Wajib Coba! 5 Cara Mengatasi Milia Yang Aman


  • Wajib Coba! 5 Cara Mengatasi Milia Yang Aman
    Intip cara mengatasi milia dengan mudah selama di rumah. (Foto:Dok. Cookie_Studio/Freepik)

    Apakah kamu menyadari adanya bintil-bintil putih pada kulit, terutama di sekitar area wajah? Jika iya, bisa saja itu adalah milia. Melansir dari laman Healthline, milia adalah bintil-bintil kecil berwarna putih yang muncul pada kulit. Milia biasanya muncul pada area wajah seperti pada bagian hidung, pipi, dan dagu.


    Dikutip dari Mayo Clinic, milia dapat muncul pada kulit saat serpihan kulit mati terjebak di bawah permukaan kulit. Biasanya kondisi semacam ini akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan milia dari kulit. Apa saja? Simak pemaparannya di bawah ini!




    Rutin membersihkan wajah

    Pastikan kamu rutin membersihkan wajah dengan face wash berlabel bebas paraben dan lembut setiap hari. Pilihlah produk face wash yang mengandung asam salisilat, asam sitrat, dan asam glikolat yang diketahui dapat membantu menarik kotoran yang terjebak di pori-pori dan mengatasi kondisi kulit akibat pertumbuhan sel-sel kulit berlebihan, sehingga dapat membuat bintil putih kecil pada kulit atau milia mengecil dan akhirnya cepat hilang. 


    (Baca Juga: 4 Aplikasi Panduan Perawatan Kulit Yang Cocok Untuk Pemula)


    Tidak menghilangkannya secara paksa

    Mencoba menghilangkan milia secara paksa dapat menyebabkan benjolan berdarah dan bekas luka. Selain itu, menghilangkan milia secara paksa juga bisa membawa kuman ke area tersebut dan bisa menyebabkan infeksi.


    Lakukan eksfoliasi wajah

    Pengelupasan kulit yang lembut bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga dapat membantu menjaga kulit dari iritan yang menyebabkan milia. Menurut jurnal yang diterbitkan National Library of Medicine, beberapa bahan eksfoliator seperti asam salisilat, asam sitrat, atau asam glikolat dapat menjaga keratin di kulit kamu dari produksi berlebih. 


    Perlu diketahui, eksfoliasi yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Kamu direkomendasikan untuk melakukan eksfoliasi satu hingga dua kali seminggu secara rutin untuk membantu menghilangkan milia pada wajah. 


    Gunakan krim retinoid

    Dikutip dari laman Healthline, beberapa peneliti merekomendasikan krim retinoid topikal yang mengandung vitamin A untuk membantu menghilangkan milia. Gunakan produk yang mengandung retinol sekali sehari, namun pastikan wajah dalam keadaan bersih. Saat menggunakan krim retinoid, penting untuk menggunakan tabir surya setiap hari. Hal ini karena, krim retinoid membuat kulit kamu lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan kerusakan kulit. 


    (Baca Juga: Lakukan Perawatan Ini Setiap Hari Agar Area Mata Awet Muda)


    Menyemprotkan air mawar

    Air mawar adalah air demineralisasi yang mengandung minyak mawar (rose oil). Berdasarkan sebuah studi tahun 2011, air mawar bisa menjadi zat anti inflamasi saat diaplikasikan pada wajah. Semprotkan air mawar pada kulit dua atau tiga kali sehari untuk membantu menghilangkan milia. 


    Itulah 5 cara mudah mengatasi milia yang aman. Selamat mencoba selama di rumah, ya!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below