4 Alasan Pria Tidak Mau Bercerai Dengan Pasangannya


  • 4 Alasan Pria Tidak Mau Bercerai Dengan Pasangannya
    Ketahui alasan pria tidak mau bercerai dengan pasangannya (Foto:Dok.invadingkingdo/Unsplash)


    Berpisah dengan orang yang dicintai tentu bukanlah hal yang mudah untuk dilewati. Terutama jika pasangan itu telah terikat dalam janji pernikahan dan memiliki buah hati yang mereka cintai.

    Meskipun perceraian adalah salah satu masalah yang sulit untuk dihadapi oleh setiap orang, namun beberapa ahli percintaan hingga penelitian menjelaskan bahwa pria akan merasa lebih sulit menghadapinya dibandingkan wanita. Mengapa demikian? untuk mengetahuinya, berikut her world rangkum alasan pria tidak mau bercerai dengan pasangannya.


    (Baca Juga: 7 Cara Selamatkan Pernikahan Dari Perceraian)


    1. Takut stres 

    Bagi pria, perceraian adalah fase yang paling mudah membuat diri merasa stres. Bukan tanpa alasan, melainkan mimpi dan tujuan yang telah dibangun sebelum pernikahan harus berubah dan pastinya berbeda. Oleh sebabnya, tak semua pria memilih untuk berpisah dengan pasangannya seberat apapun masalah yang dihadapi. 


    2. Kesehatan menurun

    Tak hanya itu, melansir laman Divorce Mag efek lain yang mungkin terjadi ketika perceraian menimpa bahtera rumah tangga, pria mudah mengalami lebih banyak masalah kesehatan dalam proses dan setelah perceraian. Mulai dari berat badan yang tak seimbang, depresi, kecemasan, hingga insomnia. Bahkan beberapa pria juga lebih cenderung mengobati diri sendiri dengan alkohol dan obat-obatan daripada mengunjungi terapis atau psikolog. 


    (Baca Juga: 3 Penyebab Perceraian yang Wajib Diketahui)


    3. Kehilangan identitas

    "Terobosan kunci saya adalah menyadari bahwa saya mendefinisikan diri saya sendiri sehubungan dengan pernikahan saya," kata Lewis Denbaum pelatih hubungan dan pakar YourTango kepada Huffpost. Bahkan dengan berbagai gelar dan karier yang sukses, dia tetap merasa tersesat dalam proses perceraiannya. "Aku menjadikan pernikahan itu segalanya dan akhir segalanya, dan ketika aku melihatnya runtuh, aku merasa identitasku hancur."

    Namun, jika hal ini tetap harus dihadapi, ada beberapa cara yang bisa mengembalikan kepercayaan diri. Di antaranya adalah mengikuti kegiatan atau organisasi baru. Sehingga dengan seiring waktu, trauma atau rasa kehilangan akan terasa mudah dijalani.


    4. Merindukan anak

    Hal terakhir yang menjadi alasan mengapa pria menghindari perceraian adalah rasa rindu kepada anak-anak mereka. Masih mengutip laman yang sama, Denbaum menjelaskan bahwa, "Bagi saya, keluarga selalu penting. Saya dibesarkan dalam keluarga yang bahagia, dan saya tidak pernah ragu sedetik pun bahwa saya akan menikah dan membesarkan salah satu dari saya sendiri. Saya pikir seperti halnya naluri keibuan pada wanita, ada naluri ayah pada pria." 

    Ketika pria menjaga hubungannya dengan anak-anak mereka, itu bisa meredakan perasaan malu, sakit hati dan lainnya yang mungkin timbul setelah perceraian. "Cinta yang bisa mengalir bolak-balik antara kamu dan anak-anak kamu bisa sangat menyembuhkan," terangnya.


    Itulah sejumlah alasan pria tidak mau bercerai dengan pasangannya.


  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Maret 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles