu. Memang, berprasangka baik sangatlah dianjurkan, tapi bukan berarti kamu menganggap semua orang yang dekat denganmu benar-benar baik. Ada kalanya kamu juga harus berhati-hati agar tidak tertipu.


    (Baca juga: Penyebab Pria Tidak Setia Pada Pasangan)


    4. Harus Senantiasa Belajar Dari Pengalaman

    Banyak orang yang terjebak dalam cushioning dan berakhir buruk karena mereka tidak pernah belajar dari pengalaman. Tentu saja ini tidak bisa dilakukan terus-menerus, karena kamu harus belajar dari pengalaman tersebut agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan tidak disakiti ataupun dimanfaatkan oleh orang lain.


    Cara menghindar dari cushioning memang sangat gampang teorinya. Namun, untuk praktik sangatlah sulit sehingga kamu harus berusaha keras untuk itu. Pasalnya memang tidak mudah untuk menjadi orang yang bisa percaya terhadap diri sendiri jika dari kecil yang kita lakukan hanyalah bergantung pada orang lain.


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles