Sex & relationship

4 Cara Berkomunikasi Dengan Pasangan Saat Berhubungan Seks

By : Vanessa Masli - 2021-10-14 09:00:02 4 Cara Berkomunikasi Dengan Pasangan Saat Berhubungan Seks

Dalam sebuah hubungan, komunikasi memegang peran penting. Membuat kamu dan dia saling mengenal, saling memahami satu sama lain. Hal ini enggak hanya berlaku ketika kamu menjadi hubungan secara umum, tetapi juga hubunganmu di atas ranjang. Meski ketika berhubungan seks enggak banyak kata yang keluar dari mulut, tetapi komunikasi pun menjadi hal yang penting.


Jika kamu merasa kehidupan seksmu bersama pasangan mulai mengalami titik jenuh, mungkin beberapa cara ini bisa bantu kamu berkomunikasi lebih baik dengan pasangan saat berhubungan seks. Apa saja caranya? Intip daftar di bawah ini.


(Baca Juga: Ketika Wanita Lama Tidak Berhubungan Seks, Ini Efeknya)


1. Ungkapkan keinginan satu sama lain


Momen bercinta adalah salah satu momen kamu dan dia merasakan kedekatan, fisik maupun emosi. Namun hubungan seks bisa membuatmu enggak puas karena kamu belum berani mengungkapkan keinginanmu saat berhubungan, begitu juga sebaliknya. Nah, ketika kalian bisa mengungkapkan keinginan satu sama lain, hubungan seksmu akan jauh lebih nyaman dan memuaskan.


2. Kenali bahasa tubuh


Cara berkomunikasi dengan pasangan saat berhubungan seks pun enggak hanya secara verbal, tetapi justru komunikasi nonverbal juga memegang peranan penting. Kenali bahasa tubuh satu sama lain, saling ekspresikan kenikmatan kepada satu sama lain. Mulai dari desahan hingga ekspresi wajah, kamu dan dia saling memberikan respon akan hubungan seks yang kamu jalani.



(Sentuhan adalah bentuk komunikasi dalam hubungan seks. Foto: Dok. Cottonbro/Pexels)


3. Berikan sentuhan

Komunikasi nonverbal juga penting berarti tatapan mata dan sentuhan pun menjadi dua hal yang justru berbicara banyak hal. Keduanya menjadi isyarat bagi satu sama lain untuk menyampaikan keinginan maupun emosi yang dirasakan. Tanpa sadar, kamu akan saling merasakan keintiman yang berbeda dari biasanya.


4. Jangan takut bilang tidak


Sama halnya dengan aspek lain dalam hubunganmu, seks juga membutuhkan kejujuran. Jadi, jangan takut mengatakan “tidak” saat berhubungan seks dengan pasangan. Hal ini perlu dilakukan untuk saling memahami apa yang membuat kamu dan dia enggak nyaman sehingga hubunganmu di atas ranjang pun lebih memuaskan.


(Baca Juga: Ketahui 10 Tanda Kamu Memiliki Kehidupan Seks Yang Sehat)


Inilah beberapa cara komunikasi yang bisa kamu lakukan dengan pasangan saat berhubungan seks untuk dapatkan keintiman yang kamu cari.


Sex & relationship