Lakukan Perawatan Ini Setiap Hari Agar Area Mata Awet Muda


  • Lakukan Perawatan Ini Setiap Hari Agar Area Mata Awet Muda
    Investasi di produk perawatan mata yang bagus selalu membawa hasil memuaskan. (Foto: Dok. Shiny DIamond/Pexels.com)

    Mata terus bergerak mengikuti ekspresi dan berkedip setiap saat. Pergerakan konstan ini membuat kulit tipis dan halus di area sekitarnya paling rentan terhadap kerutan serta kekeringan dibandingkan bagian wajah lainnya. Lingkar mata juga dipenuhi pembuluh darah, sehingga mudah sembap dan menggelap. Terutama saat banyak terpapar faktor lingkungan seperti sinar matahari dan polusi, atau saat kita menjalani waktu kerja yang panjang, namun kurang tidur. Yuk, beri perawatan ekstra yang lebih menyeluruh untuk area delicate ini. Berikut perawatan simpel yang bisa kamu terapkan sehari-hari agar kulit di sekitar mata senantiasa awet muda dan terlihat lebih segar. 


    Pembersihan Lembut

    Produk riasan mata, terutama eyeliner dan maskara, kebanyakan memiliki formula yang tahan air sehingga cukup sulit untuk dibersihkan. Hal ini membuat kita cenderung membersihkannya dengan gerakan menggosok yang cukup kuat. Untuk melindungi kulit pada kelopak, sudut, dan bawah mata dari sensitivitas dan kerutan dini, penting untuk mengaplikasikan teknik pembersihan yang lebih lembut.




    Cara termudahnya adalah dengan menggunakan pembersih berbahan dasar minyak yang bisa langsung dipijat lembut untuk melunturkan riasan mata seketika. Dengan memilih formula cleansing oil atau cleansing balm yang dapat luruh dengan bilasan air, kamu tak lagi memerlukan kapas untuk menggosok bersih riasan mata. 


    Namun jika merasa lebih nyaman menggunakan makeup remover dengan bantuan kapas, tempelkan kapas yang sudah dibasahi dengan produk pembersih tersebut selama 30 detik pada kelopak mata, kemudian usapkan ke arah bawah. Pastikan mengusapnya hanya ke satu arah untuk menghindari gesekan berlebih yang dapat memicu sensitivitas dan iritasi. Jika masih ada sisa-sisa riasan di sudut atau celah-celah mata, bersihkan dengan lembut menggunakan cotton bud yang sudah dibasahi makeup remover. Pilih produk yang bebas alkohol juga, ya!


    Coba:

    The Body Shop Camomile Cleansing Butter

    (Teksturnya padat cukup padat, namun ketika dipijatkan ke kulit langsung "meleleh" layaknya butter. Foto: Dok. The Body Shop Indonesia) 


    Sada by Cathy Sharon Senja Resting Glam Face Make Up Remover

    (Formulanya bi-phase, campuran antara air dan minyak, dan mengandung ekstrak kunyit yang penuh nutrisi untuk kulit. Foto: Dok. @sadabycathysharon)


    (Baca juga: 7 Cara Mudah Menghilangkan 'Mata Panda' yang Hitam)


    Gunakan Serum atau Krim Mata

    Jika concealer mulai susah membaur dan mudah terlihat patchy di bawah mata, ini merupakan sinyal bahwa under eye kamu sudah “haus”. Saatnya rutin menggunakan eye cream. Bagaimana cara mengetahui krim mata mana yang cocok untukmu? Saat mencoba sebuah eye cream, teliti sensasi apa yang kamu rasakan segera setelah produk tersebut menyentuh kulit. Jika tidak menimbulkan sensasi apa-apa, terasa sejuk atau hangat yang nyaman, berarti kulitmu menerimanya dengan baik.


    Perhatikan juga apakah tingkat kelembapan yang diberikan cukup. Lebih jauh lagi, amati apakah ada milia yang timbul di area bawah mata selama pemakaian eye cream. Jika ya, sebaiknya mulai mencari produk lain yang lebih sesuai dengan kondisi kulitmu. Coba juga eksplor formula lain seperti serum atau oil. Untuk hasil lebih maksimal, kamu bisa layer serum mata dan krim mata, layaknya untuk perawatan seluruh wajah. 


    Coba:

    L’Occitane Immortelle Overnight Reset Eye Serum

    (Teksturnya oil-in-serum. Kandungan antiaging minyak esensial immortelle-nya, beserta bahan alami lainnya, diformulasi menjadi oil bubbles yang akan pecah ketika dipijatkan ke kulit dan mudah meresap. Foto: Dok. @loccitane_id)


    Booster Mingguan

    Sindrom mata sembap seringkali terjadi ketika bangun tidur. Untuk meminimalisirnya, sekaligus sebagai ritual perawatan mingguan yang lebih intensif, kamu bisa menggunakan sleeping mask khusus mata dua sampai tiga kali seminggu. Jika memiliki lebih banyak waktu untuk memanjakan area under eye, kamu juga bisa menggunakan single use sheet mask atau patch yang biasanya memberi sensasi sejuk menenangkan. Menggunakan masker mata sebelum makeup juga bisa membuat area under eye semakin lembap dan kenyal, sehingga riasan dapat menyerap lebih sempurna.


    Coba:

    Laneige Eye Sleeping Mask


    (Dilengkapi aplikator ceramic ball yang efektif mengurangi puffiness. Foto: Dok. Laneige Indonesia)


    Shangpree Gold Blackpearl Eyemask

    (Diperkaya mineral, amino acid, dan protein yang terkonsentrasi tinggi. Bahan hydrogel-nya menghantarkan ingredients tadi dengan maksimal. Foto: Dok @shangpree/Instagram)


    (Baca Juga: 9 Krim Mata Untuk Redakan Puffy Eyes Dalam Sekejap)


    Pilih Concealer yang Menutrisi

    Pemakaian concealer secara rutin turut menjadi faktor yang membuat kulit di bagian under eye lebih mudah kering. Jika menjalani hari tanpa concelaer bukan menjadi opsi bagi kamu, sebaiknya pilih formula yang diinfusi oleh kandungan pelembap atau perawatan kulit agar area bawah mata tetap ternutrisi selama menggunakan riasan. 


    Coba:

    Clé de Peau Radiant Corrector for Eyes


    (Aplikator kuasnya sangat lembut dan memudahkan pemakaian. Teksturnya creamy, memberikan coverage yang cukup tinggi, dan hasil akhirnya skin-like. Seiring pemakaian rutin juga akan membantu mencerahkan kulit. Foto: Dok. Cle de Peau)

    Marc Jacobs Beauty Remedy Concealer


    (Moisturizing concealer yang dilengkapi kandungan antiaging untuk menyegarkan tampilan area mata yang lelah dan kering. Foto: Dok. Marc Jacobs Beauty)







 

Related Articles

Jaga Mata Agar Awet Muda!

Jaga Mata Agar Awet Muda!

oleh Putri Arifa Malik

Perawatan Premium untuk Area Mata

Perawatan Premium untuk Area Mata

oleh Putri Arifa Malik

Awet Muda dengan Perawatan Ini

Awet Muda dengan Perawatan Ini

oleh Kiki Riama Priskila

Advertisement - Continue Reading Below