10 Makanan Yang Bisa Bantu Hindari Risiko Kanker Payudara


  • 10 Makanan Yang Bisa Bantu Hindari Risiko Kanker Payudara
    Makanan yang bisa hindari risiko kanker payudara. (Foto: Dok. Geraud Pfeiffer/Pexels)

    Kanker payudara menjadi salah satu jenis kanker yang paling banyak dialami wanita, termasuk di Indonesia. Dengan berbagai faktor pemicu yang belum dapat dipastikan, banyak cara yang perlu dilakukan para wanita untuk menghindari risiko dari kanker payudara. Pemeriksaan payudara, olahraga secara rutin, hingga mengonsumsi makanan bergizi seimbang adalah beberapa cara yang bisa dilakukan.


    Nah, bagi kamu yang bingung untuk memilih makanan apa saja yang bisa membantu hindari risiko kanker payudara. Di bawah ini, kamu bisa memilih bahan makanan favoritmu yang sekaligus membantumu hindari risiko kanker payudara. Berikut deretannya.




    (Baca Juga: Ini Alasan Deteksi Dini Selamatkan Kita Dari Kanker Payudara)


    1. Walnut

    makanan untuk hindari risiko kanker payudara

    (Kacang kenari. Foto: Dok. Lara Jameson/Pexels)


    Kaya akan asam lemak omega 3 dan berbagai nutrisi lainnya, walnut atau kacang kenari dapat membantumu atasi peradangan dalam tubuh. Selain itu, beberapa riset mengungkapkan bahwa kacang kenari bisa memperlambat pertumbuhan tumor pada payudara sehingga kamu dapat jadikan kacang ini pilihan makananku.


    2. Kunyit

    makanan untuk hindari risiko kanker payudara

    (Bubuk kunyit. Foto: Dok. Caro Lin/Pexels)


    Rempah yang identik dengan warna kuning cerahnya ini memiliki kandungan curcumin. Jika kandungan tersebut dipadukan dengan pengobatan, kunyit berperan penting untuk melawan tumor ganas di area payudara. Namun, untuk langkah preventif, kamu bisa menyertakan kunyit dalam makananmu, salah satunya membuat kari sayuran dengan mencampurkan brokoli, bawang bombai, dan juga bawang putih untuk menjadi masakan sehat untuk hindari kanker payudara.


    3. Apel

    makanan untuk hindari risiko kanker payudara

    (Apel. Foto: Dok. Cotton Bro/Pexels)

    An apple a day keeps the doctor away adalah frasa klasik yang kerap kamu dengar ketika berbicara kesehatan, tetapi jika kamu ingin menghindari risiko kanker, khususnya kanker payudara. Kandungan buah apel bisa kamu gunakan untuk menghindari risiko tersebut dengan kekayaan antioksidan, serat fiber, dan berbagai komponen lain yang diperlukan untuk hindari kanker. Namun, jangan mengupas apelnya, karena kandungan tersebut paling banyak berada di kulit buah apel.


    4. Brokoli

    makanan untuk hindari risiko kanker payudara

    (Brokoli. Foto: Dok. Castorly Stocks/Pexels)

    Jenis sayur satu ini menjadi salah satu bahan makanan yang paling banyak dikenal untuk menghindari risiko kanker payudara. Riset mengungkapkan bahwa brokoli dapat menghambat pertumbuhan tumor serta mengantisipasi penyebaran sel-sel kanker yang ada di salah satu bagian tubuhmu.

    Namun, jika kamu bukan penggemar brokoli, ada beberapa sayuran hijau yang bisa kamu jadikan alternatif seperti kembang kol, kubis, dan kale. Satu hal yang pasti, kamu wajib mengonsumsi sayuran ini untuk menghindari risiko kanker payudara.


    (Baca Juga: Kenali Ragam Jenis Kanker Yang Mudah Menyerang Wanita)


    5. Yoghurt

    makanan untuk hindari risiko kanker payudara

    (Yoghurt bisa hindari risiko kanker payudara. Foto: Life of Pix/Pexels)


    Makanan yang bisa kamu konsumsi untuk menghindari risiko kanker payudara berikutnya adalah produk fermentasi seperti yoghurt. Hasil fermentasi dari susu sapi ini memiliki kandungan probiotik dan nutrisi lainnya yang bisa melindungi tubuh dari sel-sel kanker, khususnya di area payudara. Beberapa studi juga berhasil menemukan kaitan produk susu, seperti yoghurt dan kefir, untuk mengurangi risiko kanker payudara pada masyarakat Asia dan Barat.


    6. Buah Delima

    makanan untuk hindari risiko kanker payudara

    (Buah delima. Foto: Dok. Pixabay/Pexels)


    Meski masih perlu dilakukan penelitian lebih dalam, buah delima memiliki komponen yang dapat membantu atasi pertumbuhan sel kanker, khususnya sel kanker yang cepat berkembang dengan hormon estrogen. Mungkin dikonsumsi langsung atau membuat jus, buah delima bisa menjadi bahan makanan yang tidak hanya lezat dan sehat, tetapi juga menyegarkan. Selain mencegah pertumbuhan sel kanker, buah satu ini juga bisa mengatasi penyakit jantung.


    7. Buah beri

    makanan untuk hindari risiko kanker payudara

    (Ragam buah beri. Foto: Dok. Nicola Barts/Pexels)

    Baik stroberi, bluberi, maupun rasberi, apapun pilihanmu, bisa menjadi makanan yang cocok dalam diet anti-kankermu. Selain menambah kesegaran mata dengan ragam warna cerahnya, buah-buah beri yang berukuran kecil ini menyimpan khasiat yang luar biasa besar.


    Mulai dari kandungan anti inflamasi hingga antioksidan, berbagai jenis buah beri bisa menjadi salah satu bahan makan yang mengurangi diri dari risiko kanker payudara. Sebuah studi pada Desember 2016 mengungkapkan bahwa bluberi dan beri hitam memiliki peran dalam mengurangi pertumbuhan tumor dan sel kanker payudara.


    8. Bawang putih

    makanan untuk hindari risiko kanker payudara

    (Bawang putih. Foto: Dok. Nick Collins/Pexels)

    Bahan satu ini sudah menjadi penambah cita rasa alami yang pastinya tidak akan terlewat pada setiap masakan. Bawang putih adalah salah satu sayuran allium yang memiliki segudang nutrisi, termasuk antioksidan flavonoid dan vitamin C. Sebuah studi yang dilakukan terhadap 285 wanita menemukan bahwa konsumsi bawang putih yang tinggi dapat melindungi diri dari kanker payudara. Selain bawang putih, bawang bombai juga memiliki kandungan yang serupa.


    9. Ikan dengan kandungan lemak yang tinggi

    makanan untuk hindari risiko kanker payudara

    (Ikan salmon. Foto: Nothing Ahead/Pexels)

    Sumber asam lemak omega-3 yang tinggi memang terkenal datang dari konsumsi ikan. Jika kamu ingin memasukkan ikan sebagai bagian dari pola hidup sehat untuk hindari kanker payudara, pilihlah jenis ikan yang mengandung lemak tinggi seperti salmon, makerel, sarden, dan tuna.


    10. Kacang kedelai


    (Kacang kedelai. Foto: Dok. Polina Tankilevitch/Pexels)

    Bukan produk olahannya, kacang kedelai menjadi salah satu bahan makanan yang dikenal dapat menghindari wanita dari risiko kanker payudara. Meski banyak pandangan terkait hal ini, sebuah studi yang dilakukan kepada wanita keturunan Asia-Amerika mendapati bahwa remaja wanita yang mengonsumsi setidaknya satu sajian kacang kedelai setiap harinya dapat merasakan manfaat anti kanker yang terkandung dalam kacang tersebut.


    Sedangkan untuk wanita dewasa disarankan untuk mengonsumsi suplemen yang mengandung kacang kedelai sebagai bagian dari pola makan untuk hindari kanker payudara. Produk tersebut mengandung komponen yang baik bagi hormon estrogen.


    (Baca Juga: 5 Mitos dan Fakta Kanker Payudara yang Perlu Anda Tahu)


    Beberapa makanan ini bisa kamu jadikan bagian dari dietmu sehingga terhindar dari risiko kanker payudara yang mengintai.





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below