Inilah 5 Manfaat Saffron Untuk Kecantikan


  • Inilah 5 Manfaat Saffron Untuk Kecantikan
    Rempah mewah ini dapat mengelevasi tampilan kulit kamu (Foto: Dok. Freepik/Azerbaijan_stockers)

    Siapa yang sudah familiar dengan rempah mewah ini? Ya, kita berbicara tentang rempah berbentuk benang halus yang berasal dari bunga crocus sativus yakni saffron. Mengapa saffron termasuk rempah mewah? Tanaman ini hanya dapat dipanen selama dua minggu dalam setahun dan setiap bunga saffron harus dipetik sendiri.

    manfaat saffron untuk kecantikan

    (Bunga crocus sativus. Foto: Dok. Pexels/Matthis Volquardsen)



    Biasa digunakan untuk salah satu bumbu dapur termahal di dunia, saffron juga memiliki khasiat baik untuk pengobatan termasuk kecantikan kulit yang dipercaya dapat mencerahkan, menenangkan, dan melindungi kulit kamu. Berikut lima manfaat dari saffron untuk kecantikan.


    (Baca Juga: Ragam Manfaat Menakjubkan Kunyit Untuk Kecantikanmu)


    1. Mengurangi iritasi kulit


    Manfaat saffron yang dapat membantu meredakan kemerahan dan kulit yang meradang sangat cocok untuk kamu yang memiliki kulit yang cenderung sensitif karena sifat antiinflamasinya. Kandungan antioksidan dari crocin, crocetin, dan kaempferol bekerja melawan stres oksidatif dan berperan sebagai zat antiradang. Untuk mendapatkan sederet manfaat ini, kamu bisa jadikan saffron sebagai masker wajah. Caranya adalah dengan mencampurkan saffron dengan minyak zaitun dan madu, diamkan selama satu jam, sebelum kamu mengoleskannya pada wajah dan tunggu selama 15 menit. Berikan pijatan kecil agar masker meresap secara baik pada kulit. 


    2. Mengatasi jerawat dan bekas jerawat


    Dengan kandungan antibakteri dan antiinflamasi, saffron menjadi bahan sempurna yang mampu mengatasi jerawat atau kulit yang sedang mengalami breakout. Sebab saffron mampu mempercepat pengeringan jerawat sekaligus mencegah tumbuhnya jerawat baru serta mengurangi peradangan jerawat. Bekas jerawat juga dapat diatasi dengan menggunakan saffron karena membantu membersihkan kulit yang rentan jerawat. Sifat penyembuhannya yang luar biasa dapat mempercepat pemulihan kulit dan mengurangi bekas luka. Jika kamu sedang menghadapi jerawat, cukup dengan mencampurkan 5-6 lembar daun kemangi dan 10 helai saffron yang direndam dalam air, ulek hingga halus sebelum mengoleskannya pada area yang dibutuhkan.


    3. Mengurangi hiperpigmentasi


    Hiperpigmentasi terjadi ketika bagian kulit menjadi lebih gelap daripada kulit di sekitarnya yang disebabkan oleh kelebihan pigmen atau melanin. Saat digunakan secara topikal, saffron tidak hanya mencerahkan warna kulit tetapi juga memperbaiki dan mengurangi hiperpigmentasi berkat kandungan vitaminnya yang tinggi. Saffron bekerja secara magis untuk melawan pigmentasi, bintik hitam, dan noda pada kulit lainnya. Karena manfaat exfoliating, saffron mampu mengangkat lapisan kulit mati bersama dengan kotorannya, sehingga menghadirkan kulit yang bebas pigmentasi dan lebih bercahaya.


    4. Mencerahkan kulit wajah

    Ternyata, saffron membantu mencerahkan kulit secara alami, lho. Kaya akan kandungan crocin dan vitamin C yang bersifat sebagai antioksidan, saffron mampu membuat wajah yang kusam akibat sinar matahari, cuaca buruk, polusi, dan faktor eksternal lainnya menjadi terlihat lebih glowing dan cerah serta mengembalikan cahaya alami kamu. Terlebih lagi, saffron juga dapat membantu melancarkan peredaran darah di area mata dan membuat kantong mata terlihat lebih cerah. Campurkan secangkir susu dan rendam beberapa helai saffron di dalamnya. Biarkan selama satu sampai dua menit, lalu oleskan pada wajah kamu. Kulit akan terasa lebih halus dan bercahaya dalam seketika.


    5. Menjaga kulit dari sinar UV dan radikal bebas

    Saffron kaya akan kandungan mineral dan mengandung dua jenis carotenoid: crocin dan crocetin. Kandungan ini dipercaya efektif dalam memperbaiki kerusakan dan memastikan kesehatan sel kulit secara keseluruhan sehingga membantu kulit cepat pulih dari environmental stressors seperti sinar matahari. Radiasi dari sinar UV meningkatkan produksi radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif. Hal ini akan merusak sel-sel kulit kamu dan mempercepat penuaan dini. Nah, manfaat antioksidan yang terdapat dalam saffron ini akan menjaga kulit kamu dari hal tersebut.


    (Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambutmu)


    Inilah lima manfaat saffron yang bisa kamu jadikan alternatif alami untuk kencantikan kulitmu. Selamat mencoba!





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below