Ketahui 10 Tanda Kamu Memiliki Kehidupan Seks Yang Sehat


  • Ketahui 10 Tanda Kamu Memiliki Kehidupan Seks Yang Sehat
    Apakah kamu yakin memiliki kehidupan seks yang sehat? (Foto: Dok. Jonathan Borba on Pexels)

    Sebagian besar orang menganggap bahwa rutin melakukan hubungan intim akan menjamin kamu memiliki kehidupan seks yang sehat. Padahal kenyataan tidak demikian. Oleh karena itu, kamu perlu mengenali beberapa tanda seks sehat berikut ini. 


    1. Kamu merasa nyaman dengan tubuhmu


    Berdasarkan sebuah penelitian University of Texas pada wanita usia 18-49 tahun yang memberikan nilai tinggi atas tubuh mereka memiliki kepuasaan pada kehidupan seksualnya. Tidak memedulikan ukuran paha atau perut justru akan membuat kegiatan seksual lebih menyenangkan bahkan bisa menimbulkan orgasme. Berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh (bukan hanya untuk menurunkan berat badan) dapat meningkatkan rasa percaya diri akan tubuh. 


    2. Terkadang menjadwalkannya 


    Banyak orang yang beranggapan bahwa berhubungan seksual harus dilakukan secara spontan. Pada kenyataannya, kamu bisa membuat jadwal khusus untuk urusan ‘ranjang’ ini. Hal ini akan memberikan rasa tenang dan pastinya akan meningkatkan gairah seks kamu dan pasangan. 


    3. Kamu tidak takut untuk meminta apa yang kamu inginkan (begitupun dia)


    Menurut terapis seks bersertifikat Aline Zoldbrod, PhD, dari Sexsmart.com, seks yang baik adalah bagaimana kamu menemukan ‘resep’ sempurna. Untuk itu, cobalah sampaikan apa yang kalian berdua inginkan secara langsung, jangan mengharapkan pasangan akan membaca pikiran kamu dan mengetahui apa yang kamu inginkan, atau sebaliknya.  


    4. Kamu tidak menghitungnya


    Kamu tidak fokus pada berapa kali kamu dan pasangan berhubungan seks. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Economic Behavior & Organization, terlalu memaksakan berhubungan seks membuat pasangan rentan tidak puas atau tidak bahagia. Ajak makan malam romantis atau pergi ke tempat baru yang membuka peluang alami untuk berhubungan seks dan mungkin akan membuat pasangan lebih menikmatinya. 


    5. Kamu dan pasangan menyukainya!


    Tidak peduli seberapa sering kamu dan pasangan berhubungan seks, kalian berdua selalu merasa bahagia. Meskipun lama mencapai orgasme tapi kalian berdua tetap menikmati waktu intim bersama. 


    6. Mengubah gaya berhubungan


    Menurut sebuah studi tahun 2014 dari University of Waterloo, Inggris, kebanyakan pasangan merasa kurang tertarik berhubungan seks, karena mereka merasa bosan dengan gaya berhubungan seks yang itu-itu saja. Oleh karena itu, cobalah ganti gaya berhubungan seks agar membuat kegiatan ‘ranjang’ kembali menyenangkan dan menggairahkan. 


    7. Sesekali bisa menolak pasangan


    Beberapa ahli mengatakan bahwa tidak boleh menolak pasangan yang ingin melakukan kegiatan ‘ranjang’. Namun di sisi lain, kamu boleh saja menolak pasangan untuk berhubungan seks. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar berhubungan seks tidak hanya sebagai tugas. Jika kamu mengatakan tidak pada satu kesempatan, cobalah untuk menjadi orang pertama yang mengajak untuk melakukan kegiatan di ranjang berikutnya agar pasangan tahu kalau kamu juga menginginkannya. Dalam hal ini, kedua belah pihak harus bisa saling menjaga agar kehidupan seks semakin sehat. 


    8. Kamu dan pasangan bahagia!


    Poin ini menjadi sangat penting, karena berdasarkan sebuah studi dari Social Science Research, ada keterkaitan yang kuat antara kepuasaan seksual dan kebahagian dalam hubungan. Kepuasaan hubungan dapat memicu daya tarik dan membuat hubungan seks menjadi lebih intens. Jadi, lika kamu dan pasangan mereka bahagia, kehidupan seks kamu dan pasangan berada dalam kondisi yang sehat. 


    9. Memberikan kalimat-kalimat seksi


    Memberikan kalimat-kalimat seksi kepada pasangan secara langsung atau melalui pesan singkat dinilai mampu membuatnya merasa lebih puas. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Integrated Social Sciences tahun 2011, hal-hal sederhana dan romantis yang dilakukan satu sama lain akan membuat pasangan tetap bergairah dan tertarik terhadapmu. 


    10. Hubungan renggang tidak menjadi masalah


    Menurut ahli, sangat penting untuk mengetahui ide realistis tentang kehidupan seks sehat. Sangat wajar jika terjadi sedikit kerenggangan hubungan seks di antara kalian, misalnya penurunan hasrat seksual. Akan tetapi, jika kamu dan pasangan bisa saling terbuka satu sama lain mengenai hal ini, itu artinya kamu dan pasangan mempunyai kehidupan seks yang sehat.