Ketika Wanita Lama Tidak Berhubungan Seks, Ini Efeknya


  • Ketika Wanita Lama Tidak Berhubungan Seks, Ini Efeknya
    Efek wanita lama tidak berhubungan seks. (Foto: Dok. Cotton Bro/Pexels)

    Ketika kamu memilih untuk enggak berhubungan seks dengan pasangan, bukan sesuatu yang salah. Banyak alasan yang bisa menyebabkan kehidupan seks harus terhenti sejenak, mungkin karena kesibukanmu maupun komunikasi dengan pasangan yang tengah renggang. Namun, bila ditahan terlalu lama justru akan memberi efek yang signifikan bagi kesehatan, termasuk para wanita.


    Pada dasarnya, berhubungan seks yang sehat adalah ketika keduanya melakukan dengan nyaman dan bersifat konsensual. Namun, ketika kamu, para wanita, menahan diri untuk tidak berhubungan seks dengan pasangan apalagi selama masa pernikahan, ada beberapa efek yang harus kamu ketahui terkait hal tersebut.


    (Baca Juga: Ketahui 10 Tanda Kamu Memiliki Kehidupan Seks Yang Sehat)


    Penasaran apa saja efek yang mungkin terjadi ketika wanita lama tidak berhubungan seks?

    1. Stres dan cemas


    Ketika kamu melakukan hubungan seks dengan pasangan, ada dua hal yang terjadi. Kedekatan dan keintiman dengan pasangan semakin terbangun, serta menjaga kondisi diri jauh dari stres. Dengan berhubungan seks, tubuh melepaskan hormon-hormon yang dapat membantumu kendali gejala-gejala stres maupun rasa cemas.


    2. Kemampuan mengingat


    Efek yang mungkin terjadi ketika wanita lama tidak berhubungan seks adalah kemampuan mengingat yang menurun. Beberapa studi menemukan bahwa orang-orang yang lebih sering berhubungan seks, memiliki kemampuan mengingat yang lebih baik karena seks membantu saraf pada otak bekerja lebih baik.


    efek wanita lama tidak berhubungan seks

    (Seks bisa bantu atasi stres dan rasa cemas. Foto: Dok. Guilherme Almeida)


    3. Sistem imun


    Hormon yang dilepaskan saat berhubungan seks juga membantu tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalannya. Jika kamu semakin jarang melakukan hubungan seks, meningkatkan kemungkinan kamu lebih mudah alami penyakit umum seperti demam maupun flu.


    4. Kesehatan area kelamin


    Tidak melakukan seks pada waktu lagi bagi para wanita bisa berdampak pada kesehatan area kelamin. Ketika kamu memutuskan untuk kembali lakukan hubungan seks, setelah lama tidak melakukannya, area kelaminmu akan lebih lama untuk memproduksi cairan lubrikasi yang membuat seks jadi lebih nyaman bagi para wanita.


    5. Nyeri saat menstruasi


    Beberapa wanita menemukan seks sebagai cara untuk mengatasi kram atau nyeri saat menstruasi. Peningkatkan hormon endorfin yang disebabkan oleh seks dapat membantu atasi nyeri maupun kram.


    (Baca Juga: 4 Hal-Hal Yang Membuat Pria Makin Sayang Dengan Pasangannya)


    Inilah efek ketika wanita lama tidak berhubungan seks bagi kesehatan fisik maupun mentalnya.


  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles